Ragam Inisiatif Galang Dana Fadil Jaidi untuk Bantu Sesama

Kalau kamu sering menonton konten-konten menghibur di YouTube, nama Fadil Jaidi tentu sudah tidak asing lagi. Tak hanya menghibur dengan kontennya, jiwa sosialnya juga terlihat lewat beberapa inisiatif galang dana Fadil Jaidi selama 2 tahun belakangan ini. Pria keturunan Arab itu tidak hanya kerap membuat beragam video kocak lewat channel YouTube-nya, tetapi ia juga membagikan momen-momen serunya bersama ayah dan anggota keluarganya yang lain.

Di balik kesehariannya sebagai YouTuber dan content creator, Fadil Jaidi juga dikenal aktif mengadakan galang dana untuk berbagai kegiatan kemanusiaan. Lewat KitaBisa Fadil Jaidi ingin mengajak semua followers, subscriber, serta seluruh masyarakat Indonesia untuk ikut memberikan sumbangsih membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan. Lantas apa saja aksi galang dana KitaBisa Fadil Jaidi yang bisa jadi inspirasi untukmu?

Galang Dana Fadil Jaidi untuk Warga Palestina

KitaBisa Fadil Jaidi Palestina merupakan salah kampanye yang sukses digalang oleh sang YouTuber beberapa waktu yang lalu. Kampanye dengan target Rp2 miliar itu sukses menarik perhatian ratusan ribu masyarakat untuk ikut serta membantu masyarakat Palestina yang menjadi korban invasi Israel.

Seperti yang kita ketahui, sampai saat ini masyarakat Palestina masih terus berjuang mempertahankan tanah milik mereka dari aparat Israel yang terus menyerang dan mengusir dengan kasar. Bertepatan pada bulan Ramadan, Fadil merasa itu adalah waktu yang tepat bagi masyarakat Indonesia yang ingin ikut berbagi.

Berkat antusiasme serta pengaruh Fadil Jaidi mengajak para penggemarnya, di akhir kampanye selama satu minggu itu, dana yang berhasil dikumpulkan sukses melebihi target. Sebanyak Rp8.626.022.750 dari 153.576 Orang Baik kemudian disalurkan untuk berbagai kebutuhan masyarakat setempat.

Melalui perantara Nusantara Palestina Center atau NPC, dana yang dikumpulkan digunakan untuk membeli bahan makanan bagi warga, menyiapkan kebutuhan obat-obatan, memberi santunan kepada korban agresi militer, hingga menyediakan tangki air bersih untuk minum.

Selain itu, penyaluran donasi juga dilakukan lewat Golden Future Foundation berupa food basket. Food basket sebanyak 1000 paket itu berisi berbagai kebutuhan pokok, mulai dari beras, gula, minyak, kacang lentil, pasta, kacang-kacangan saus, dan lain sebagainya. Tak hanya berupa makanan, donasi juga diberikan dalam bentuk pembangunan rumah sakit dan tempat ibadah.

Galang Dana Fadil Jaidi untuk Kalsel dan Sulbar

Di awal tahun ini, bangsa Indonesia terus mendapatkan cobaan bertubi-tubi. Di tengah pandemi yang belum selesai, bencana alam seperti banjir di Kalimantan Selatan dan gempa di Sulawesi Barat kembali mengetuk hati Fadil Jaidi untuk menggalang dana bantuan.

KitaBisa Fadil Jaidi Bersama Bantu Bencana Banjir dan Gempa itu awalnya hanya ditargetkan mencapai Rp1 miliar. Untungnya berkat tangan-tangan dermawan Orang Baik dari seluruh Indonesia, galang dana tersebut bisa mengumpulkan pundi-pundi sebesar Rp3.262.752.079—nyaris empat kali lipat dari target awal.

Dana yang terkumpul kemudian didistrubusikan ke berbagai daerah di kedua provinsi melalui Lembaga Amil Zakat dan lembaga-lembaga sosial lain yang ada. Selain digunakan untuk memberikan bantuan bahan pokok seperti sembako, obat-obatan, dan kebutuhan balita, dana itu juga dipakai untuk membangun kembali rumah-rumah ibadah dan fasilitas-fasilitas umum lain yang hancur akibat bencana.

Pentingnya Peran Sosok Berpengaruh untuk Mengajak Masyarakat Bergabung dalam Galang Dana

Indonesia memiliki banyak sekali influencer. Seperti namanya, influencer ini tidak hanya menjadi sosok yang diperhatikan, tetapi juga diikuti dan ditiru semua langkah-langkahnya. Fadil Jaidi sebagai salah satu orang yang berpengaruh berhasil menunjukkan contoh dengan mengajak orang-orang ikut membantu saudara-saudara kita yang sedang membutuhkan. Beberapa inisiatif galang dana KitaBisa Fadil Jaidi di atas hanya sebagian contoh kecil bagaimana kita memanfaatkan pengaruh yang kita miliki untuk mengajak orang berbuat kebaikan.

Mulai hari ini, mari tunjukkan pengaruhmu dengan ikut berkontribusi membantu saudara-saudara kita lewat berbagai program galang dana di KitaBisa. Yuk, mulai langkahmu dengan galang dana!

galang dana kitabisa