Kisah Sukses

Ragam Inisiatif Galang Dana Rachel Vennya Buat Bantu Sesama

Rachel Vennya merupakan salah satu sosok selebgram yang populer di tanah air. Tak hanya terkenal karena konten parentingnya, dengan jumlah pengikut mencapai 6,3 juta di akun Instagram-nya ia berhasil menularkan kebaikan melalui beragam inisiatif galang dana Rachel Vennya.

Selain menginspirasi, Rachel ternyata memiliki concern yang besar terhadap kemanusiaan. Inilah yang kemudian membuat Rachel Vennya donasi dan membuat penggalangan dana melalui KitaBisa. Ada beberapa inisiatif kampanye galang dana yang diadakan oleh wanita 25 tahun ini. Simak ulasannya berikut ini!

Rachel Vennya Galang Donasi untuk Warga dan Nakes

Pandemi yang masih belum usai membuat Rachel Vennya tergerak melakukan galang dana. Bermula dari banyaknya direct message yang masuk ke akunnya, Rachel merasa harus segera bertindak terkait kebutuhan pasien COVID-19 akan fasilitas rumah sakit mulai dari ruangan ICU, donor konvalesen, sampai tabung oksigen.

Gotong royong dengan Orang Baik dari seluruh Indonesia, Rachel berhasil mengumpulkan dana lebih dari Rp300 juta. Dana tersebut selain disalurkan pada warga yang terdampak, sebagian juga disumbangkan untuk keperluan tenaga kesehatan dan relawan.

Galang Dana Rachel Vennya untuk Bencana Tsunami Banten dan Lampung

Pada tahun 2018 silam, bencana tsunami yang terjadi di Selat Sunda memakan ratusan korban dan menimbulkan kerugian materiel yang tidak sedikit. Masyarakat yang tinggal di Provinsi Lampung dan Banten merupakan yang paling terdampak karena posisinya sangat dekat dengan Selat Sunda.

Bersama KitaBisa, Rachel Vennya mencoba menginisiasi penggalangan dana untuk para korban. Dari awal kampanye, dana yang ditargetkan adalah Rp500 juta. Untungnya sampai hari terakhir, Rachel berhasil melampaui angka tersebut dengan total donasi Rp522 juta lebih yang berasal dari 6.759 Orang Baik.

Dana tersebut kemudian digunakan untuk membangun lima buah dapur umum dan distribusi paket makanan. Pembangunan dapur sendiri dilakukan sejak tanggal 1 sampai 3 Januari 2019 dan distribusi bahan makan dilakukan pada tanggal 18 Januari 2019. Langkah nyata yang dilakukan Rachel Vennya ternyata berhasil membawa banyak orang tergerak hatinya untuk ikut membantu.

Galang Dana Rachel Vennya untuk Gempa Donggala dan Tsunami Palu

Masih di tahun yang sama, ada beberapa daerah lain di Indonesia yang juga mengalami musibah gempa dan tsunami, yakni Donggala dan Palu. Gempa ratusan kali hingga tsunami setinggi hampir 3 meter menghancurkan rumah penduduk dan fasilitas umum. Korban jiwa pun tak terelakkan.

Kampanye yang digalang oleh Rachel Vennya berhasil mengumpulkan dana sebanyak Rp522 juta, melebihi angka awal yang ditargetkan. Hasil donasi ini kemudian disalurkan melalui beberapa channel, yakni lewat ACT (Aksi Cepat Tanggap) dan diberikan langsung kepada pihak terkait di daerah bencana. Dana itu digunakan untuk membeli keperluan balita dan anak sekolah baik susu, minyak telon, hingga perlengkapan menulis.

Rachel Vennya Donasi Korban Bencana Lombok Lewat Dapur Umum

Gempa Lombok yang terjadi pada tahun 2018 silam juga membuat banyak keluarga kesulitan mendapatkan bahan makanan. Dapur umum yang jumlahnya 141 harus beroperasi dan membagikan makanan untuk 56.400 porsi kepada para pengungsi. Dana operasional yang dibutuhkan setiap harinya adalah sebesar Rp338.400.000. Itu tentu bukan jumlah yang sedikit. 

Untuk itulah Rachel Vennya bekerja sama dengan ACT (Aksi Cepat Tanggap) untuk mendirikan dapur umum. Dari bantuan 4.894 Orang Baik, terkumpul donasi sebesar Rp446 juta yang digunakan untuk keperluan belanja dapur umum dan pemberian makanan sehat dan bergizi bagi balita dan ibu-ibu yang sedang menyusui di tempat pengungsian. Rachel bahkan datang sendiri untuk melihat secara langsung kondisi para korban di lokasi bencana.

Itulah beberapa ragam inisiatif galang dana yang dilakukan Rachel Vennya. Kamu bisa ikut berkontribusi di KitaBisa dengan mencari kampanye yang sesuai dengan preferensimu. Yuk bergabung dengan ribuan Orang Baik lainnya di KitaBisa!

Comments are closed.

bantuan pengobatan