Rusak Berat dan Sering Disambangi Hewan Ternak, Kini Sekolah Pelosok Al-Ihsan Telah Selesai Diperbaiki

  • Sekolah Pelosok Yayasan Al-Ihsan di Kabupaten Maros merupakan sekolah satu-satunya di daerah tersebut yang jaraknya 5KM dari rumah siswa.
  • Sekolah tersebut mengalami kerusakan yang berat. Bahkan, tak jarang, hewan ternak masuk ke dalam ruangan kelas saat kegiatan belajar mengajar.
  • Panti Asuhan LKSA Nurul Ihsan menggalang dana untuk membantu perbaikan gedung sekolah.
  • Berkat solidaritas dari ribuan orang baik, sekolah Pelosok Yayasan Al-Ihsan telah selesai direnovasi.

Jakarta, 4 November 2020 – Sekolah Pelosok Yayasan Al-Ihsan di Kabupaten Maros merupakan sekolah satu-satunya di daerah tersebut yang jaraknya 5KM dari rumah siswa. Namun sekolah satu-satunya tersebut masih menjadi tempat yang tidak layak untuk kegiatan belajar mengajar. 

Sekolah tersebut menjadi tempat belajar bagi 173 siswa SD dan SMP. Namun, sekolah tersebut mengalami kerusakan yang berat. Bahkan, tak jarang, hewan ternak masuk ke dalam ruangan kelas saat kegiatan belajar mengajar dan meninggalkan kotoran berbau tak sedap. Jika hujan deras, para siswa terpaksa mengungsi karena takut bangunan roboh. 

Sekolah yang dibangun pada tahun 2009 ini belum pernah direnovasi sejak pertama kali dibangun. Namun untuk merenovasi butuh dana yang besar, sedangkan dana urunan dari orang tua siswa tak mencukupi. 

Berkat solidaritas dari ribuan orang baik, sekolah Pelosok Yayasan Al-Ihsan telah selesai direnovasi.

Panti Asuhan LKSA Nurul Ihsan menggalang dana untuk membantu perbaikan gedung sekolah. Donasi yang terkumpul sebesar Rp 48.714.312 disalurkan ke dalam program ‘Bangun Sekolah Pelosok Al-Ihsan’. Berbagai perbaikan dilakukan seperti membangun kembali gedung yang hampir roboh dengan menggunakan material yang lebih kuat, mengganti atap yang bocor.

Selain itu, perlengkapan sekolah pun diperbarui. Dari donasi yang terkumpul, sebagian digunakan untuk pembelian kursi dan meja yang baru. 

Inilah keadaan Sekolah Pelosok Yayasan Al-Ihsan Maros:

Proses pembangunan dan renovasi gedung sekolah
Pengurus sekolah dan relawan LKSH Nurul Ihsan
Jendela yang sudah rusak dan menganga kerap kali dimasuki oleh hewan ternak.

Berikut adalah tampilan sekolah yang sudah diperbaiki:

Lantai kini sudah diratakan dengan semen.
Sebagian dari donasi yang terkumpul digunakan untuk keperluan membeli perlengkapan sekolah
Program Bangun Sekolah Pelosok adalah program untuk membangun sekolah di daerah-daerah terpencil
Ruangan kelas kini lebih rapi, dan tidak ada ruangan yang rusak dan bocor

Solidaritas dari ribuan orang baik telah membuat anak-anak di Maros semakin semangat belajar untuk mencapai cita-citanya. Terima kasih untuk semua orang baik yang telah membantu mereka mewujudkan impian memiliki sekolah yang layak.