Cerita #OrangBaik

Perjuangan Eca Melawan 3 Penyakit Akut 

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Ini adalah cerita Eca, bayi mungil yang harus berjuang dengan 3 penyakit akut sejak lahir. Kondisinya yang semakin parah membuatnya harus mendapatkan perawatan intensif. 

Sejak lahir, Eca sudah memiliki masalah di lambungnya hingga dirawat selama 11 hari. Setelah melakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut, Eca diketahui menderita jantung bocor, infeksi paru-paru akut, dan gizi buruk. 

 

3 Penyakit Akut yang Diderita Eca

penyakit bayi
Kondisi Eca saat baru lahir.

Jantung bocor dan infeksi paru-paru akut membuat napas Eca terdengar dengan cukup keras dan beberapa kali mengalami sesak napas. Sementara itu, gizi buruk yang dialami Eca membuat berat badannya hanya 4 kg ketika umurnya menuju 1 tahun. 

Kondisi Jantung Bocor

Jantung bocor adalah sebuah kelainan pada struktur jantung yang dapat mengubah aliran normal darah melalui jantung. Kondisi ini merupakan kelainan bawaan yang sudah ada sejak lahir. Seorang bayi yang memiliki kelainan ini akan memiliki lubang di sekat antar jantung bagian atas atau bawah.

Seperti yang dialami Eca, penderita jantung bocor akan mengalami beberapa gejala, diantaranya nyeri dada, sesak napas, sering merasa lelah dan mengakibatkan untuk beraktivitas, sering merasakan pusing dan menyebabkan pingsan. 

Infeksi Paru-paru

Pada infeksi paru-paru, terjadi peradangan di paru-paru yang disebabkan oleh jamur, bakteri, parasit, atau virus. Terdapat beberapa jenis penyakit infeksi pada paru-paru yang umum terjadi pada seseorang, diantaranya pneumonia, bronkitis, dan TBC

Gizi Buruk

Malnutrisi atau gizi buruk merupakan kondisi serius yang terjadi ketika asupan makanan tidak sesuai dengan jumlah nutrisi yang dibutuhkan. Ketika nutrisi anak tidak tercukupi, anak-anak akan menderita berbagai macam penyakit dan gangguan kesehatan. Malnutrisi tentunya memberikan dampak buruk bagi kesehatan, diantaranya badan kurus, pendek, atau kegemukan; risiko terkena penyakit infeksi lebih besar; serta terjadi penurunan kecerdasan.

Pada kasus Eca, gizi buruk membuat tubuhnya sangat kurus ketika di usianya yang menginjak 1 tahun. Kondisi itu terjadi karena kurangnya nutrisi yang didapatkan Eca saat berada dalam kandungan. Bayi dalam kandungan mengonsumsi zat-zat makanan yang ada dalam tubuh sang ibu. Sehingga, ketika sang ibu tidak memiliki cukup nutrisi dalam tubuh, kemungkinan anak lahir dengan gizi yang kurang akan lebih besar.

 

Pengobatan Penyakit Akut Eca

penyakit akut

Untuk mengatasi jantung bocornya, Eca harus melakukan operasi dan mendapatkan perawatan intensif. Tak sampai di situ, untuk memulihkan kondisi gizinya, Eca harus minum susu nutrisi dan vitamin khusus setiap hari. Namun, penghasilan orang tua Eca dari jasa servis AC tidak cukup untuk memenuhi semua biayanya. Kedua orang tua Eca terus berusaha dan berdoa agar sang buah hati bisa sembuh dan kembali ke rumah.

 

Galang Dana untuk Kesembuhan Eca

Penghasilan ayah Eca setiap harinya tidak menentu,sementara sang istri fokus untuk merawat dan menemani Eca selama pengobatan. Tak ingin putus asa, ayah Eca kemudian menggalang dana di Kitabisa agar biaya pengobatan Eca terpenuhi. Sejak pertama dibuat, galang dana untuk Eca secara rutin disebarkan ke keluarga dan teman-teman dengan harapan banyak dari mereka yang tergerak untuk bantu.

 

Proses Eca Melawan Penyakit Akut

pengobatan sakit akut

Berkat bantuan para OrangBaik, Eca berhasil menjalani operasi bocor jantung dan kondisinya semakin membaik. Saat ini, Eca harus melakukan berobat jalan dengan kontrol ke poli jantung. Selain itu, setiap harinya ia diwajibkan minum obat dan vitamin dengan susu khusus. Hal itu dilakukan agar nutrisi dalam tubuh Eca terus terjaga dan berat badannya meningkat. 


Seperti orang tua Eca yang galang dana untuk kesembuhan sang buah hati, kamu juga bisa buat galang dana di Kitabisa untuk bantu biaya pengobatan keluarga, teman, atau kerabat. Klik gambar di bawah ini untuk konsultasi galang dana medis!

 

Comments are closed.