Perbedaan UKT dan BKT, Simak Penjelasannya

Mungkin sebagian orang masih bertanya perbedaan antara UKT dan BKT. Banyak dari mereka yang menganggapnya memiliki sistem dan ketentuan yang sama, hanya terdapat perbedaan nama saja. Faktanya, UKT dan BKT adalah dua hal yang berbeda. 

Berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai pengertian, ketentuan, serta perbedaan antara keduanya yang harus diketahui oleh mereka yang akan, sedang, atau bahkan telah menempuh pendidikan di perguruan tinggi. 

 

Pengertian Uang Kuliah Tunggal (UKT) 

ukt adalah

UKT mulai berlaku di Indonesia sejak tahun 2013 sebagai sistem pembayaran Perguruan Tinggi Negeri atau PTN . Uang Kuliah Tunggal atau UKT adalah biaya kuliah yang ditanggung setiap mahasiswa setiap satu semester. Fungsi dari UKT adalah memberikan keringanan bagi mahasiswa yang kurang mampu melalui sistem subsidi silang pemerintah yang besarannya didasarkan pada kondisi ekonomi dan sosial keluarga mahasiswa. Dengan kata lain, UKT adalah sistem pembayaran yang ditujukan untuk memberikan pemerataan biaya kuliah sesuai dengan kemampuan ekonomi masing-masing orang tua atau wali mahasiswa.

Pada sistem UKT, semua biaya kuliah berupa uang gedung, SPP, dana praktikum, dan biaya penunjang perkuliahan lainnya telah dilebur menjadi satu dan dibagi rata dalam delapan semester. Jika mahasiswa telah membayarkan UKT di satu semester, mereka tidak perlu dikenakan biaya tambahan lainnya. Sehingga, mereka hanya membayar biaya perkuliahan di setiap awal semester, yaitu UKT.

bantu kuliah

 

Cara Perhitungan Besaran UKT

cara hitung ukt

Besarnya UKT adalah dihitung berdasarkan kondisi ekonomi orang tua atau wali mahasiswa.Biasanya, universitas akan mengelompokkan besaran UKT ke dalam golongan-golongan tertentu. Cara perhitungan sistem UKT adalah dengan melihat total pendapatan orang tua atau wali, kondisi rumah, jumlah kendaraan yang dimiliki, tagihan rekening listrik, serta hal lainnya yang menyangkut kondisi perekonomian dan sosial keluarga mahasiswa. 

 

Pengertian Biaya Kuliah Tunggal (BKT)

bkt adalah

Biaya Kuliah Tunggal atau BKT adalah keseluruhan biaya operasional yang harus dibayarkan mahasiswa setiap per semester pada suatu program studi. Bisa dikatakan, BKT adalah biaya kuliah yang sebenarnya yang harus dikeluarkan oleh mahasiswa tanpa dikurangi bantuan dana dari pemerintah. 

 

Bagaimana Cara Perhitungan BKT?

cara hitung bkt

Biaya Kuliah Tunggal (BKT) dihitung berdasarkan biaya langsung dan tidak langsung setelah dikurangi biaya non-operasional dan biaya rutin. Biaya langsung adalah nilai sumber daya yang digunakan mahasiswa untuk melaksanakan aktivitas inti perkuliahan. Sedangkan biaya tidak langsung adalah nilai sumber daya yang digunakan untuk kegiatan manajerial di tingkat fakultas atau universitas. Dapat disimpulkan bahwa cara perhitungan BKT adalah dengan menggunakan rumus:

BKT = C x K1 x K2 x K3

C adalah biaya kuliah tunggal dasar yang dihitung dari data yang dimiliki PTN

K1 adalah indeks program studi

K2 adalah indeks mutu perguruan tinggi

K3 adalah indeks kemahalan wilayah 

Baca juga:
Penjelasan Sistem UKT atau Uang Kuliah Tunggal
Biaya Kuliah di Kampus-kampus Indonesia

 

Perbedaan Sistem UKT dan BKT

perbedaan ukt dan bkt

Terdapat beberapa poin penting mengenai perbedaan UKT dan BKT antara lain:

  1. Biaya UKT adalah dihitung berdasarkan kemampuan atau keadaan ekonomi mahasiswa, sedangkan BKT dihitung berdasarkan pada program studi mahasiswa.
  2. Sistem UKT adalah menerapkan subsidi silang dari pemerintah yang diharapkan dapat memberi keringan bagi mahasiswa yang kurang mampu secara ekonomi, sementara BKT adalah seluruh biaya perkuliahan yang tidak dikenakan potongan dana bantuan dari pemerintah.
  3. BKT digunakan sebagai dasar penetapan biaya yang dibebankan kepada masyarakat dan pemerintah, sedangkan UKT ditetapkan dengan memperhatikan BKT.

 

Demikianlah informasi mengenai perbedaan UKT dan BKT. Mahasiswa yang akan, sedang, atau telah menempuh pendidikan di perguruan tinggi harus mengetahui kedua sistem pembayaran di atas sebagai bahan acuan. Jadi, sudah tidak bingung lagi bukan perbedaan UKT dan BKT?


Banyak mahasiswa yang terpaksa berhenti kuliah karena besarnya UKT atau BKT yang harus dibayarkan. Kamu bisa bantu mereka yang kesulitan membayar biaya kuliah dengan cara donasi di Kitabisa. Untuk bantu mereka, klik gambar di bawah ini!

banner_bisakuliah