Apa Saja Peraturan Pemerintah Terkait Wakaf?

Wakaf tidak hanya diatur oleh hukum Islam, tetapi juga hukum formal di Indonesia. Berbagai hal tentang wakaf seperti definisi, ketentuan, dan persyaratan tercantum secara rinci di peraturan pemerintah terkait wakaf. Mengetahui tentang aturan formal terkait wakaf bisa membantumu melakukan wakaf sesuai ketentuan yang sah.

Apa saja dasar hukum dan definisi yang harus kamu tahu? Berikut ringkasannya.

Definisi Wakaf Menurut Pemerintah Indonesia

Menurut undang-undang yang menjadi rujukan utama, definisi wakaf adalah tindakan hukum terkait penyerahan atau penyerahan harta dari si pemberi (wakif) untuk dimanfaatkan demi kesejahteraan umum, keperluan ibadah, dan kepentingan orang yang membutuhkan.

Definisi ini diperjelas di dalam peraturan pemerintah terkait wakaf. Dalam peraturan yang merinci undang-undang wakaf tersebut, wakaf bisa dikelompokkan sebagai wakaf benda bergerak berupa uang, wakaf benda bergerak bukan uang, dan wakaf benda tidak bergerak.

Definisi Wakaf Menurut Kompilasi Hukum Islam Indonesia

Indonesia juga memiliki Kompilasi Hukum Islam sebagai patokan definisi wakaf. Dalam pasal 215, wakaf dideskripsikan sebagai perbuatan hukum yang dilakukan seseorang atau sebuah badan hukum untuk memisahkan harta demi kepentingan umum berdasarkan hukum Islam.

Definisi menurut Kompilasi Hukum Islam berbeda dari definisi undang-undang di Indonesia. Dalam Kompilasi Hukum Islam, definisi wakaf berlaku selamanya setelah diberikan dan tidak dapat ditarik lagi oleh pemberi wakaf. Sebaliknya, wakaf menurut undang-undang Indonesia mengakui adanya wakaf dengan batas waktu tertentu.

Contohnya? Kamu memiliki sebuah ladang atau toko kecil yang bersifat produktif. Kamu berikrar memberikan hak pengelolaan usaha untuk ladang atau toko tersebut selama 10 tahun, dan hasilnya disumbangkan ke komunitas tertentu. Menurut peraturan pemerintah terkait wakaf, apa yang kamu lakukan sah, tetapi belum tentu menurut KHI.

Undang-Undang Terkait Wakaf

sumber : unsplash

Jadi, apa saja undang-undang dan peraturan formal terkini yang menggambarkan wakaf?

Undang-undang utama yang mengatur wakaf adalah Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004. Akan tetapi, rinciannya diatur dalam peraturan pemerintah tentang wakaf, yaitu Peraturan Pemerintah Nomor 42 Tahun 2006.

Dalam peraturan pemerintah ini, kamu bisa menemukan persyaratan wakaf agar sah, rukun wakaf, serta penjelasan tentang pihak-pihak yang memiliki wewenang terkait pengelolaan dan penyerahan wakaf. Ada juga penjelasan tentang beragam jenis harta wakaf, mulai dari harta tidak bergerak, harta bergerak berupa uang, dan harta bergerak non-uang.

Peraturan pemerintah tentang wakaf juga mengatur soal rincian administrasi. Misalnya, ada penjelasan tentang sertifikat wakaf dan isinya, tugas-tugas pengelola wakaf, hingga tata-cara menyalurkan wakafmu secara resmi di lembaga berwenang.

Dengan mempelajari semua informasi ini, kamu tidak hanya melek hukum wakaf, tetapi juga lebih peka dengan berbagai persyaratan dan informasi terkait syarat sahnya wakaf. Hal ini penting agar harta wakafmu benar-benar sampai ke pihak yang membutuhkan, berstatus sah, dan tidak disalahgunakan.

Cara Menyerahkan Wakaf secara Sah

Jika kamu ingin wakafmu sah dan hartamu dikelola secara tepat guna, gunakan saluran wakaf yang tepat, aman, dan resmi. Wakaf Produktif adalah contoh skema pengelolaan harta wakaf berupa donasi untuk berbagai kepentingan umum atau bangunan. Karena dananya bersifat abadi berkat donasi rutin, Wakaf Produktif bisa mengarahkan dana ke mereka yang benar-benar membutuhkan.

Contohnya, Wakaf Produktif telah menyisihkan dana untuk menciptakan sumber air bersih baru untuk warga yang tidak memiliki akses. Ada juga wakaf khusus untuk donasi secara teratur ke anak yatim dan fakir miskin. Sementara itu, Wakaf Produktif Al-Qur’an menyalurkan kitab Al-Qur’an berkualitas ke panti asuhan dan rumah.

Semua kegiatan donasi bisa kamu lakukan sambil melakukan hal lain. Cukup dengan beberapa langkah di aplikasi KitaBisa (akun Wakaf Produktif), dan kamu sudah sukses menyisihkan harta untuk membayar wakaf sesuai kebutuhan.

Wakaf adakah sesuatu yang telah diatur dalam undang-undang formal Indonesia, termasuk peraturan pemerintah terkait wakaf. Mengunduh aplikasi KitaBisa adalah cara untuk memberikan wakaf secara sah tanpa harus keluar rumah.