Ruang Ilmu, Ruang Belajar bagi Anak-Anak di Cikarang Timur

  • Rumah Baca adalah tempat belajar anak-anak yang dibuka oleh warga di Cikarang Timur, Bekasi,  agar anak-anak bisa belajar dengan biaya yang terjangkau.
  • Berdiri sejak 2016, Rumah Baca berkembang menjadi sekolah yang mempersiapkan anak-anak untuk masuk SD yang dibantu seorang relawan dan menggunakan buku-buku bekas.
  • Pekan lalu telah dilakukan peresmian Ruang Ilmu Rodalangit yang membantu sarana pembelajaran agar anak-anak semangat untuk belajar.
  • Dukung kegiatan Rumah Baca melalui kitabisa.com/rumahbacacikarang agar lebih banyak lagi anak-anak yang terbantu mengikuti kegiatan Rumah Baca. 

Jakarta, 19 November 2020 – Belajar membaca dan menulis adalah pelajaran dasar yang harus ditempuh anak-anak. Pelajaran dasar ini harus diterapkan secara rutin untuk melatih kemampuan membaca dan menulis. Namun sayang, ada banyak anak-anak tidak mendapat akses belajar dua hal tersebut.

Rumah Baca adalah tempat belajar anak-anak yang dibuka oleh warga di Cikarang Timur, Bekasi,  agar anak-anak bisa belajar dengan biaya yang terjangkau. Dibentuk oleh salah seorang warga Desa Labansari, Cikarang Timur, Rumah Baca adalah bentuk kepedulian bagi akses pendidikan yang jauh dari desa tersebut. 

Berdiri sejak 2016, Rumah Baca berkembang menjadi sekolah yang mempersiapkan anak-anak untuk masuk SD yang dibantu seorang relawan dan menggunakan buku-buku bekas.

Rumah Baca sempat tutup selama beberapa tahun karena tidak adanya pengajar dan peralatan untuk belajar, kemudian kembali dibuka pada tahun 2018. Walau hanya bermodal buku bekas dan diajar oleh seorang relawan, Rumah Baca bertahan. Kini, Rumah Baca telah memiliki 20 orang anak yang belajar membaca dan menulis.

Impian anak-anak yang belajar disana adalah memiliki media belajar seperti buku tulis, alat tulis, dan buku paket sekolah yang baru. 

Berkat uluran tangan orang baik untuk mendukung pendidikan anak-anak di desa tersebut, telah dilakukan peresmian Ruang Ilmu Rodalangit yang membantu sarana pembelajaran agar anak-anak semangat untuk belajar pada pekan lalu. Di dalamnya dilengkapi buku-buku yang lengkap bagi anak-anak setempat untuk belajar. Ini antusiasme anak-anak dan warga setempat saat menyaksikan peresmian Ruang Ilmu. Tak hanya itu, anak-anak pun mendapatkan hadiah seragam sekolah dan alat tulis baru.

Dukung kegiatan Rumah Baca melalui kitabisa.com/rumahbacacikarang agar lebih banyak lagi anak-anak yang terbantu mengikuti kegiatan Rumah Baca.