Kesehatan

Pencegahan Kanker Darah dari Sejak Dini

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Kanker berawal ketika sel-sel di dalam tubuh mulai tumbuh tidak terkendali. Kanker darah adalah jenis kanker yang menyerang produksi dan fungsi sel darah normal dalam tubuh. Hampir semua kasus kanker darah bermula dari sumsum tulang, tempat di mana darah diproduksi. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa diterapkan untuk mencegah penyakit kanker darah:

Pencegahan Kanker Darah dari Sejak Dini

  1. Menghindari Zat karsinogenik

    Karsinogenik berarti punya sifat menyebabkan kanker. Biasanya berasal dari makanan yang proses pemasakannya dengan cara digoreng, ditumis atau dibakar. Untuk mencegahnya, pilihlah makanan kukus atau rebus, buah dan sayuran organik. Perbanyak juga makanan-makanan dengan antioksidan seperti bawang putih, tomat, brokoli, tempe, wortel, kol, jambu biji, yoghurt, keju, ikan laut dan kacang-kacangan.

  2. Pencegahan Kanker Darah dengan Diet Sehat

    Kamu bisa melakukan diet sehat seperti mengurangi makanan cepat saji dan mengonsumsi biji-bijian, buah-buahan, sayuran serta mengurangi asupan lemak jenuh seperti yang ada pada gorengan. Nutrisi sayur buah di jus juga akan lebih mudah diserap dan membantu proses perbaikan lebih optimal.

    Hal yang lebih penting dari diet justru bukan makanannya, namun pada mengontrol nafsu makan. Tubuh yang terpenuhi nutrisinya akan membuat nafsu makan akan lebih terkendali yang membuat pola makan lebih teratur dan tidak berlebihan. Makanya, rutin Detox membuat berat badan turun stabil.

Baca juga:
Perjuangan Melawan Jenis Kanker Darah Akut ALL
Jenis-jenis Kanker Darah yang Perlu Kamu Ketahui

 

  1. Pencegahan Kanker Darah dengan Menghindari Rokok atau Alkohol

    Rokok dan alkohol itu sama bahayanya, pun bagi pengguna pasif seperti orang yang menghisap asap rokok, maupun bayi yang ibunya mengonsumsi alkohol selama hamil. Keduanya sama-sama memudahkan sel kanker masuk ke dalam tubuhmu. Bukan hanya menyebabkan kanker darah, asap rokok juga bisa menyebabkan penyakit jantung dan kanker paru-paru pada perokok pasif, yaitu orang yang tidak merokok namun tetap menghirup asapnya. Bahaya merokok bisa meningkatkan risiko terkena stroke sebesar 50 persen.

  2. Pencegahan Kanker Darah dengan Olahraga Secara Teratur

    Kita dianjurkan untuk berolahraga minimal 30 menit dalam sehari, dan kamu bisa melakukannya 5 kali dalam seminggu. Olahraga akan membantu mendetoks tubuh dari racun-racun dan radikal bebas dan mengeluarkannya lewat keringat. Jadi, jangan cuma olahraga karena pengen kurus saja.

  3. Pencegahan Kanker Darah dengan Pemeriksaan Kesehatan sejak Dini

    Pencegahan Kanker Darah dari Sejak Dini
    Selain merawatnya, tubuh juga perlu pengecekan secara rutin. Hal ini akan membantu mendeteksi adanya gangguan-gangguan dalam tubuh yang nggak kamu ketahui. Terutama terhadap kanker yang akan bisa ditangani lebih baik jika didiagnosa sedari dini.

Jika kita mau berupaya menjaga gaya hidup yang sehat, maka sudah menjadi langkah awal bagi kita untuk menolak sakit. Jika kamu ataupun orang terdekatmu mengalami gejala-gejala di atas, ada baiknya untuk segera melakukan pemeriksaan ke dokter. Terutama jika kamu mengalami gejala yang sering kambuh dan nggak kunjung membaik dalam waktu yang lama. Semoga selalu sehat, ya!

Ditulis Oleh: Yudo Laksono


Banyak anak-anak yang sedang berjuang untuk sembuh. Kamu juga bisa bantu mereka yang membutuhkan biaya pengobatan dengan cara berdonasi di Kitabisa. Untuk berdonasi, klik gambar di bawah ini!

banner_donasi_biaya_pengobatan

Comments are closed.