Qurban Lebih Mudah Dengan Tabungan Qurban

Hukum berkurban menurut sebagian ulama adalah wajib bagi umat muslim yang mampu. Namun, apakah boleh kita berqurban dengan tabungan qurban?

Apalagi, mengingat bahwa mengumpulkan uang bagi sebagian besar orang bukan lah hal yang mudah. Makanya, A
lhamdulillah sekarang tersedia produk perbankan tabungan qurban yang dapat membantu kamu untuk berqurban lebih mudah.

Bolehkah Berkurban Dengan Sistem Tabungan?

Tak hanya mereka yang kaya setiap Muslim tentu mendambakan untuk bisa turut serta pada ibadah qurban. Ini karena qurban mempunyai banyak kebaikan, salah satunya sebagai penghapus dosa dan kesalahan yang pernah kita perbuat.

Selain itu qurban juga bisa menjadi sarana untuk mempererat persaudaraan antar sesama Muslim. Seluruh aktivitas qurban mulai dari pembelian hewan, penyembelihan, serta pembagian hasil qurban menciptakan kesempatan untuk membangun solidaritas di kalangan umat Islam.

Sayangnya, mereka yang masih ragu menjalankan ibadah ini karena harga hewan qurban yang cukup mahal. Sebagai solusinya kamu bisa menabung sedikit demi sedikit sampai tiba saatnya Idul Adha, dana yang diperlukan sudah terkumpul.

 

Bagaimana sebenarnya hukum tabungan qurban? 

Apakah sudah sesuai dengan syariat Islam? Segala sesuatu selama tidak terdapat dalil yang tak memperbolehkan adalah mubah (boleh). Tabungan dalam hal ini dipandang sebagai sarana merealisasikan niat untuk beribadah.

Sesuai kaidah fiqih dikatakan al wasaail laha ahkamul maqashid atau sarana/wasilah yang asal hukumnya sama dengan tujuan. Artinya menabung adalah sarana untuk mewujudkan kebaikan dan yang melakukannya akan mendapat balasan pahala.

 

Cara Mudah Berkurban

Tentu saja kamu juga bisa menabung sendiri secara rutin sejumlah uang yang totalnya nanti diperkirakan mencukupi untuk berkurban. Akan tetapi, bagi yang kesulitan mendisiplinkan diri, jangan ragu untuk menggunakan pihak ketiga.

Saat ini tak sedikit sistem perbankan yang menawarkan produk tabungan dengan tujuan pembelian hewan qurban. Pilih saja paket-paket yang kamu inginkan atau sesuai ketersediaan dana. 

Inilah cara merencanakan tabungan qurban 2020 untuk dipetik hasilnya pada Idul Adha di tahun depan yang dijamin dapat terealisasi.

  • Menentukan jenis hewan

    Tentukan dahulu sekarang di tahun depan kamu ingin berkurban kambing atau sapi. Prediksi harga hewan qurban saat Idul Adha tiba adalah dengan asumsi kenaikan mencapai 10% atau 20%. Dengan perkiraan nilai tersebut, kamu bisa merencanakan berapa dana yang harus disisihkan setiap bulannya.

  • Membeli lebih awal

    Beberapa lembaga penyalur dan penyedia hewan qurban sudah membuka penawaran pembelian hewan kurban sejak jauh-jauh hari. Kesempatan ini bisa dimanfaatkan untuk membeli hewan qurban dengan harga lebih murah. Jangan lupa cek dan ricek terlebih dahulu apakah lembaga yang kamu pilih sebagai mitra benar-benar amanah dan profesional.

  • Menggunakan fitur auto transfer pada produk perbankan tabungan qurban

    Setelah kamu mengetahui total dana yang harus ditabung setiap bulan agar saat Idul Adha sudah memenuhi untuk membeli hewan qurban, maka jangan lagi ditunda. Untuk “memaksa” agar disiplin menabung, kamu bisa mengikuti program tabungan qurban di bank.
    Secara teratur setiap bulan, bank akan menarik sejumlah dana dari saldo akunmu untuk tujuan tersebut. Produk-produk perbankan demikian ini banyak ditawarkan oleh bank-bank syariah dengan menerapkan Akad Mudharabah.

 

Qurban Lebih Mudah Secara Online

Di zaman modern yang serba praktis ini, tersedia alternatif berqurban secara online untuk kamu yang super sibuk. Jadi tak perlu lagi bersusah-payah mengurus semuanya sendiri, mulai dari memilih hewan qurban, penyembelihan, sampai penyalurannya.

Dari kacamata Syariat, memang hingga saat ini belum ada pendapat atau dalil yang mengatur mekanisme qurban online. Meski demikian tak perlu khawatir, karena secara umum hal ini memungkinkan dan boleh dilakukan dengan beberapa persyaratan. Ini antara lain syarat wajib qurban telah terpenuhi, serta mempunyai perwakilan yang kompeten. Perwakilan tersebut harus orang yang mampu menjamin pelaksanaan ibadah qurban sebagaimana ketentuan syariat.

Kelemahan sistem qurban online hanyalah kamu tak bisa menerima hak sebesar 1/3 daging qurban, apalagi bila lokasinya cukup jauh. Hal ini tentu tidak masalah, bukan? Berdasarkan pendapat beberapa ulama, mereka yang berqurban sebaiknya hanya mengambil sedikit daging saja atau tidak sama sekali. Dengan begitu seluruh qurban yang kamu tunaikan disalurkan kepada yang berhak.

Jika tahun ini belum memungkinkan untuk berpartisipasi, semoga dengan tabungan qurban cita-cita mulia kamu bisa segera terwujud.

Program Qurban dengan mudah di Kitabisa siap membantumu berkurban dengan cara praktis, mudah, dan tepat sasaran.


qurban online