Puasa

Puasa Dzulhijjah sebelum Idul Adha

Memasuki bulan Dzulhijjah, salah satu sunnah puasa yang sebaiknya dilakukan adalah puasa Dzulhijjah. Ibadah tersebut merupakan puasa yang dilakukan dari tanggal 1-7 Dzulhijjah.  Untuk tahu lebih lengkapnya mengenai puasa tersebut, simak info berikut.

 

Pengertian dari Puasa di Awal Bulan Dzulhijjah

Di bulan Dzulhijjah sebenarnya ada 3 puasa sunnah yaitu yang dilaksanakan pada tanggal 1-7 Dzulhijjah, 8 Dzulhijjah dan 9 Dzulhijjah. Pengertian puasa dzulhijjah ini sendiri lebih ke puasa yang dilaksanakan pada tanggal 1-7 dzulhijjah. Namun, puasa yang dilakukan di tanggal 1-9 Dzulhijjah tersebut yang lebih dikenal dengan puasa awal dzulhijjah.

Masing-masing jenis puasa tersebut memiliki keutamaannya sendiri. Terdapat 2 hal penting yang perlu kamu perhatikan seperti berikut:

  • Lebih utama puasa Arafah di tanggal 9 Dzulhijjah, tapi boleh berpuasa juga pada tanggal 1-9 Dzulhijjah.
  • Bisa melakukan puasa di hari yang diinginkan. Dengan catatan, kamu tidak meninggalkan puasa Arafah.

Terdapat hadis yang diriwayatkan dalam HR. Abu Daud n0. 2438, At Tirmidzi nomor 757, Ibnu Majah nomor 1727, Ahmad no. 1968 dari Ibu ‘Abbas. Dalam Hadis yang disahihkan Syaikh Al Albani ini, amal shalih yang lebih dicintai oleh Allah adalah di 10 hari pertama di bulan dzulhijjah.

 

Keutamaan Puasa di Awal Bulan Dzulhijjah

Ada keutamaan tersendiri di setiap harinya saat kamu melaksanakan puasa dari tanggal 1-9 Dzulhijjah. Lebih lengkapnya, simak info berikut.

Keutamaan Puasa tanggal 1-7

  • 1 Dzulhijjah: Allah mengampuni dosa-dosa kamu.
  • 2 Dzulhijjah: Sama seperti beribadah dan juga berpuasa selama 1 tahun penuh tanpa maksiat..
  • 3 Dzulhijjah: Allah akan mengabulkan do’a yang kamu panjatkan.
  • 4 Dzulhijjah: dihilangkan kesusahannya. Di akhirat nantinya, Allah akan mengumpulkan kamu bersama dengan orang mulia.
  • 5 Dzulhijjah: di hari ini, kamu akan terlepas dari siksa kubur dan sifat munafik.
  • 6 Dzulhijjah: kamu akan dipandang oleh Allah dengan penuh kasih sayang dan rahmat.
  • 7 Dzulhijjah: Karena itu, kamu akan dibukakan 30 pintu kemudahan dan dihindarkan dari 30 pintu kesukaran dan kemelaratan.

Keutamaan Puasa Tarwiyah

Jika kamu berpuasa di tanggal 8 Dzulhijjah, maka bisa menghapus dosa 1 tahun. Dari Abdullah Ibnu Abbas yang diriwayatkan oleh Ibnu An Najjar dan Abu Asy Syaikh, puasa tarwiyah adalah menghapus dosa 1 selama 1 tahun. 

Keutamaan Puasa Arafah

Puasa Arafah adalah puasa yang dilaksanakan saat tanggal 9 Dzulhijjah. Puasa ini dianjurkan untuk kamu yang belum mampu melaksanakan ibadah haji di Makkah.

Ibadah puasa yang bertepatan dengan ibadah wukuf yang diselenggarakan di Arafah ini memiliki keutamaan dapat menghapus dosa selama 2 tahun. 1 tahun kebelakang dan 1 tahun kedepan.

Hal tersebut diriwayatkan dalam HR. Muslim nomor 1162. Dalam hadis tersebut dari Abu Qotadah, Rasulullah pernah bersabda bahwa puasa Arafah bisa menghapus dosa 1 tahun lalu dan 1 tahun mendatang. Sedangkan puasa Asyuro yang dilaksanakan tanggal 10 Muharram, akan menghapus dosa 1 tahun yang lalu.

 

Ketentuan Puasa di bulan Dzulhijjah

Ada ketentuan puasa Dzulhijjah yang perlu kamu tahu. Pertama adalah membaca niat sesuai dengan puasa yang dilakukan. Baik untuk puasa sunnah bulan Dzulhijjah (1-7 Dzulhijjah),  Tarwiyah (8 Dzulhijah) dan Arafah (9 Dzulhijjah).

Setelah membaca niat, kamu bisa melakukan puasa seperti biasa. Yaitu dimulai dengan sahur, membaca niat, menghindari hal yang membatalkan puasa dan berbuka saat Maghrib tiba.

Jika kamu ikut berqurban, ada hal lain yang perlu diperhatikan sesuai dengan sabda Rasulullah dalam HR. Muslim. Dalam hadist tersebut, dilarang untuk  memotong kuku, kulit dan rambut  saat 10 hari pertama bulan Dzulhijjah. Artinya, kamu boleh saya memotong kuku, rambut dan kulit. Namun, batas akhirnya adalah tanggal 30 Dzulqa’dah atau sebelum bulan Dzulhijjah. Setelah qurban selesai, kamu bisa memotong rambut dan kuku kamu. 

Apabila kamu ingin menyempurnakan ibadah kamu di awal bulan Dzulhijjah seperti melaksanakan qurban, maka kamu tak perlu khawatir. Karena berqurban dengan mudah di Kitabisa, kamu tetap bisa melaksanakan perintah-Nya dan saling berbagi,

Itulah pengertian dan keutamaan dari puasa dzulhijjah. Agar kamu tidak lupa untuk mendapatkan kebaikan di awal bulan Dzulhijjah dengan berqurban dan berpuasa, tandai kalender kamu dari sekarang ya.


Qurban online dengan mudah melalui Kitabisa. Selain transparan dan sesuai syariat, harga hewan qurban di Kitabisa juga sangat terjangkau. Yuk, qurban sekarang bersama ribuan OrangBaik lainnya.

qurban online

Comments are closed.