Press Release

Pemberdayaan Petani Cikadut, Dari Petani untuk Petani 

 

  • Toha, petani dari Oray Tapa, Bandung inisiasi program pemberdayaan pelatihan pengelolaan sumber daya alam dan secara sukarela membangun sanitasi keluarga petani pra-sejahtera untuk berdayakan petani Cikadut.
  • Ia membuka galang dana di kitabisa.com/modalpetani untuk pembiayaan program pemberdayaan dan modal petani.
  • Donasi yang terkumpul melalui disalurkan dalam bentuk pengadaan 350 pohon kelor dan bibit tanaman lain dan pembuatan bendungan kolam.

 

 

Jakarta, 21 Juli 2020 – Toha, petani dari Oray Tapa, Bandung inisiasi program pemberdayaan pelatihan pengelolaan sumber daya alam dan secara sukarela membangun sanitasi keluarga petani pra-sejahtera untuk berdayakan petani Cikadut. Ia membuka galang dana di kitabisa.com/modalpetani untuk pembiayaan program pemberdayaan dan modal petani. Donasi yang terkumpul melalui disalurkan dalam bentuk pengadaan 350 pohon kelor dan bibit tanaman lain dan pembuatan bendungan kolam.

Mang Toha Perhatikan Sanitasi Puluhan Keluarga Petani Pra-Sejahtera 

Seperti keadaan sanitasi Mak Imih yang ditanami aneka ragam tanaman herbal dan agroforestry seperti kelor, sorgum, hanjeli dan bunga matahari. Perlahan-lahan, sanitasi mulai membaik sehingga pertanian juga berjalan.

“Saya berterimakasih kepada pihak Odesa dan donatur yang telah memberikan modal untuk benih, pupuk dan juga pembayaran hasil panen ini,” kata Pak Tardi terharu karena untuk panen bulan Mei dan Juni 2020 ia menerima uang Rp 7.700.000 dari panen hanjeli kering 1.1000 kg

Tak hanya Mak Imih dan Pak Tardi, Mang Toha telah berhasil pacu dan bangkitkan semangat petani Cikadut. 

Berdayakan Petani Sembari Lakukan Kegiatan Sosial

Hasil dari donasi terkumpul disalurkan menjadi bibit-bibit tanaman, salah satunya pengadaan sebanyak 350 pohon kelor yang kemudian digunakan oleh para petani untuk dikembangkan.

Ia dan 8 petani kelor lainnya membagikan sebagian besar daun kelornya untuk warga sekitar. Pembagian daun kelor tersebut dengan komposisi 30% tetap dijual sebagai pendapatan dan 70% didermakan kepada petani yang membutuhkan. 

Mimpi Mang Toha untuk membantu para petani masih terus menunggu uluran tanganmu melalui kitabisa.com/modalpetani!

Comments are closed.