Rutin Sedekah Subuh 40 Hari dengan Ragam Cara Ini!

Sebagaimana diketahui, sedekah ketika subuh lebih utama dibanding waktu yang lain. Waktu subuh dianggap lebih istimewa karena pada saat inilah Allah menurunkan malaikat ke bumi. Sementara di sisi lain, di waktu ini pulalah manusia sering kali masih bergelung di bawah selimut karena kantuk dan dinginnya udara pagi. 

Oleh karenanya, amalan di waktu subuh terbilang lebih istimewa dan dahsyat, mengingat untuk bisa melakukannya dibutuhkan banyak pengorbanan—termasuk juga untuk bisa istiqomah bersedekah subuh. Setidaknya, kamu harus bangun sebelum subuh, melawan kantuk dan dinginnya pagi, serta bergegas untuk pergi ke masjid atau tempat lain guna memberikan sedekah sebelum matahari terbit. 

Meski demikian, sebanding dengan pengorbanannya, kamu pun bisa diganjar dengan pahala melimpah dan berbagai manfaat lain. Sebut saja, dijauhkan dari api neraka, harta menjadi lebih berkah, dimudahkan segala urusan, serta dikabulkan segala hajat. 

Nah, sebagai bentuk pembiasaan, tak ada salahnya jika kamu membuat challenge sedekah subuh selama 40 hari. Konon, segala aktivitas bisa menjadi kebiasaan yang melekat pada diri ketika telah dilakukan selama kurang lebih 40 hari. Tertarik untuk mencoba? Berikut beberapa cara sedekah subuh 40 hari yang bisa kamu lakukan. 

1. Infaq di Masjid saat Shalat Subuh

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa salah satu keutamaan amalan di waktu subuh adalah disaksikan oleh malaikat. Hal ini dijelaskan dalam firman Allah Swt., yang berbunyi:

“Dirikanlah shalat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula shalat) subuh. Sesungguhnya shalat subuh itu disaksikan (malaikat).” (QS. Al-Isra : 78) 

Tak hanya itu, Rasullulah pun bersabda terkait keutamaan bersedekah di waktu subuh, yang diriwayatkan dalam sebuah hadis berikut:

“Tidak ada suatu hari pun ketika seorang hamba melewati paginya kecuali akan turun (datang) dua malaikat kepadanya lalu salah satunya berkata; “Ya Allah berikanlah pengganti bagi siapa yang menginfakkan hartanya”, sedangkan yang satunya lagi berkata; “Ya Allah berikanlah kehancuran (kebinasaan) kepada orang yang menahan hartanya (bakhil) “. (HR. Bukhari No. 1351, HR. Muslim No. 1677)

Berdasar pada dua dalil tersebut, usahakan setiap pagi kamu bisa salat subuh tepat waktu di masjid. Kemudian, bisa dilanjutkan dengan berdzikir dan bersedekah. 

2. Menyiapkan Celengan Khusus Sedekah Subuh

Bagi kamu, khususnya kaum wanita yang shalat di rumah, bisa bersedekah subuh dengan menyiapkan celengan khusus. Siapkan celengan dan tuliskan “Sedekah Subuh” beserta hajat khusus yang diinginkan. Kemudian, letakkan celengan tersebut di tempat yang mudah terlihat agar kamu tidak lupa untuk mengisinya setiap waktu subuh. 

Setelah dalam kurun waktu tertentu, misalnya satu bulan, buka celengan dan hitung dana yang terkumpul. Terakhir, tentukan sasaran atau ke mana dana sedekah tersebut akan disalurkan. Apakah akan disumbangkan ke masjid, panti asuhan, kaum duafa, atau aksi sosial lain. 

3. Sedekah Makanan untuk Fakir-Miskin di Sekitar Lingkungan Rumah

Dalam rentang 40 hari, sesekali kamu bisa bersedekah dengan cara membagi-bagikan makanan untuk orang sekitar. Misalnya, setiap hari jumat, kamu bisa memasak sendiri atau memesan, dan kemudian bagikan makanan tersebut pada orang-orang. Utamanya, mereka yang tergolong kaum fakir-miskin, duafa, atau bahkan yang berprofesi sebagai tukang becak, penyapu jalanan, atau lainnya. 

4. Bersedekah via Platform Amal dan Dompet Digital

Seiring dengan hadirnya berbagai jenis dompet digital dan platform yang bergerak di bidang sosial/amal, masyarakat makin dimudahkan untuk bersedekah. Kini, kamu bisa bersedekah dari rumah dan tidak perlu repot mencari sasaran untuk menyalurkan dana sedekahnya. 

Salah satu yang direkomendasikan adalah aplikasi Kitabisa. Sebagai platform yang bergerak di bidang penggalangan dana dan aksi sosial, aplikasi ini bisa menjadi pilihan tepat untuk menemani program sedekah subuh selama 40 hari. Cukup dengan menginstal aplikasi di smartphone, buat akun, pilih jenis aksi sosial atau sasaran, dan kamu pun bisa mulai bersedekah. 

Aplikasi ini sendiri menawarkan beberapa kelebihan, seperti adanya fitur pengingat untuk sedekah subuh. Kemudian, terdapat pula kolom untuk menuliskan hajat atau doa sehingga nantinya bisa turut diamini oleh pengguna lain. Terakhir, aplikasi ini tidak menuntut pengguna untuk bersedekah dengan nominal besar karena kamu bahkan bisa berinfaq mulai dari Rp1000. Yang terpenting adalah bagaimana kamu bisa konsisten atau istiqomah dalam sedekah subuh. Itulah beberapa cara sedekah subuh 40 hari yang bisa dilakukan. Dalam praktiknya, kamu bisa melakukannya secara selang-seling agar tidak terlalu monoton. Yang terpenting, bisa konsisten untuk bersedekah di 40 hari pertama dan seterusnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *