Shadrina Dinan: Purplehearts.id ini Ajang Berbagi Army Indonesia

Pernah dengar tentang Army Indonesia yang suka berbagi? Salah satunya ada Purplehearts.id. Army adalah sebutan untuk memanggil para penggemar BTS (Bangtan Sonyeondan/Bangtan Boys), sebuah boyband asal korea yang sudah mendunia dengan karya-karyanya. Lebih dari sekedar komunitas Army Indonesia, purplehearts.id menjadi wadah semua orang untuk berekspresi dan berbagi. Kegiatan mereka sering kali untuk saling bertukar cerita yang menginspirasi.

Sebagai salah satu dari Army Indonesia, Shadrina Dinan bersama temannya membangun Purplehearts.id untuk mengekspresikan dirinya. Setahun berlalu semenjak dibangunnya Purplehearts.id, sudah ada ribuan pengikut akun purplehearts.id. Mengingat niat awal membuat purplehearts.id untuk berbagi, Shadrina Dinan mengambil langkah untuk ajak Army Indonesia untuk ikut berbagi.

Let’s Choose and Spread Kindness

Shadrina Dinan: Purplehearts.id ini Ajang Berbagi Army Indonesia
Shadrina Dinan: Purplehearts.id ini Ajang Berbagi Army Indonesia

Awalnya, Shadrina Dinan bersama Purplehearts.id membuat galang dana untuk literasi anak Papua. Terkumpul Rp 22 juta dari bantuan 457 #OrangBaik untuk bagikan paket buku belajar bagi anak-anak di Sorong, Papua. Seperti tagline Purplehearts.id, bantuan yang diberikan ternyata juga menyebarkan kebaikan lain. Muncul gerakan baru bernama Pinjam Pustaka dari Komunitas Buku Untuk Papua yang menjadi salah satu penyalur bantuan. Pinjam Pustaka adalah perpustakaan berjalan yang juga menyediakan buku-buku dari bantuan Shadrina Dinan bersama Purplehearts.id.

Beberapa bantuan lainnya yang sudah disalurkan oleh Shadrina Dinan dan Purplehearts.id untuk sesama di berbagai kesempatan. Di awal pandemi, untuk membantu anak dan perempuan korban kekerasan serta anak penyandang disabilitas dalam pemulihan psikologis dan kesehatan mental, bantuan untuk korban banjir bandang NTT dalam bentuk pelayanan kesehatan untuk 958 orang dan 668 paket sepatu sekolah dan alat tulis untuk adik-adik di Kecamatan Ile Ape & Ile Ape Timur, Lembata, dan bantuan ekonomi dengan membagikan BTS Meal ke rekan-rekan driver ojol sebanyak 959 paket makan dari 7 provinsi di Indonesia. Hebat banget ya!

Tempat Self-healing yang Menginspirasi Army Indonesia

Di sela-sela pekerjaannya menjadi dokter umum, Purplehearts.id tidak menjadi beban untuk Shadrina Dinan. Purplehearts.id justru menjadi tempat bermain untuk menghilangkan jenuh bagi Shadrina Dinan. Setiap tulisan yang disebarkan melalui Purplehearts.id terasa familer bagi banyak Army Indonesia. 

Melalui Purplehearts.id, Shadrina Dinan bersama Army Indonesia bisa bebas berekspresi maupun berbagi. Tidak berhenti menginspirasi, Shadrina Dinan juga menggalang dana untuk membantu pahlawan non-medis yang ada di rumah sakit dan puskesmas. Idenya didapat dari kekhawatiran banyak kerabat tenaga kesehatan seperti dirinya akan keadaan tenaga non-medis yang harus bekerja di rumah sakit dan puskesmas. 

Lebih dari 3000 orang telah mendukung langkahnya dan berhasil mengumpulkan Rp 360 juta untuk bantuan health kit dan insentif bagi tenaga non-kesehatan di rumah sakit dan puskesmas. Bantuan sudah disalurkan untuk 336 petugas non-medis di Jakarta, Bekasi, Depok, Bandung, Solo, Surabaya, dan Amuntai (Kalimantan Selatan), dan Dompu (Nusa Tenggara Barat). Mereka ialah petugas kebersihan, satpam, petugas pemulasaran jenazah, supir ambulans, petugas kesehatan lingkungan, porter, pejuang oksigen dan petugas administrasi.
Kamu bisa bergerak bersama komunitas kamu seperti yang dilakukan Shadrina Dinan dan Army Indonesia. Cek video ini untuk memulai galang dana untuk wujudkan ide kegiatan sosial kamu:

galang dana kitabisa