Tentang Kitabisa

Penjelasan Lengkap Tentang Biaya Administrasi 5% di Kitabisa.com

Kamu mungkin sering mempertanyakan, mengapa Kitabisa sebagai platform mengenakan biaya administrasi 5% untuk misi kebaikan? Atau bagaimana biaya tersebut digunakan?

Artikel ini akan memberikan penjelasan lengkap mengenai informasi potongan biaya administrasi 5% di Kitabisa.

Sebagai platform galang dana dan donasi #1 di Indonesia, Kitabisa memfasilitasi ribuan galang dana sosial dan digunakan jutaan donatur setiap bulannya.

Melalui artikel ini, kami ingin merangkum ulang berbagai pertanyaan serta jawabannya seputar biaya potongan administrasi 5% di Kitabisa.com.

Apakah Kitabisa mengenakan biaya administrasi?

Iya betul. Kitabisa mengenakan biaya administrasi sebesar 5% dari donasi online yang terkumpul.

Kitabisa tidak mengenakan biaya administrasi (0%) untuk zakat, kategori bencana alam atau keadaan yang ditetapkan sebagai bencana oleh pemerintah.

Mengapa Kitabisa mengenakan biaya administrasi 5%?

Kami percaya sebuah misi kebaikan haruslah berkelanjutan. Karenanya, Kitabisa sebagai platform crowdfunding membutuhkan biaya operasional untuk tetap bisa mewadahi kebaikan masyarakat. 

Tentu kebijakan ini dibuat dengan dilandasi aturan yang berlaku. Potongan 5% ini sesuai dengan Undang-Undang Pengumpulan Uang dan Barang 1961 dan memenuhi ketentuan dan syarat ujrah dalam Islam.

Bagaimana skema biaya administrasinya?

Biaya administrasi ini baru dikenakan saat donasi terkumpul. Sehingga kamu baru akan menemukan jumlah potongan saat ingin mencairkan dana.

Tampilan Keterangan Potongan Biaya 5%

Selain biaya administrasi 5%, pada beberapa jenis pembayaran terdapat potongan yang dikenakan untuk admin bank atau penyedia layanan pembayaran. Kitabisa tidak mengambil keuntungan dari potongan ini. Tujuannya untuk bisa memfasilitasi sebanyak mungkin metode pembayaran agar donasi lebih mudah.


Baca juga: Apakah Kitabisa.com mengenakan biaya administrasi? – Kitabisa Help Center


Bagaimana Kitabisa menggunakan biaya administrasi 5% tersebut?

Biaya administrasi ini digunakan untuk dana operasional seperti mendanai biaya tim, infrastruktur teknologi, aktivitas penggalangan dana, jasa profesional audit, serta biaya pajak, bank admin, dan biaya lainnya.

Sebagai bentuk transparansi, kamu juga bisa mengakses penggunaan dana operasional Yayasan Kita Bisa setiap tahunnya. Dokumen hasil audit bisa kamu akses di sini.

Selain dari biaya administrasi 5%, apakah Kitabisa memiliki sumber pemasukan lain untuk biaya operasional yayasan?

Iya, selain dari biaya administrasi, pemasukan untuk biaya operasional yayasan juga didapatkan dari subsidi yang diberikan PT Kitabisa.

Selain yayasan, Kitabisa juga memiliki badan hukum dalam bentuk PT. Dalam hal ini menawarkan jasa  pengembangan dan pengelolaan teknologi, jasa konsultasi dan agensi untuk NGO, dan manajemen CSR untuk perusahaan. PT Kita Bisa mensubsidi kekurangan biaya operasional yayasan agar Kitabisa bisa terus beroperasi secara berkelanjutan.


Baca Juga: Bagaimana Kitabisa Menjalankan Platform Untuk Fasilitasi Kebaikan


Bagaimana biaya 5% memudahkan Kitabisa membantu ribuan orang lainnya?

Kitabisa percaya bahwa dampak dari kebaikan itu akan membentuk suatu siklus. Begitupun yang terjadi di Kitabisa. Berkat kamu yang sudah membantu orang melalui Kitabisa, Kitabisa juga jadi terbantu untuk meningkatkan layanan. Sehingga berbuat baik jadi lebih mudah dan tetap aman.

Contohnya dari 5% donasimu, orang semakin mudah untuk berdonasi dengan fitur Kitabisa. Juga misalnya, karena Kitabisa memperluas kerja sama dengan komunitas atau NGO di daerah bahkan dengan Rumah Sakit, semakin besar pula jangkauan orang yang akan terbantu. 

Bisa disimpulkan selanjutnya bahwa dengan berdonasi dengan Kitabisa, kamu tidak hanya akan membantu satu orang atau galang dana yang kamu ingin bantu saja. Tetapi juga membantu Kitabisa sebagai jembatan untuk bisa memfasilitasi lebih banyak lagi upaya gotong royong untuk kebaikan.

Kitabisa berterima kasih, karena kamu telah ikut membangun aplikasi kebaikan di Indonesia.

Penyaluran bantuan di Kitabisa.com

Begitulah penjelasan potongan biaya administrasi 5% di Kitabisa. Untuk mengenal lebih lanjut tentang Kitabisa, kamu juga bisa mengunjungi kitabisa.com/about-us.

Comments are closed.