Pengertian Qurban dan Aqiqah: Mana yang didahulukan?

Sudah tahukah kamu apa pengertian qurban dan aqiqahBanyak orang yang belum paham benar mengenai kedua amalan ibadah dalam Islam ini. Masih banyak umat Muslim yang menyamakan antara qurban dan aqiqah, padahal keduanya sangat berbeda.

Qurban dan aqiqah mempunyai satu kesamaan saja yaitu hukum melakukannya. Hukum qurban dan aqiqah adalah sunah muakad atau sunnah yang sangat dianjurkan. Jadi siapa saja umat islam yang mampu sangat disarankan untuk berqurban dan menyembelih aqiqah.

Perbedaan Qurban dan Aqiqah

Perbedaan antara qurban dan aqiqah bisa dilihat dari banyak hal termasuk pengertiannya. Berikut ini adalah hal dasar yang membedakan antara qurban dan aqiqah.

Dari segi bahasa dan istilah, qurban dan aqiqah mempunyai pengertian yang berbeda. Secara bahasa qurban artinya dekat atau bisa diartikan pendekatan diri kepada Tuhan. Sedangkan menurut istilah, qurban merupakan ibadah menyembelih hewan qurban dari tanggal 10 sampai 13 Dzulhijjah.

Pengertian aqiqah dari segi bahasa sudah sangat berbeda dari qurban, aqiqah dari segi bahasa artinya memotong. Sebagian ulama mengartikan aqiqah adalah memotong rambut anak bayi, dan sebagian mengartikan aqiqah adalah memotong hewan. Secara istilah arti dari aqiqah yaitu menyembelih hewan berupa kambing dengan jumlah tertentu dengan tujuan tasyakuran atau memanjatkan syukur atas kelahiran bayi. Jelas berbeda bukan, antara pengertian dari qurban dan aqiqah?

Perbedaan Tujuan Pelaksanaan Qurban dan Aqiqah

Perbedaan lainnya antara aqiqah dan qurban terletak pada tujuan pelasanaannya. Tujuan qurban adalah untuk memperingati betapa besarnya pengorbanan Nabi Ismail dan Nabi Ibrahim untuk menunjukkan ketakwaannya kepada Allah. Qurban juga bertujuan untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan umat islam kepada Allah. Di dalam surat Al-Kautsar ayat 2 juga dijelaskan bahwa umat islam haruslah mengerjakan shalat dan berkurban karena Allah. Jadi tujuan utama melakukan qurban adalah mendapatkan keridhoan Allah.

Berbeda dengan aqiqah, aqiqah mempunyai tujuan sebagai ungkapan rasa syukur karena telah dikaruniai seorang anak. Tujuan utama dari pelaksanaan aqiqah ini adalah untuk mengucapkan syukur dengan berbagai dengan sesama. Dalil pelaksanaan aqiqah juga tidak tertuang dalam alquran, melainkan dalam sebuah hadist. Dalam hadis tersebut dijelaskan bahwa Rasulullah pernah bersabda untuk menyembelih aqiqah atas anak laki-laki untuk membuang keburukannya.

sedekah di aplikasi kitabisa

Perbedaan Jumlah dan Jenis Hewan yang Disembelih

Perbedaan yang paling mencolok antara aqiqah dan qurban adalah pada jumlah dan jenis hewan yang disembelih. Jenis hewan qurban yang disembelih adalah semua jenis hewan ternak seperti unta, sapi, kerbau, dan kambing. Untuk penyembelihan hewan qurban ini juga mempunyai syarat yang berbeda-beda.

Misalnya saja satu ekor sapi bisa diatasnamakan untuk 7 orang sekaligus. Jadi, kamu bisa berqurban satu ekor sapi dengan patungan bersama teman lainnya. Sedangkan untuk kambing berlaku satu ekor kambing untuk satu orang.

Untuk melakukan qurban kamu juga harus memenuhi syarat tertentu. Misalnya saja kamu sudah mempunyai kurang lebih 30 ekor kambing maka 1 ekor kambing wajib kamu qurbankan.

Berbeda dengan aqiqah, hewan yang disembelih untuk aqiqah adalah kambing atau domba dan sejenisnya. Jumlah hewan yang disembelih juga berbeda, untuk anak perempuan jumlah yang disembelih hanya 1 ekor saja. Sedangkan untuk anak laki-laki jumlah kambingnya 2 ekor.

Perbedaan Waktu Pelaksanaan Qurban dan Aqiqah

Perbedaan terakhir antara qurban dan aqiqah adalah waktu pelaksanaan. Pelaksanaan qurban dilakukan setiap hari raya idul adha tepatnya pada tanggal 10 Dzulhijjah. Qurban juga bisa dilaksanakan pada hari tasyrik yaitu pada tanggal 11 sampai 13 Dzulhijjah.

Sedangkan untuk aqiqah bisa dilaksanakan kapan saja jika bayi sudah memasuki usia 7 hari. Pada usia ini bayi akan dipotong rambutnya dan disembelihkan aqiqah. Tidak hanya pas ketika 7 hari saja, penyembelihan aqiqah juga bisa dilakukan ketika anak sudah dewasa.

Sekarang sudah paham bukan bahwa qurban dan aqiqah adalah dua amalan yang berbeda. Dilihat dari pengertian qurban dan aqiqah saja sudah sangat jelas perbedaannya bukan?

Program qurban dengan mudah di Kitabisa siap membantumu berkurban dengan cara praktis, mudah, dan tepat sasaran.


Sekarang, kamu bisa berbagi dan berbuat kebaikan secara lebih mudah. Yuk, sedekah online lewat aplikasi Kitabisa!