Pentingnya Wakaf dalam Islam, Tidak Hanya Berguna Untuk Diri Sendiri

Wakaf adalah amalan yang memiliki peran sentral dalam Islam. Pentingnya wakaf tidak hanya memberi manfaat bagi diri sendiri. Wakaf juga bukan sekadar kegiatan berbagi kepada sesama. Ada manfaat yang lebih besar dari pada itu.

Keutamaan Wakaf

Fakta penting yang perlu kamu ketahui, wakaf adalah amalan yang menjadi kegemaran para sahabat pada zaman Rasulullah saw. Fenomena ini terjadi karena para sahabat memahami betul keutamaan dan pentingnya wakaf. Para ulama pun mendorong umat Islam untuk mengikuti jejak para sahabat dalam berwakaf.

Lewat wakaf, kamu akan memperoleh lima keutamaan penting yang tidak bisa didapatkan dari amalan lain, yaitu:

1. Pahala yang Terus Mengalir

Pentingnya wakaf yang pertama adalah berupa keutamaan memperoleh pahala yang terus mengalir. Setiap orang yang melakukan wakaf akan mendapatkan pahala secara terus-menerus meski telah meninggal dunia. Manfaat ini bisa kamu dapatkan karena wakaf adalah termasuk amalan sedekah jariyah. Pahala wakaf akan terus bisa kamu dapatkan selama wakaf yang diberikan memberi manfaat untuk orang lain.

2. Harta Benda Terpelihara

Keutamaan wakaf selanjutnya adalah berupa harta benda yang terpelihara. Di Indonesia, wakaf merupakan tindakan yang memiliki dasar hukum jelas. Aturan tersebut tertuang dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-Pokok Agraria yang mengungkapkan kalau tanah wakaf diatur dan dilindungi pemerintah melalui PP Nomor 28 Tahun 1977.

Lewat aturan tersebut, hasil wakaf merupakan harta benda yang terbebas dari berbagai jenis pembebanan, perkara, sitaan, ataupun ikatan. Kepemilikannya sudah bukan lagi berada di tangan ahli waris atau wakif (orang yang melakukan wakaf). Sebagai gantinya, harga wakaf akan dipelihara dan dikelola oleh lembaga khusus  atau nazhir dan dimanfaatkan untuk kepentingan banyak orang.

3. Bermanfaat untuk Banyak Orang

sumber : unsplash

Kamu juga akan memperoleh pentingnya wakaf yang mampu memberikan manfaat untuk banyak orang. Keberadaan wakaf dapat membantu orang-orang yang mengalami kesulitan. Oleh karenanya, wakaf dapat mendorong umat Islam untuk memiliki rasa sosial tinggi dan berupaya untuk membantu sesama.

Manfaat kehadiran wakaf bisa dirasakan secara langsung oleh masyarakat luas. Terlebih lagi, saat ini, wakaf yang bisa dilakukan oleh umat Islam tidak hanya tanah, tetapi bisa pula dilakukan dalam bentuk harta bergerak seperti emas, saham, uang tunai, dan semacamnya. Dengan begitu, pemanfaatan harta wakaf bisa disesuaikan dengan tingkat kebutuhan umat Islam. 

4. Sarana Memajukan Dakwah

Pentingnya wakaf selanjutnya adalah sebagai wujud nyata dukungan terhadap kemajuan dakwah Islam. Terlebih lagi, harta wakaf biasanya diwujudkan dalam berbagai sarana dan prasarana keagamaan, seperti madrasah, masjid, pondok pesantren, rumah sakit, dan lain sebagainya.

5. Pahala Berlipat Ganda

Pentingnya wakaf yang terakhir adalah berupa amalan yang berlipat ganda. Pahala berlipat bagi para wakif merupakan salah satu janji Allah yang tertuang dalam Q.S  Al Baqarah ayat 261 yang artinya:

“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah. Serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh butir pada tiap-tiap butir tumbuh seratus biji. Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa saja yang Dia kehendaki, Dan Allah Maha Kuasa (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui”.

Nah, itulah lima keutamaan wakaf yang perlu kamu ketahui. Mengingat pentingnya wakaf yang tidak hanya memberi manfaat bagi diri sendiri, tetapi juga orang lain, tidak heran kalau umat Islam berlomba-lomba untuk melakukan wakaf. Ditambah lagi, saat ini wakaf bisa dilakukan tanpa harus menunggu harta yang banyak.

Ada banyak pilihan wakaf yang bisa kamu lakukan. Kamu bisa berpartisipasi dalam program wakaf Al-Qur’an. Selain itu, ada pula pertimbangan untuk melakukan wakaf dalam bentuk uang tunai. Selanjutnya, kamu tinggal menyerahkan harta wakaf tersebut kepada lembaga pengelola atau nazhir yang tepercaya.

Solusi praktis dan tepat yang bisa kamu pilih adalah melakukan wakaf lewat Kitabisa. Kitabisa dapat membantu kamu untuk berwakaf dari mana saja, cukup dengan menggunakan smartphone. Mudah, kan?