Persiapkan Diri untuk Sambut Ramadhan 2020

Ramadhan 2020 merupakan momen yang paling ditunggu umat muslim di seluruh dunia. Menyambut datangnya bulan Ramadhan, banyak hal yang perlu disiapkan. Bukan hanya mempersiapkan mental dan hati, melainkan juga hal lain yang dapat menyempurnakan ibadah puasa di bulan Ramadhan.

 

Persiapan Jelang Ramadhan 2020

Lantas, apa saja hal yang harus dipersiapkan untuk menyambut Ramadhan 2020

Adapun sejumlah persiapan yang bisa kamu lakukan, antara lain sebagai berikut. 

  • Menambah Ilmu

    Tak ada salahnya menambah ilmu sebelum memasuki bulan Ramadhan. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui syarat sah puasa, apa saja hal yang membatalkan puasa, dan cara menambah pahala selama puasa.
    Secara tidak langsung dengan menambah ilmu dan mempelajari hal baru dapat membuat kamu lebih semangat untuk meningkatkan kadar keimanan dan menambah amalan saleh. Untuk menambah ilmu, kamu bisa berdiskusi langsung dengan ulama di sekitar rumah atau tanya jawab melalui internet.

  • Menyiapkan Fisik

    Puasa Ramadhan 2020 merupakan ibadah wajib yang mengharuskan kamu untuk menahan diri dari makan dan minum, serta hawa nafsu dari terbit fajar hingga matahari terbenam atau ketika azan magrib berkumandang.
    Agar puasa kamu lancar dan tubuh tetap segar bugar, kamu wajib memperhatikan sejumlah hal, seperti mulai berolahraga secara teratur, mengonsumsi makanan sehat kaya gizi, dan tidur cukup. Jika perlu konsumsi vitamin. Dengan cara ini,  tubuh sehat dan puasa pun semakin lancar.

  • Siapkan Menu Sahur dan Berbuka

    Sebelum memasuki bulan Ramadhan, sangat dianjurkan untuk menyiapkan menu sahur dan berbuka puasa.  Hal ini sangat penting, terutama bagi kamu yang tinggal sendiri. Pastikan menu yang kamu buat mencakup seluruh kebutuhan tubuh, mulai dari mineral hingga vitamin. Perbanyak sayuran hijau dan buah yang mengandung serat untuk menjaga kesehatan pencernaan.

  • Membiasakan Bangun Pagi

    Bagi kamu yang terbiasa tidur awal, bangun tengah malam untuk sahur bukanlah masalah. Namun, bagi kamu yang sering tidur larut, hal ini cukup menyulitkan. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk memperbaiki jam tidur sebelum Ramadhan menyapa. Tujuannya, agar kamu bangun tepat waktu dan tidak telat makan sahur.

    Jika terlalu sulit, usahakan tidur maksimal pukul sepuluh malam dan bangun sekitar pukul tiga atau setengah empat untuk melaksanakan makan sahur.

  • Siapkan Tabungan Khusus

    Banyak orang mengeluh pengeluaran membengkak di bulan Ramadhan karena banyak acara buka bersama atau membeli kebutuhan untuk makan sahur dan berbuka puasa. Agar keuangan kamu tetap stabil, sebelum Ramadhan tiba pastikan untuk menyisihkan uang.

    Dengan adanya tabungan khusus, kamu tak perlu khawatir lagi mengenai kondisi finansial. Ketika membutuhkan dana mendesak, kamu bisa menggunakan tabungan ini, termasuk untuk membeli berbagai keperluan untuk menyambut lebaran.

  • Membersihkan Rumah

    Agar  puasa lebih lancar, bersihkan rumah menjelang bulan Ramadhan. Rumah yang bersih aka membuat suasana lebih menyenangkan. Rumah juga lebih  nyaman dan kamu bisa lebih khusyuk dalam beribadah.

  • Perbanyak Sedekah

    Satu lagi yang tak boleh kamu lewatkan, yakni perbanyak sedekah. Sebagaimana kamu tahu, sedekah memiliki banyak manfaat. Selain dapat menambah pahala, sedekah dapat menjauhkan kamu dari musibah, memperpanjang umur, membuat hati tenang, dan menghapus dosa. Kamu pun akan merasa lebih dekat dengan Allah SWT. Hidup pun menjadi lebih berkah.

Itulah sejumlah persiapan yang dapat kamu lakukan untuk menyambut Ramadhan 2020. Kamu bisa menyempurnakan ibadah di bulan Ramadhan dengan cara berbagi kebaikan melalui Kitabisa. Sedekah dan zakat di Kitabisa dengan klik gambar di bawah inibanner_donasi_sedekah