Ribuan #OrangBaik Renovasi Masjid Pelosok Garut

Salah satu masjid di pelosok Garut ini kondisinya sangat memprihatinkan dan terancam ambruk. Bersama Masjid Nusantara, ribuan #OrangBaik bantu renovasi Masjid dengan cara berdonasi di Kitabisa. Kini, para jamaah bisa beribadah dengan nyaman.


Masjid Sirojul Huda terletak di pelosok Garut, tepatnya di Kampung Kalapeu, Karang Sewu, Cisewu, Garut. Waktu yang dibutuhkan untuk mencapai lokasi masjid sekitar 6 jam perjalanan dari Kota Garut. Medan yang dilalui pun sangat berat, karena jalanan masih berupa tanah dan bebatuan. 

 

Kondisi Masjid yang Hampir Rubuh

masjid rubuh

Masjid yang berada di pedalaman Garut ini kondisinya sangat memprihatinkan. Selain sempit, atapnya juga terancam ambruk. Dinding semi permanen yang terbuat dari kayu itu sudah lapuk dan keropos. Terdapat banyak lubang yang ditutupi atau ditambal dengan kayu seadanya. 

Saat hujan turun, masjid pun sering bocor di beberapa titik. Warga yang sedang beribadah di masjid selalu basah lantaran terkena cipratan air dari atap yang bocor. Tak jarang, hujan deras membuat air masuk ke dalam dan menggenangi masjid. 

Masjid Sirojul Huda berukuran 6×6 meter setelah direnovasi pada tahun 2009. Renovasi masjid dilakukan karena ukuran masjid saat itu sudah tidak mampu menampung semua jamaah yang ada. Sebanyak 43 KK melakukan aktivitas ibadah di masjid ini. Setiap harinya, para warga berdesakan sholat lima waktu, sholat jumat, tarawih, sholat Ied di masjid tersebut. Belum lagi anak-anak mengaji dengan penerangan yang seadanya.

Upaya Warga untuk Renovasi Masjid

Warga terpaksa menerima kondisi masjid yang memprihatinkan. Untuk renovasi masjid, sebenarnya mereka telah mengupayakan berbagai cara. Warga telah mengajukan proposal ke berbagai instansi, bahkan mereka juga telah berusaha menyisihkan sebagian penghasilan mereka untuk merenovasi masjid. Sayangnya, penghasilan mereka yang mayoritas sebagai buruh tani kapol dan kopi hanya bisa membuat pondasi penahan tanah.

 

Renovasi Masjid Pelosok Garut Bersama Ribuan #OrangBaik

renovasi masjid garut

Melalui galang dana di Kitabisa, Masjid Nusantara membantu pembangunan Masjid Sirojul Huda. Galang dana tersebut merupakan bagian dari Program Masjiku Kokok dari Yayasan Masjid Nusantara. Dana yang terkumpul di galang dana ini disalurkan untuk merenovasi bangunan masjid. 

Ribuan #OrangBaik turut membantu pembangunan masjid pelosok Garut tersebut dengan cara berdonasi. Secara bertahap, renovasi masjid mulai dilakukan. Warga sekitar menyambut suka cita renovasi masjid tersebut. Mereka bergotong royong, membantu secara sukarela pembangunan masjid.

Jamaah Masjid Bisa Beribadah dengan Nyaman

pembangunan masjid

Setelah melalui proses pembangunan yang panjang, kini Masjid Sirojul Huda di pelosok Garut telah berdiri kokoh. Tidak ada lagi atap dan tembok yang berlubang. Alat penerangan sudah dipasang secukupnya, agar anak-anak dapat belajar mengaji dengan lebih nyaman. Warga pun bisa melaksanakan ibadah dengan lebih tenang dan nyaman. Semua ini dapat terwujud berkat bantuanmu, #OrangBaik!


Berbagi kebahagiaan untuk sesama yang membutuhkan. Yuk, donwload aplikasinya sekarang dan mulai sebarkan kebaikan untuk mereka yang membutuhkan dengan donasi di Kitabisa.

download aplikasi kitabisa