Ribuan Netizen Patungan untuk Bantu Baby Rafa

Rafaella Angelique Barus (Rafa), bayi kecil berusia 8 bulan dari pasangan Ricky Barus dan Maria Hartung. Sejak masih di usia kandungan 7 bulan, Baby Rafa didiagnosa terkena Retinablastoma, yaitu kanker yang menyerang retina di mata sebelah kirinya. Namun diagnosa tersebut baru dapat dipastikan melalui serangkaian tes sesudah ia dilahirkan.

95b03d82caed1415ccab0273980f674d313668fe
Baby Rafa lahir tanggal 30 Mei 2016 melalui operasi caesar supaya matanya yang membengkak tidak terjepit jalan lahir. Ketika usianya menginjak 3 bulan, Baby Rafa menjalani MRI dan serangkaian tes lainnya untuk memastikan diagnosa penyakit sebelumnya.

Hasilnya, dokter mendiagnosa terdapat kista pada mata kirinya. Pada saat usia Rafa mencapai 5,5 bulan, dokter melakukan operasi untuk mengangkat kista pada mata kirinya. Operasinya berjalan lancar, namun ternyata bola mata sebelah kirinya tidak ditemukan sehingga kelopak mata Baby Rafa harus dijahit.

Tim dokter RSCM melanjutkan pemeriksaan terhadap jaringan kista yang diangkat. Tes patologi Anatomi (PA) yang dilakukan menunjukkan bahwa Baby Rafa terkena Teratoma Imatur atau tumor sel germinal yang ganas. Dokter pun menyarankan Baby Rafa supaya melakukan kemoterapi sekitar 4 kali dengan durasi 3 minggu sekali.

d55822cc10c1ef06e08d93aeb0e7cfae9d3ffdb6

Teratoma Imatur lazimnya menyerang ovarium ibu, namun kali ini justru menyerang Baby Rafa ketika masih di dalam kandungan. Dokter menyatakan penyakit ini sebagai penyakit langka dan tidak dapat dipastikan secara spesifik pengobatan apa yang harus dilakukan. Biaya yang dibutuhkan hingga Baby Rafa bisa pulih pun tidaklah sedikit. Menurut keluarga para penderita kanker, biayanya bisa mencapai lebih dari 500 juta rupiah.

Teman dari Ibu Baby Rafa kemudian galang dana untuk bantu biaya pengobatan anaknya di halaman kitabisa.com/bantubayirafa. Hingga saat ini ribuan #OrangBaik sudah berdonasi mengumpulkan dana lebih dari 350 juta rupiah. Banyak juga donatur yang mendoakan Rafa. “Semoga berhasil operasinya dan sembuh total.” ucap salah satu donatur. “Semoga cepet sembuh ya, Rafa. Untuk papa dan mama Rafa, semoga selalu sabar dan tetap semangat untuk Rafa.” dukungan dari donatur yang lain.

2

Capture

Kini Baby Rafa sedang menjalani pengobatan lanjutan supaya benar-benar pulih dari penyakitnya. Ia menjalani serangkaian tes seperti tes darah, USG, dan juga foto rontgen organ dalam. Seluruh hasil tes akan diberikan kepada tim dokter onkologi di RSCM untuk menjadi bahan persiapan kemoterapi Rafa.


*Kalian ingin membantu anak-anak seperti Baby Rafa? Galang dana untuk bantu mereka sekarang juga di https://ktbs.in/yukgalangdana