Puasa

Pengertian Puasa Arafah dan Pelaksanaannya

Pengertian puasa Arafah didefinisikan sebagai puasa sunnah yang dilaksanakan pada tanggal 9 Dzulhijah. Waktu ini bertepatan dengan pelaksanaan ibadah wukuf di Arafah yang dilakukan oleh jamaah haji, oleh karena itulah dinamakan sebagai puasa Arafah.

Keutamaan menjalankan ibadah puasa ini diberikan kepada mereka yang sedang tidak menjalankan ibadah haji. Bagi yang mengerjakannya dijanjikannya ampunan dosa setahun yang telah lalu dan setahun lagi yang akan datang. Hal ini sebagaimana hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim.

 

Hukum dan Pelaksanaan Puasa Arafah

Hukum puasa Arafah ini adalah sunnah, tetapi pada umumnya orang mengerjakan ibadah ini karena keutamaannya yang luar biasa. Puasa ini dikerjakan mulai terbit fajar pada 9 Dzulhijjah hingga waktu magrib. Bagi kamu yang ingin berpuasa Arafah, bisa membaca niat sebagaimana puasa sunnah lainnya. Niat puasa Arafah sebagai berikut:

“Nawaitu shouma arafah sunnatan lillahi ta’ala” artinya sengaja aku puasa sunnah Arafah karena Allah taala.

Direktur Urusan Agama Kementerian Agama, Juraidi menyebutkan, jika puasa Arafah bagi orang Indonesia adalah bukan puasa untuk menghormati wukuf yang ada di padang Arafah, tetapi merupakan puasa untuk 9 Dzulhijjah. Jadi, seandainya ibadah wukuf tidak dilaksanakan oleh jamaah haji karena ada sesuatu hal yang terjadi maka puasa sunnah 9 Dzulhijah tetap dilaksanakan.

 

Hikmah dan Keutamaan Puasa Arafah

Puasa 9 Dzulhijah bertepatan dengan hari Arafah, merupakan puasa sunnah dengan pahala yang sangat besar. Oleh karena itu kebanyakan orang yang tidak menunaikan ibadah haji rata-rata melaksanakan puasa sunnah ini. 

Apa saja hikmah dilaksanakannya puasa 9 Dzulhijjah?

  • Dihapuskan Dosa

    Dalam hadis yang diriwayatkan Imam Muslim disebutkan keutamaan seorang yang melaksanakan ibadah puasa 9 Dzulhijah. Keutamannya yaitu akan diberikan ampunan dosa-dosa setahun yang telah berlalu dan setahun yang akan datang apabila pahala ibadah puasanya diterima. Dalam riwayat lain oleh Imam Tarmidzi juga disebutkan seseorang yang bersungguh-sungguh berdoa kepada Allah di hari Arafah juga mereka yang menjalankan ibadah puasa di hari tersebut maka akan Allah bebaskan dari api neraka.

  • Dibebaskan dari Api Neraka 70 Tahun

    Dalam sebuah hadis lain menyatakan bahwa keutamaan mereka yang menjalankan ibadah puasa 9 Dzulhijjah adalah akan dibebaskan dari siksa api neraka selama 70 tahun. Hadis ini diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim.

  • Menyambut Idul Adha dengan Kegembiraan

    Orang-orang yang menjalankan ibadah puasa akan Allah beri kebahagiaan pada saat berbuka. Jika kamu ingin merasakan bahagianya menikmati suasana takbir Idul Adha pada saat magrib tiba, termasuk keesokan harinya pada saat salat Idul Adha maka lakukanlah puasa 9 Dzulhijjah.
    Akan terasa berbeda saat kamu melakukan ibadah puasa dengan ketika menjalani Idul Adha dengan biasa saja. Pahala puasa yang kamu dapatkan akan menumbuhkan kebahagiaan dan kegembiraan dalam hati.

 

Berbagi di Hari Penuh Ampunan

Bersedekah di hari baik seperti 9 Dzulhijjah memiliki keutamaan yang besar, apalagi saat kamu sedang menjalankan ibadah puasa. Bantu saudaramu merayakan Idul Adha dengan jamuan makanan yang lebih layak sebab tak semua orang bisa menikmati rezeki makan enak di hari yang fitri.

Kitabisa membantu kamu bersedekah secara online untuk disalurkan ke masyarakat yang berhak menerimanya. Sedekah di hari Arafah yang kamu salurkan ke Kitabisa sangat berarti bagi mereka yang selama ini belum beruntung menikmati hari raya dengan layak.

Salurkan bantuanmu melalui Kitabisa, cara sedekah paling mudah cukup melalui transfer online. Platform penghimpun dana terpercaya yang sudah terbukti membantu banyak kalangan yang membutuhkan. Tak perlu repot mencari siapa yang layak menerima sedekah karena Kitabisa akan menyalurkannya ke orang-orang yang berhak menerimanya.

Memahami pengertian puasa Arafah di atas akan membantu kamu memahami keutamannya dan kamu pun bisa mengiringi puasa tersebut dengan ibadah sunnah lain seperti sedekah. Kitabisa siap membantu kamu memaksimalkan ibadah dibulan Dzulhijjah.


Kamu bisa berqurban dengan mudah melalui Kitabisa. Selain transparan dan sesuai syariat, harga hewan qurban di Kitabisa juga sangat terjangkau. Yuk, qurban sekarang bersama ribuan OrangBaik lainnya.

qurban online

Comments are closed.