Pahala Sedekah Subuh dan Amalan yang Harus Dilakukan

Sedekah merupakan bentuk kebaikan yang dapat mengantarkan manusia menuju rida-Nya. Sedekah juga bisa menjadi jalan rezeki bagi penerimanya dan meringankan beban sesama manusia. Selain itu, bersedekah dapat memberikan banyak manfaat dan keutamaan jika dilakukan dengan hati tulus.

Kamu bisa bersedekah kapan pun, salah satunya di waktu subuh. Bagaimana pahala sedekah subuh bisa diperoleh? Berikut ini penjelasan selengkapnya!

Mengenal Sedekah Subuh

Pahala Sedekah Subuh
Sumber : The Asian Parent

Sedekah subuh adalah amalan yang dilakukan selepas salat atau sebelum matahari terbenam. Sedekah subuh juga dapat diartikan sebagai bentuk kegiatan berbagi untuk mendatangkan kebaikan bagi pemberi maupun penerimanya.

Subuh menjadi momen spesial karena saat itu ada dua malaikat turun untuk mendoakan orang yang bersedekah. Malaikat mendoakan orang tersebut agar mendapatkan balasan setimpal dari Allah SWT. Malaikat juga mendoakan supaya hajat pengamal sedekah subuh lekas dikabulkan oleh Allah SWT.

Jika sedekah subuh dilakukan dengan hati yang ikhlas, kamu akan mendapatkan pengampunan dari Allah SWT. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW melalui hadis riwayat At-Tirmidzi, bahwasanya dosa dapat terhapus oleh sedekah ibarat api dipadamkan air.

Pahala Sedekah Subuh

Pahala Sedekah Subuh
Sumber : The Asian Parent

Sedekah tidak hanya menghapus dosa, tetapi juga memberikan pahala besar. Allah SWT berfirman dalam surah Al-Hadid ayat 18, bahwasanya Allah SWT melipatgandakan ganjaran untuk mereka yang bersedekah.

Dalam Alquran juga sudah dijelaskan; orang yang bersedekah di jalan Allah SWT seumpama dengan sebutir benih. Kemudian, benih tersebut menumbuhkan tujuh bulir yang masing-masing dilipatgandakan oleh Allah SWT.

Amalan-Amalan Rutin untuk Sedekah Subuh

Banyak amalan subuh yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan nilai kebaikannya. Berikut ini beberapa amalan subuh sebagai referensi.

  • Donasi ke panti asuhan. Saat ini, ribuan panti asuhan didirikan di Indonesia untuk menampung dan mendidik anak-anak kurang mampu dan yatim piatu. Agar mendapatkan nilai kebaikannya, sisihkan sebagian harta kamu ke panti asuhan tersebut. Seberapa pun jumlah harta tersebut, tetap berarti bagi mereka yang membutuhkan.  
  • Sunah qobliyah. Amalan sunah ini dilakukan sebelum kamu salat subuh. Jumlahnya dua rakaat yang disertai dengan zikir usai salat. Kalau bisa dilakukan secara rutin, segala urusan dan jalan rezekimu akan dilapangkan oleh Allah SWT.
  • Berzikir. Setiap habis subuh, tidak ada salahnya kamu berzikir sejenak. Zikir tidak hanya membuat hati tenang, tetapi juga mendekatkan dengan Allah SWT. Ketika kedekatan itu tercipta, apa pun yang kamu inginkan dan butuhkan akan dikabulkan oleh Sang Pencipta.
  • Menyumbang sejumlah uang di kotak amal. Cara paling sederhana untuk sedekah subuh adalah mengisi kotak amal di masjid. Lakukan kebiasaan tersebut usai salat subuh berjemaah di masjid agar kamu mendapatkan keberkahannya.
  • Memberikan makanan kepada yang membutuhkan. Berbagi makanan usai salat subuh akan membantu meringan beban mereka yang membutuhkan. Cobalah berbagi dengan kerabat, tetangga, atau fakir miskin di sekitar rumah kamu.
  • Transfer donasi usai salat subuh. Donasi bisa dilakukan melalui platform fundraising agar lebih mudah. Biasanya, platform tersebut menyediakan beberapa pilihan tempat yang membutuhkan bantuan finansial. Contohnya, donasi ke yayasan yang sedang membangun asrama para santri atau mendirikan masjid.
  • Mengirim barang bermanfaat. Jika kamu memiliki barang bermanfaat, tidak ada salahnya menyumbangkan ke tempat yang membutuhkan. Misalnya, menyumbangkan baju bekas tetapi masih layak pakai untuk korban bencana alam.

Nah, itulah ulasan singkat seputar pahala sedekah subuh dan bentuk amalan-amalannya. Kini, sedekah subuh menjadi lebih praktis dan cepat dengan mengunduh aplikasi Kitabisa. Aplikasi ini menjamin setiap donasi sampai kepada penerima yang tepat. 

Selain itu, aplikasi Kitabisa juga menyediakan banyak fitur menarik. Salah satunya adalah fitur donasi mulai dari Rp1.000. Kamu pun menunaikan zakat secara mudah melalui fitur kalkulator zakat. Untuk mengingatkan donasi, aplikasi Kitabisa menyediakan pengingat khusus. 

Jadi tunggu apa lagi? Segerakan niat baik kamu dan bantu lebih banyak orang bersama aplikasi Kitabisa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *