Kesehatan

Salah Satu Penyakit Langka, Apakah Penyakit GBS Bisa Disembuhkan?

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Guillain Barre Syndrome (GBS) termasuk penyakit langka dan terjadi hanya 1 atau 2 kasus per 100.000 di dunia tiap tahunnya. GBS sendiri merupakan kumpulan gejala kelemahan pada anggota gerak dan kadang-kadang dengan sedikit kesemutan pada lengan atau tungkai, disertai menurunnya refleks.

Selain itu kelumpuhan dapat juga terjadi di otot-otot penggerak bola mata sehingga penderita melihat satu objek menjadi dua yang dapat disertai gangguan koordinasi anggota gerak. Penyakit ini juga merupakan kerusakan pada selaput yang meliputi saraf mielin. Mielin sendiri adalah selubung atau selaput yang melindungi saraf. Kerusakan mielin membuat syaraf tidak dapat berjalan dengan baik.

 

Penyebab Penyakit GBS

Salah Satu Penyakit Langka, Apakah Penyakit GBS Bisa Disembuhkan?

GBS ini tadinya dianggap sebagai neuroalergi yang menghasilkan berbagai bahan berbahaya. Terdapat perkiraan bahwa kumpulan gejala ini terjadi karena menurunnya daya kekebalan tubuh sendiri (auto imun), yang biasanya didahului oleh infeksi virus atau kuman-kuman yang menyebabkan infeksi saluran pernafasan atas dan diare yang melemahkan daya tahan tubuh (kekebalan) sehingga mengalami keluhan seperti kasus-kasus di atas. Sel sistem kekebalan menyerang sarung saraf (mielin) yang mengelilingi serabut saraf di seluruh saraf tepi.

banner_donasi_biaya_pengobatan

 

Cara Penanganan GBS 

Salah Satu Penyakit Langka, Apakah Penyakit GBS Bisa Disembuhkan?

Pengobatan untuk penyakit GBS dapat dilakukan dengan cara fisioterapi. Bagi kasus2 tertentu dapat juga dilakukan penggantian plasma dengan tujuan untuk menghilangkan efek menurunnya kekebalan (auto imun). Terapi ini akan dapat menyembuhkan penderita, selain itu dapat juga dilakukan infus imunoglobulin . Pada sebagian kasus tidak jarang penderita secara bertahap dapat pulang setelah dirawat beberapa lama. Sedangkan pada kasus-kasus tertentu, ada yang membutuhkan bantuan alat nafas (respirator) dan pada kasus yang sangat berat dengan gangguan nafas ada yang tidak tertolong.

Salah satu jalan untuk mencegah GBS adalah dengan mempertinggi daya tahan tubuh saat tidak sakit dengan cara mengonsumsi protein hewani dari daging dan ikan, nabati dari tempe dan tahu disertai sayur dan buah, sehingga diharapkan kita jarang terkena sakit influenza, karena daya tahan tubuh tinggi. Selain itu perlu juga menjaga kebersihan tubuh dengan mandi teratur dan cuci tangan bila mau makan untuk menghindari infeksi kuman, virus atau bakteri yang menyebabkan diare.

Ditulis Oleh: Shelia Lauvita


Kamu bisa beri dukungan untuk bantu mereka yang membutuhkan biaya pengobatan dengan cara berdonasi di Kitabisa. Kamu bisa berbagi kebaikan dengan cepat dan mudah lewat Kitabisa. Yuk, bantu mereka yang membutuhkan dengan klik gambar di bawah ini!

banner_donasi_biaya_pengobatan

Comments are closed.