Cerita #OrangBaik

Rumah Sakit Apung Pertama di Indonesia oleh doctorSHARE

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Seperti yang kita tahu, Indonesia adalah negara kepulauan. Kondisi geografis ini menyebabkan beberapa fasilitas umum belum berkembang secara rata, terutama di daerah-daerah terpencil atau pelosok. Salah satu masalah utama yang ditemukan adalah kurangnya fasilitas atau pelayanan kesehatan, termasuk rumah sakit.

Bagi masyarakat yang tinggal di pulau-pulau besar di Indonesia, mungkin mendapatkan layanan kesehatan sangatlah mudah. Namun, bagi warga yang hidup di pelosok Indonesia, akses kesehatan menjadi hal yang sulit ditemukan. Lokasi-lokasi tersebut sulit dijangkau sehingga akses kesehatan yang ada juga belum memadai. Fasilitas kesehatan menjadi suatu hal yang mahal bagi masyarakat di sana. Berangkat dari latar belakang ini, Dr. Lie Dharmawan berinisiasi menyediakan layanan kesehatan gratis untuk warga di pulau-pulau terpencil di Indonesia.

 

Layanan Kesehatan Gratis Dr. Lie

dr. lie dharmawan
Sumber: Instagram doctorSHARE

Dr. Lie Dharmawan selalu ingat dengan pesan sang ibu untuk selalu berbagi kepada mereka yang membutuhkan. Dengan mendirikan Yayasan Dokter Peduli atau doctorSHARE, Dr. Lie menjalankan amanah sang ibu. Melalui organisasi kemanusiaan ini, Dr. Lie memberikan pelayanan kesehatan dan bantuan kemanusian. doctorSHARE berusaha membantu masyarakat yang tidak memperoleh akses kesehatan gratis. 

Tidak hanya berdiam di satu titik, Dr. Lie bersama doctorSHARE mendatangi daerah-daerah terpencil untuk memeriksa dan mengobati para warga setempat. Semua itu dilakukan secara gratis, tanpa biaya sedikit pun. 

 

doctorSHARE Penolong Kesehatan Masyarakat

doctorSHARE
Sumber: Instagram doctorSHARE

Organisasi yang dibentuk oleh Dr. Lie Dharmawan ini berfokus pada pelayanan kesehatan dan bantuan kemanusiaan. Sejak tahun 2009, doctorSHARE rutin memberikan bantuan kesehatan bagi masyarakat yang membutuhkan di seluruh Indonesia. Hingga kini, organisasi ini didukung oleh beberapa tenaga ahli yang terdiri dari ahli bedah, dokter, perawat, serta profesional seperti jurnalis, administrator, fotografer, desainer, ahli teknologi informasi, wiraswasta, dsb. Semua yang terlibat bekerjasama untuk menyediakan pelayanan kesehatan yang terbaik bagi masyarakat di pelosok negeri.

 

Rumah Sakit Apung Milik doctorSHARE

rumah sakit apung
Sumber: Instagram doctorSHARE

Tidak hanya memberikan pelayanan kesehatan gratis, Dr. Lie bersama doctorSHARE juga membangun Rumah Sakit Apung (RSA) milik swasta pertama di Indonesia. RSA ini ditujukan untuk mempermudah masyarakat mendapatkan akses kesehatan yang layak. Melalui Rumah Sakit Apung ini, Dr. Lie berusaha menjawab kebutuhan warga pra-sejahtera di pulau terpencil di Indonesia yang sulit mendapatkan akses kesehatan. 

Sejak tahun 2013, Rumah Sakit Apung telah berlayar ke pulau-pulau kecil di seluruh nusantara. Tak hanya memberikan pengobatan atau perawatan sederhana bagi ribuan penduduk Indonesia, RSA juga telah melakukan ratusan bedah mayor dan minor. 

Hingga kini, doctorSHARE telah memiliki 3 Rumah Sakit Apung yang berlayar di beberapa titik di Indonesia. Ketiga RSA tersebut adalah:

  1. RSA Dr. Lie Dharmawan
  2. RSA Nusa Waluya I
  3. RSA Nusa Waluya II

Seluruh Rumah Sakit Apung dilengkapi berbagai fasilitas kesehatan, mulai dari ruang rontgen, elektrodiagram (EKG), ultrasonografi (USG), laboratorium, kamar bedah, serta ruang perawatan. RSA Nusa Waluya I bahkan memiliki klinik gigi sementara RSA Nusa Waluya II dilengkapi dengan ruang pemeriksaan gigi dan mata, serta farmasi. Semua kelengkapan alat kesehatan disediakan untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.

 

Program-program Pengembangan Rumah Sakit Apung doctorSHARE

rumah sakit gratis
Sumber: Instagram doctorSHARE

Selain membuat program inovatif RSA, doctorSHARE juga mengembangkan beberapa program lainnya untuk membantu dan memudahkan masyarakat. 

Membuka Akses Kesehatan

  1. Pendampingan Kesehatan bagi Masyarakat

    Program ini memberikan berbagai jenis pendampingan kesehatan agar para warga terhindar dari risiko penyakit. Melalui program pendampingan, masyarakat diharapkan dapat menumbuhkan sikap mandiri dalam menjaga kesehatan pribadi dan keluarganya. Program ini disampaikan secara interaktif pada orangtua dan anak-anak.

  2. Kampanye Medis

    Secara rutin, doctorSHARE memberikan laporan medis, berupa buletin atau artikel tentang masalah gizi dan kesehatan di Indonesia untuk mengkampanyekan masalah dan solusi kesehatan bagi masyarakat. 

  3. Pengobatan Cuma-cuma

    Secara berkala, doctorSHARE melakukan kegiatan pengobatan gratis bagi masyarakat yang hidup prasejahtera. Pelayanan kesehatan gratis yang diberikan terdiri dari pengobatan umum, bedah minor hingga mayor.

  4. Bantuan Kemanusiaan dan Bencana

    doctorSHARE berupaya untuk memberikan bantuan kemanusiaan berupa layanan medis dan emergensi bagi para korban bencana alam di seluruh Indonesia.

Pemberdayaan Masyarakat

Program ini menyediakan Panti Rawat Gigi untuk merawat anak-anak dengan status gizi buruk dan gizi kurang. Dengan begitu, status gizi anak dapat diperbaiki serta mengubah pola hidup orangtua menjadi pola hidup yang bersih dan sehat.


Rumah Sakit Apung telah berupaya untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Indonesia. Kamu bisa dukung kegiatan-kegiatan mereka dengan cara berdonasi di Kitabisa. Klik gambar di bawah ini.

rsa dr.lie

Comments are closed.