Pendidikan

Pondok Pesantren Gratis untuk Penghafal Al Quran

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Banyaknya warga Indonesia yang beragama Islam menjadikan pembangunan pondok pesantren (ponpes) berkembang pesat. Bahkan banyak pesantren yang menggratiskan para santrinya untuk mondok dan menimba ilmu di sana. 

Salah satunya adalah Pondok Pesantren Manba’ul Quran. Di ponpes ini, para santri belajar dan dididik untuk menjadi penghafal Al Quran. Yuk, kenali lebih dekat tentang pesantren untuk penghafal Al Quran ini.

 

Pondok Pesantren Manba’ul Quran

pondok pesantren gratis

Selain sebagai ponpes, Pondok Pesantren Manba’ul Quran Porong merupakan gabungan sekolah dasar Hafiz Al Quran dan lembaga pendidikan tahfiz Al Quran. Ponpes yang berlokasi di Dusun Gempol Sampurno, Kelurahan Porong, Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, merupakan bagian dari Yayasan Manbaul Qur’an. Ponpes ini telah berdiri sejak tahun 2016.

Pondok Pesantren Manba’ul Quran bukanlah ponpes yang besar dan favorit. Namun demikian, banyak orang tua yang berasal di sekitar Desa Porong memercayakan dan menitipkan anak mereka untuk belajar dan dididik sebagai penghafal Al Quran. Hampir rata-rata santri ponpes ini berasal dari keluarga yang kurang mampu.

Walau telah berdiri sejak tahun 2016, ponpes ini belum menyelesaikan pembangunan gedung belajar maupun pembangunan asrama untuk para santri. Yayasan Manbaul Qur’an terkendala biaya pembangunan yang cukup besar. Akibatnya, para santri harus bergantian menggunakan gedung belajar. Tidak hanya itu, kebanyakan proses belajar mengajar dilakukan di teras masjid.

Kondisi tempat belajar yang cukup memprihatinkan tidak membuat santri Ponpes Manba’ul Quran menyerah. Mereka menunjukkan semangat untuk berprestasi di tengah keadaan pondok yang serba minimal.

Salah satu santri dari Pondok Pesantren Manba’ul Quran yang berprestasi adalah Ahmad Ali Masykur. Ia telah memenangkan lomba hafiz cilik juz 30 se-Jawa Timur di Universitas Trunojoyo Madura. Tidak tanggung-tanggung, anak ini menyabet juara 1 dan mengalahkan pesaing-pesaingnya dari berbagai ponpes di Jawa Timur.

 

Keutamaan Bersedekah

Untuk mencetak generasi Indonesia yang cinta Al Quran dan mampu menghafalnya, diperlukan dukungan dari segala pihak. Salah satunya adalah dengan bersedekah, mengamalkan harta di jalan yang Allah dengan ikhlas dan semata-mata mengharapkan rida dari Allah. 

Allah berfirman dalam Al Quran Surah Al-Hadid ayat 18,

“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah, baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (pahalanya) kepada mereka dan bagi mereka pahala yang banyak”. 

Ayat di atas menjelaskan tentang keutamaan bersedekah. Allah menjanjikan kepada mereka yang bersedekah dan menyisihkan hartanya, pahala yang berlipat ganda.

Keutamaan sedekah lainnya dijelaskan dalam hadis HR. Muslim no. 1631, Rasulullah SAW bersabda, “Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariah, ilmu yang bermanfaat, dan doa anak yang soleh.” Dengan bersedekah, amal yang dibuat saat hidup akan terus mengalir bahkan ketika sudah mati. Betapa indahnya janji Allah tentang bersedekah.

 

Bersedekah untuk Pembangunan Pondok Pesantren

penghafal al quran

Sedekah bisa dilakukan untuk berbagai hal, mulai dari membantu anak yatim piatu, kaum dhuafa, serta sedekah untuk membantu pengembangan pendidikan anak-anak penghafal Al Quran. Salah satu sedekah yang dapat dilakukan adalah membantu pembangunan Ponpes Manba’ul Quran.  

Meski sudah berdiri sejak tahun 2016, pembangunan gedung belajar dan asrama para santri di Ponpes Manba’ul Quran belum juga terselesaikan. Hal tersebut terkendala oleh biaya pembangunan. Akibatnya, untuk sementara waktu para santri bergantian menggunakan gedung. Saat sebagian belajar di ruang kelas, sebagian lainnya melakukan kegiatan belajar mengajar di teras masjid.

Yuk, tunggu apalagi. Berbuat baik jangan ditunda-tunda. Berikanlah para santri di Pondok Pesantren Manba’ul Quran ruang belajar yang layak. Apa yang kamu berikan akan sangat berguna untuk membantu lahirnya para penghafal Al Quran di seluruh Indonesia. 

Mari kita ulurkan tangan dan ajak siapa saja untuk berdonasi melalui Kitabisa. Hasil donasi ini akan sangat berguna untuk membangun ruang belajar yang layak untuk para santri di Pesantren Manba’ul Quran. 

bantu ponpes

Comments are closed.