Qurban

Qurban untuk Korban Banjir Bandang Masamba

Banjir bandang terjadi di Masamba, Kabupaten Luwu Utara pada Senin (13/7) lalu. Banjir menerjang seluruh kota di daerah tersebut. Beberapa fasilitas umum seperti jembatan, bandar udara, dan masjid ikut terendam banjir. Akses jalan di beberapa titik pun tertutup.

Menurut Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), salah satu pemicu utama banjir di Masamba adalah curah hujan yang sangat tinggi. Selama dua hari terakhir, daerah tersebut dilanda hujan dengan intensitas tinggi. Debit air hujan menyebabkan Sungai Masamba, Rongkang, dan Sungai Rada meluap.

 

Dampak Banjir Masamba Luwu Utara

korban banjir masamba
Sumber Foto: Hariandi HAFID / AFP

Hingga Rabu (15/7) sore, banjir bandang telah menewaskan 21 orang menurut data Basarnas. Selain korban jiwa, beberapa warga juga dilaporkan berstatus sebagai korban hilang. Ratusan warga pun terpaksa mengungsi ke daerah yang lebih tinggi untuk menyelamatkan diri.

Banjir berdampak pada enam kecamatan, yaitu Kecamatan Masamba, Sabbang, Baebunta, Baebunta Selatan, Malangke, dan Malangke Barat. Kondisi ini menyebabkan lebih dari empat ribu rumah terendam banjir dan ratusan lainnya tertimbun lumpur. Jembatan antar desa pun terputus, bahkan akses lintas provinsi juga tertimbun lumpur sehingga menyulitkan proses evakuasi dan pengiriman bantuan. 

 

Berbagi Qurban untuk Korban Banjir di Masamba Luwu Utara

Bantuan darurat telah diberikan kepada warga terdampak banjir secara bertahap, seperti perlengkapan tidur, bahan makanan, dan kebutuhan mendesak lainnya. Namun, masih banyak warga yang membutuhkan pertolongan.

Bencana banjir yang melanda Masamba, Luwu Utara menyisakan duka dan trauma bagi mereka yang terdampak. Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk membantu mereka. Salah satunya adalah dengan berbagi lewat qurban di Idul Adha tahun ini untuk daerah Masamba.

Menjelang hari raya Idul Adha 2020, warga di Masamba akan kesulitan mendapatkan daging hewan qurban. Lewat Kitabisa, kamu dapat membeli dan menyalurkan qurban untuk mereka. Dengan begitu, para warga di Masamba juga bisa merasakan kenikmatan hari raya Idul Adha. 

Melalui Kitabisa, kamu dapat membeli hewan qurban secara online. Nantinya, daging qurbanmu akan disalurkan untuk masyarakat di Masamba dan sekitarnya yang terdampak banjir bandang.

Mari berbagi kenikmatan di hari raya qurban untuk mereka yang membutuhkan di Masamba Luwu Utara.

bantu banjir masamba

Comments are closed.