Saya sudah post di semua media sosial dan broadcast WA, tapi kenapa tidak ada donasi yang masuk?

Salah satu bentuk support dari tim kitabisa kepada campaigner atau pemilik campaign adalah dengan menghubungi secara langsung via telpon sebagai bentuk konsultasi. Biasanya kami mulai dari pertanyaan tentang apa saja yang sudah dilakukan dan bagaimana evaluasinya.

Feedback yang paling sering kami temui salah satunya adalah para pemilik campaign mengatakan sudah campaign dengan menyebarkan link di sosial media dan juga broadcast di WA. Sayangnya setelah menyebarkan link tersebut, donasi yang diterima tidak bertambah.

Setelah kami analisa, berikut beberapa kesalahan saat campaign dan cara mudah mengatasinya.

#1 Link campaign disebarkan di sosial media yang jarang digunakan. Fokuslah di sosial media/aplikasi chat yang paling aktif Anda gunakan dan paling interaktif dengan jaringan terdekat Anda.


tumblr_ldywolUxyc1qawrzyo1_500

Contohnya jika Anda tidak pernah menggunakan Path sebelumnya, maka kecil kemungkinan donatur akan meng-klik link Anda dan berdonasi. Tapi jika setiap hari mungkin Anda membuka Facebook untuk berinteraksi dengan teman Anda, mulai dan fokuslah menggalang dana disana. Pastikan mereka tau Anda sedang menggalang dana dan minta mereka berdonasi di campaign Anda.

#2 Broadcast WA/BBM/Line di sebuah group, tapi tidak meminta anggota group tersebut membahas isi broadcast Anda. Buatlah percakapan, dapatkan perhatian anggota group WA/BBM/Line untuk membahas penggalangan dana Anda dan minta mereka berdonasi.

0048-broadcast

Jika Anda menyebarkan link di Group Whatsapp yang Anda ikuti dan aktif disana, mungkin beberapa orang di group akan membaca broadcast Anda dan klik link campaign yang Anda sebarkan. Tapi jika tidak, pesan Anda mungkin tidak akan terbaca.

Berdasarkan pengalaman kami, 80% orang akan ikut berdonasi jika Anda menghubungi mereka secara langsung. Jadi mulailah campaign lebih personal dengan fokus kepada calon donatur yang sudah mengenal Anda.

#3 Kalimat posting-an campaign di media sosial terlalu ‘jaim’ dan gengsi saat mengajak orang berdonasi. Berhentilah merasa seperti meminta-minta saat campaign. Anda sedang melakukan hal terpuji!

 

Screen Shot 2015-12-21 at 11.36.14 PM

Jangan gengsi meminta keluarga, sahabat, teman kantor, dan jaringan terdekat lain Anda untuk berdonasi karena Anda tidak sedang mengumpulkan uang untuk diri Anda sendiri.

Anda sedang menggalang dana untuk sebuah masalah sosial yang Anda ingin bantu. Jadi, maksimalkan fitur penggalang dana agar donasi yang bisa Anda salurkan bisa jauh lebih banyak.

 

Demikian 3 kesalahan saat campagin dan cara mudah mengatasinya. Semoga bisa segera Anda praktekkan agar donasi yang Anda terima bisa lebih maksimal.

 

giphy (2)