Kenali Perbedaan Asuransi Jiwa dan Asuransi Kesehatan?

Apakah kamu masih bingung perbedaan dari asuransi jiwa dan asuransi kesehatan? Asuransi jiwa dan asuransi kesehatan sama-sama memiliki peran penting untuk melindungi diri dari berbagai resiko. Namun, keduanya adalah produk yang berbeda. Nah, masih ada yang bingung mengenai perbedaan antara asuransi jiwa dan asuransi kesehatan. Apakah kamu salah satunya? Jika iya, simak penjelasan di bawah ini:

Resiko yang Ditanggung Asuransi

Asuransi kesehatan memberikan jaminan biaya penanganan kesehatan seperti sakit dan atau kecelakaan. Asuransi kesehatan biasanya untuk menanggung biaya rumah sakit seperti; biaya konsultasi dengan dokter, rawat inap, membeli obat, hingga biaya operasi. Namun, setiap polis asuransi kesehatan berbeda-beda mengenai biaya yang ditanggung, jadi perlu dicermati terlebih dahulu.

Asuransi jiwa dapat menanggung resiko finansial jika pemilik polis meninggal dunia atau cacat seumur hidup akibat kecelakaan. Salah satu alasan penting memiliki asuransi jiwa adalah dapat menjadi pegangan untuk keluarga yang ditinggal agar finansial tetap terjaga.

Penerima Manfaat Asuransi

Pada asuransi kesehatan, yang dapat merasakan manfaat dari asuransi ini adalah kamu sebagai pemilik polis. Jika kamu sakit atau mengalami kecelakaan, asuransi dapat menanggung biaya pengobatan dan atau biaya rumah sakit. Jadi, asuransi kesehatan memberikan jaminan untuk pemilik polis asuransi.

Beda halnya dengan asuransi jiwa. Asuransi jiwa memberikan jaminan untuk melindungi finansial dari ahli waris yang ditinggalkan oleh kamu sebagai pemilik polis asuransi. Besarnya tanggungan yang nantinya akan diberikan oleh pihak asuransi kepada ahli waris akan disesuaikan dengan besarnya premi yang kamu pilih.

Setelah membaca penjelasan di atas, apakah sudah ada gambaran mengenai perbedaan antara asuransi kesehatan dan asuransi jiwa? Untuk tahu lebih lanjut tentang asuransi jiwa, kamu bisa mulai dengan miliki perlindungan jiwa melalui platform saling melindungi sesama anggota, bernama Kitajaga. Dengan kontribusi mulai Rp280 ribu/tahun kamu sudah bisa terlindungi setahun penuh. Klik gambar di bawah untuk tahu selengkapnya!