#SalingBantu Menyediakan Tempat Singgah untuk Para Pejuang Medis Covid-19

 

  • Habitat for Humanity Indonesia galang dana bantu petugas medis dan petugas penanganan Covid-19 lainnya untuk dapatkan fasilitas singgah yang layak selama masa tugas penanganan pandemi Covid-19.
  • Sebanyak 203 petugas medis dari 6 rumah sakit di Jakarta dan Surabaya telah mendapatkan tempat istirahat yang layak.
  • Donasi untuk membantu para petugas penanganan Covid-19 dapat diakses pada laman kitabisa.com/habitatpejuangmedis

 

 

 

Jakarta, 4 Juni 2020 – Habitat for Humanity Indonesia membuka galang dana bantu petugas medis dan petugas penanganan Covid-19 untuk dapatkan fasilitas singgah yang layak selama masa tugasnya. Sampai dengan 27 Mei 2020, sebanyak 203 petugas medis dari Jakarta dan Surabaya sudah mendapatkan tempat istirahat yang layak.

“Saya tidak punya pilihan lain selain harus pulang ke rumah untuk beristirahat karena tempat istirahat di rumah sakit penuh. Saya harus berbesar hati menghadapi stigma masyarakat dan juga berjuang dengan rasa takut, saya dapat menularkan virus kepada anak dan istri”, tutur Denda, seorang perawat pasien Covid-19.

Petugas medis dan petugas penanganan Covid-19 lainnya mengalami kesulitan untuk beristirahat. Banyak penolakan yang terjadi ketika mereka pulang ke rumah setelah jam kerjanya. Mereka juga khawatir akan menyebarkan virus ke keluarga mereka, sehingga mereka memilih untuk beristirahat di rumah sakit dengan fasilitas yang sangat minim dan kapasitas yang tidak memadai.

“Jujur, saya selalu diliputi rasa takut tertular virus. Saya sangat bersyukur untuk kamar hotel yang diberikan untuk saya beristirahat, sehingga suami saya tidak perlu lagi menjemput setiap hari, dan saya tidak perlu kuatir dapat menularkan virus kepada keluarga”, ujar Rustiana, seorang petugas kebersihan.

Rustiana bertugas setiap hari untuk membersihkan 7 ruang pasien dengan menggunakan APD, masker 3 lapis dan juga sarung tangan sebanyak 5 lapis. Setiap pulang ke rumah ia harus berhati-hati dan membersihkan diri secara ekstra agar tidak menularkan virus kepada keluarganya.

fasilitas tempat istirahat untuk petugas medis

Kini berkat orang baik, Denda, Rustiana dan petugas medis dan penanganan Covid-19 lainnya sudah mendapatkan fasilitas istirahat yang layak dan nyaman. Masing-masing dari mereka mendapatkan kamar hotel untuk disinggahi setelah jam kerja.

“Terima kasih kepada Habitat Indonesia dan para donor yang telah memberikan saya tempat singgah yang nyaman.” tutup Rustiana.

Perjuangan masih belum selesai, hingga saat ini donasi yang terkumpul baru mengakomodasi sekitar 30 persen dari total 600 tempat singgah target awal untuk petugas medis dan petugas penanganan Covid-19.

Mari dukung terus para pejuang medis dan penanganan Covid-19 lainnya agar dapat tidur nyenyak setelah bertugas. Dukungan darimu masih ditunggu di laman kitabisa.com/habitatpejuangmedis.