Pengertian Zakat Fitrah dan Ketentuan Waktu Pembayarannya

Kehadiran bulan suci Ramadhan selalu dinanti oleh umat Islam dimanapun berada serta menjadi momen refleksi untuk memperkuat keimanan. Terlebih lagi, ada kesempatan lebar untuk beramal melalui zakat fitrah. Untuk itu, penting bagi kamu terlebih dahulu mengetahui pengertian zakat fitrah dan ketentuannya.

Bagaimanapun juga, dalam setiap harta yang dimiliki manusia, ada hak orang lain di dalamnya. Jika kamu ingin menjadikan Ramadhan kali ini penuh dengan manfaat bagi sekitar, kamu perlu simak lebih lanjut informasi seputar zakat fitrah berikut.

 

Pengertian Zakat Fitrah

Mengutip dari Rumaysho, ada beberapa pengertian zakat jika ditinjau dari segi bahasa. Zakat dipahami sebagai an namaa’ yang berarti tumbuh, az ziyadah yang artinya bertambah, juga ash sholah yang artinya adalah perbaikan. Makna ini indah sekali bukan, mengingat manusia selalu ingin bertumbuh dan menjadi lebih baik.

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agama juga memiliki buku Panduan Zakat sebagai petunjuk acuan bagi umat Islam di Indonesia. Di sini, zakat fitrah diartikan sebagai zakat yang bersifat wajib dalam kaitannya dengan bulan suci Ramadhan. 

Zakat fitrah sendiri selain berfungsi sebagai pelengkap dari ibadah di bulan suci, juga dimaksudkan untuk mensucikan harta. Selain itu, memberikan serta menyalurkan zakat menjadi bentuk kasih sayang seorang hamba pada kaum dhuafa. Dengan saling berbagi, semua dapat merayakan hari kemenangan dalam suka cita.

Syarat wajib zakat fitrah yaitu muslim yang merdeka dan mampu, baik perempuan maupun laki-laki, dalam usia baligh maupun belum. Selain itu juga harus menemui dua waktu yaitu Ramadhan dan Syawal. Seorang yang berzakat adalah orang yang memiliki kemampuan berlebih untuk dirinya dan tanggungannya di hari Ied.

 

Ketentuan Zakat Fitrah

Jika kamu termasuk berkewajiban untuk melaksanakan zakat fitrah, maka kamu juga harus memahami mengenai ketentuannya. Besarnya zakat fitrah yaitu sebesar satu sho’ makanan pokok yang paling banyak dikonsumsi warga setempat. Satu sho’ sendiri dapat disamakan dengan sekitar empat kali cakupan penuh telapak tangan.

Besaran zakat fitrah ini kurang lebih setara dengan 3.5 liter atau 2.5 kilogram. Di Indonesia sendiri, dengan mayoritas masyarakatnya mengkonsumsi beras, maka zakat fitrah juga dibayarkan dalam bentuk beras. Namun, ada baiknya untuk memberikan beras dengan kualitas sebaik mungkin yang bisa kamu dapatkan.

Meskipun diutamakan dalam bentuk beras, zakat fitrah bisa juga dibayarkan dalam bentuk uang tunai. Nominalnya mengacu pada harga beras perkilo yang ada di pasaran kemudian dikalikan 2.5 kilogram. Pada akhirnya, uang tunai ini nantinya juga akan dibelikan beras sebelum disalurkan kepada mereka yang berhak.

 

Pembayaran Zakat Fitrah

Setelah kamu mengetahui ketentuan zakat fitrah, kamu perlu tahu kemana dan kapan kamu bisa memenuhi kewajiban ini. Zakat fitrah dapat disetorkan ke lembaga amil zakat yang telah terpercaya dan berpengalaman. Seiring dengan kemajuan zaman, kini membayar zakat juga dapat dilakukan melalui transfer rekening bank.

Selain itu, kamu juga wajib tahu kapan waktu yang afdhol dalam menyampaikan zakat. Zakat fitrah sendiri dapat dilakukan sejak masuknya bulan suci Ramadhan dan berakhir sebelum sholat Ied. Namun waktu zakat fitrah yang paling utama adalah satu atau dua hari terakhir Ramadhan hingga sebelum pelaksanaan sholat Ied.

kamu perlu memperhatikan ketentuan ini dengan baik. Karena jika terlambat menyampaikan zakat fitrah, yaitu selepas sholat Ied, maka zakat akan dianggap sebagai sedekah biasa. Tentu kamu akan berupaya sebaik mungkin untuk memenuhi kewajiban ini tepat pada waktunya.

Nah, Kitabisa sebagai platform penggalangan donasi daring, kini memfasilitasi kebutuhan kamu untuk berzakat. Tentu ini akan mempermudah kamu untuk dapat menyetorkan zakat tanpa khawatir terlambat. Sistemnya mudah karena kamu bisa langsung berzakat di laman Badan Amil Zakat Nasional yang ada di website Kitabisa.

Itu dia pengertian zakat fitrah dan ketentuannya yang bisa menjadi referensi kamu di bulan suci yang penuh berkah. Jangan lupa juga untuk menyiapkan niat dan hati yang tulus ya.


Tunaikan zakat secara mudah dan cepat lewat Kitabisa. Nantinya zakat darimu akan disalurkan ke saudara-saudara kita yang membutuhkan.

bayar zakat online