Ragam Inisiatif Galang Dana yang Dibuat Najwa Shihab

Nama Najwa Shihab tentu sudah tidak asing lagi bagi hampir semua pemirsa televisi di Indonesia. Dikenal lewat acaranya yang bertajuk “Mata Najwa”, putri dari KH. Quraish Shihab ini selalu muncul dengan pemikiran-pemikirannya yang cerdas. Terlepas dari berbagai kekaguman publik padanya, Najwa Shihab juga kerap menjadi inisiator dalam beberapa kampanye di KitaBisa.

Melalui KitaBisa, tidak sedikit para influencer dan orang-orang terkenal seperti Najwa Shihab yang memanfaatkan popularitasnya untuk tujuan yang positif. Lewat penggalangan dana, wanita yang lebih akrab disapa Mbak Nana itu berhasil mengumpulkan ribuan Orang Baik untuk sama-sama berbagi bagi mereka yang membutuhkan. Simak beberapa kampanye KitaBisa Najwa Shihab berikut ini!

Gerakan Kirim Budi

Sebagai sosok yang concern terhadap dunia pendidikan tanah air, Najwa Shihab melakukan langkah nyata dengan mendukung Gerakan Kirim Budi. Kampanye yang dilakukannya pada tahun 2018 silam ini adalah bentuk keprihatinannya terhadap pendidikan anak-anak yang berada di daerah. Kebanyakan siswa-siswa yang tinggal di daerah terpencil kekurangan referensi untuk belajar.

Padahal, banyak anak-anak yang tinggal di daerah memiliki mimpi besar. Ada yang ingin menjadi polisi, dokter, bahkan tentara. Koneksi internet yang belum merata menjadi salah satu penyebab sulitnya mereka memperoleh referensi tambahan berupa materi pelajaran.

Oleh Najeela Shihab, sang kakak, Najwa kemudian diajak melakukan inisiatif yang diberi nama #KirimBudi. Kampanye ini adalah gerakan patungan untuk membeli 10.000 flash disk berisi materi dan referensi pendidikan yang akan dikirimkan ke anak-anak sekolah yang tinggal di pelosok. Hanya dengan menyumbang Rp100.000, Orang Baik bisa ikut mengirimkan satu buah flash disk.

Beruntunglah banyak Orang Baik yang terketuk pintu hatinya untuk membantu. Target awal yang hanya Rp10.000.000 ternyata berhasil dilampaui. Berkat 184 donasi dari Orang Baik, dana sebesar Rp35.351.410 berhasil disalurkan ke berbagai daerah di Indonesia. Tidak hanya materi pelajaran, di dalam flash disk juga ada video profesi yang diisi oleh influencer tanah air lainnya, termasuk Tulus, Andien, Tatjana Saphira, dan masih banyak lagi.

Patungan Biaya Pendidikan Korban Salah Tangkap

Kasus salah tangkap bukanlah hal baru di Indonesia. Salah satunya dialami oleh Arga alias Ucok, Fatahillah, dan Fikri beberapa tahun silam. Ketiga pemuda yang berprofesi sebagai pengamen itu dituduh ikut serta dalam tindakan pembunuhan terhadap pengamen lain. Sempat mendekam di balik jeruji besi, Mahkamah Agung akhirnya membebaskan mereka karena terbukti tidak bersalah.

Najwa Shihab sendiri sudah pernah mengulas kasus ini pada tahun 2014 dalam acara Mata Najwa yang dipandunya. Sayangnya, upaya Arga dan teman-temannya untuk mendapatkan ganti rugi harus kandas karena hakim menganggap kasusnya sudah kedaluwarsa. Padahal, akibat hukuman yang tidak seharusnya mereka terima, Arga dkk harus kehilangan masa remaja dan terpaksa putus sekolah.

Bekerja sama dengan LBH di Jakarta, Najwa ingin anak-anak itu kembali mendapatkan apa yang mereka impikan dengan kembali ke bangku sekolah. Bersama KitaBisa, Najwa Shihab mengadakan kampanye dengan target Rp150.000.000. Dana itu nantinya akan digunakan untuk membantu pendidikan ketiga pengamen muda itu.

Lagi-lagi, Najwa berhasil mengajak lebih banyak Orang Baik untuk ikut berpartisipasi. Dari target, dana akhir yang berhasil diperoleh pada akhir kampanye ternyata lebih dari Rp190 juta. Ini tentu menjadi kabar gembira, tidak hanya bagi Najwa Shihab sendiri, tetapi juga untuk Arga dan kawan-kawan.

Dana yang terkumpul digunakan untuk mendaftarkan Arga, Fatahillah, dan Fikri ke sekolah lagi untuk ikut ujian kesetaraan. Tak hanya itu, mereka juga mendapatkan uang saku bulanan sebesar Rp500.000 selama masih menempuh pendidikan.

Ada banyak sosok yang mungkin lebih populer dari Najwa Shihab. Namun, lewat kampanye KitaBisa Najwa Shihab, Mbak Nana berhasil menunjukkan bahwa pengaruhnya bisa mendatangkan dampak positif bagi banyak orang.