Sedekah

Rahasia Shadaqah 2,5 Persen untuk Bekal di Surga

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Shadaqah atau sedekah sebenarnya diambil dari bahasa Arab shadaqoh yang artinya memberikan. Hal ini sebenarnya tidak diwajibkan. Hukumnya sunah. Bila dilaksanakan mendapat pahala dan jika tidak juga tidak apa-apa atau tidak mengakibatkan dosa. Biasanya mereka bersedekah karena untuk mendapatkan ridho dari Allah.

Tapi sebelum diberikan kepada orang lain yang membutuhkan, utamakan dahulu sanak saudara atau kerabat dekat. Jauh lebih baik sedekah diberikan kepada orang yang sangat membutuhkan uluran tangan kita.

 

Cara Penghitungan Sedekah

shadaqah 2,5 persen

Cara penghitungannya sedekah sangat mudah. Misalnya kamu ingin sedekah hasil penghasilan selama sebulan sebesar 1 juta rupiah. Niat sedekah sesuai dengan anjuran agama, sebesar 2,5% dari penghasilan. Berarti;

2,5% X 1 juta rupiah = 25.000 Rupiah

Jadi hanya 25.000 rupiah dari penghasilan 1 juta rupiah. Secara fisik penghasilan kamu akan berkurang 25.000 rupiah menjadi  975.000 rupiah. Namun secara metafisik uang kamu sebenarnya 975.000 rupiah + 250.000 rupiah. Allah menjanjikan setiap sedekah minimal dikalikan 10. Jadi jumlah semuanya adalah 1.225.000 rupiah. Semua itu sudah mencakupi kehidupan secara lahir dan batin.

Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda, “Sedekah itu tidak akan mengurangi harta. Allah swt. akan menambah kemuliaan kepada hamba-Nya yang pemaaf. Dan bagi hamba yang tawadhu’ karena Allah SWT akan mengangkat (derajatnya).

Kesimpulannya, agama Islam memperlakukan 3 jenis zakat manifestasi dari segala anjuran tersebut, yakni zakat harta, setahun sekali 2.5% dari semua jumlah harta, dan zakat penghasilan, perniagaan, perkebunan, dan lain-lain sebesar 2,5% per bulannya. Dan zakat fitrah 2,5 kg beras per jiwa setiap tahun. Allah akan 10 kali lipat, bahkan 700 kali lipat memberikan pahala untuk kamu yang bersedekah.

 

Macam-Macam Serta Manfaat Rahasia Sedekah

shadaqah 2,5 persen

Seseorang yang melakukan sahdaqah akan mendapatkan berbagai keberkahan dan manfaat. Selain pahala yang berlimpah, berikut adalah macam-macam manfaat dari bersedekah.

  1. Kematian

    Rasulullah SAW bersabda:
    Sedekah dapat menolak kematian yang buruk. (Al-Wasail 6: 255, hadits ke 2)

  2. Bertambahnya rezeki

    Rasulullah SAW bersabda:
    “Bersedekahlah kalian, karena sesungguhnya sedekah dapat menambah harta yang banyak. Maka bersedekahlah kalian, niscaya Allah menyayangi kalian.” (Al-Wasail 6: 255, hadits ke 11)

  3. Bahaya

    Rasulullah SAW bersabda:
    Mulai pagi harimu dengan sedekah, barangsiapa yang memulai pagi harinya dengan sedekah ia tidak akan terkena sasaran bala. (Al-Wasail 6: 257, hadits ke 15)

  4. Keimanan

    Imam Ja’far Ash-Shadiq (sa) berkata:
    “Tidaklah sempurna keimanan seorang hamba sehingga ia melakukan empat hal: Berakhlak baik, bersikap dermawan, menahan karunia dari ucapan, dan mengeluarkan karunia dari hartanya.” (Al-Wasail 6: 259, hadits ke 21)

  5. Perang Uhud

    Imam Ja’far Ash-Shadiq berkata bahwa Allah Swt berfirman:
    “Segala sesuatu Aku wakilkan pada orang selain-Ku untuk menggenggamnya kecuali sedekah, Aku sendiri dengan tangan-Ku yang mengambilnya, sekalipun seseorang bersedekah dengan satu biji korma atau sebelah biji korma. Kemudian Aku menambahkan baginya sebagaimana ia menambahkan sebelum meninggalkan. Kemudian saat ia datang pada hari kiamat ia mendapat pahala seperti pahala perang Uhud bahkan lebih besar dari pahala perang Uhud.” (Al-Wasail 6: 265, hadits ke 7)

  6. Penjagaan Allah Sepanjang Hari

    Imam Ja’far Ash-Shadiq (sa) berkata:
    “Awali pagi harimu dengan sedekah, gemarlah bersedekah. Tidak ada seorang mukmin pun yang bersedekah karena mengharapkan apa yang ada di sisi Allah untuk menolak keburukan yang akan turun dari langi ke bumi pada hari itu, kecuali Allah menjaganya dari keburukan apa yang akan turun dari langit ke bumi pada hari itu.” (Al-Wasail 6: 267, hadits ke 3)

  7. Mengubah Takdir

    Shadaqah dapat menolak atau mengubah takdir yang sebelumnya telah ditetapkan untuk seseorang.

  8. Penolak Hari Nahas

    Dalam sebuah hadits disampaikan bahwa sedekah dapat menyelematkan seseorang dari hari nahas. Dengan mengawali hari untuk bersedekah, orang tersebut akan terhindar dari hari nahas.

 

Sedekah Anak Yatim Bingkisan Lebaran 1440

shadaqah 2,5 persen

Berdasarkan penjelasan di atas, sedekah membawa berbagai manfaat baik untuk pelaku sedekah ataupun penerimanya. Kamu bisa mulai untuk bersedekah dengan membantu anak-anak Yatim Rumah Bintang Indonesia dengan mengunjungi Kitabisa. Rumah Bintang Indonesia adalah lembaga sosial nirlaba di daerah Bandung. Rumah Bintang Indonesia bergerak di bidang  pendidikan, peningkatan gizi dan kesehatan untuk semua. Berdiri sejak tahun 2009 dan sampai saat ini telah berhasil menyalurkan bantuan ke berbagai daerah, antara lain di Cikalong Wetan, Kab. Bandung, Garut, Sumedang, berbagai tempat pemukiman kumuh di kota Bandung. Bagi Yatim Rumah Bintang Indonesia, semua anak memiliki hak yang sama untuk bahagia, hak yang sama untuk mendapatkan Pendidikan dan Kesehatan yang berkualitas.

Ditulis Oleh: Ageng Wuri


Selain mendapatkan pahala yang berlipat, sedekah juga membawa berbagai manfaat. Kamu dapat mulai bersedekah melalui Kitabisa. Dengan Kitabisa, kamu bisa berbagi dengan cepat dan mudah. Yuk mulai bersedekah dari sekarang!

banner_donasi_sedekah

Comments are closed.