Sedekah Online: Hukum, Keutamaan, Serta Cara Melakukannya

Hukum sedekah online beranjak dari beberapa alasan seseorang untuk bersedekah. Bahkan, ketika bingung dengan hukum dan ketentuannya, mereka justru tidak jadi menunaikan sedekah secara online. Aapalagi, salah satu alasan yang kerap muncul adalah alasan waktu. Orang-orang ini selalu menggunakan kesibukannya sebagai tameng yang menyebabkannya tidak sempat mengeluarkan sedekah. 

Namun, di era serba canggih seperti saat ini, rasanya tidak ada lagi alasan untuk tidak bersedekah. Kita bisa bersedekah secara online. Selain mudah, sedekah ini bisa dilakukan tanpa kita harus beranjak dari kursi kerja kita.

 

Hukum Sedekah online

Lalu orang-orang pun bertanya, memangnya sedekah online diperbolehkan dalam Islam?

Keberadaan sedekah online memang pernah menimbulkan pro dan kontra. Salah satu yang kontra adalah yang mengkhawatirkan keabsahannya, khususnya untuk sedekah online jenis zakat.

Kita tahu, akad ketika berzakat biasanya dilakukan saat kita bertemu muka dengan penerimanya. Sementara dalam zakat online, pemberi zakat tidak perlu bertemu langsung dengan para mustakhiq alias orang-orang yang berhak menerima zakat itu.

Tapi ternyata persoalan keabsahan zakat online ini bisa diatasi. Caranya, pemberi zakat harus berniat terlebih dahulu. Lalu tempat penerima sedekah online akan mengirimkan pesan singkat melalui ponsel sebagai bentuk serah terima dan doa.

Lebih-lebih dalam sedekah online yang bisa dilakukan tanpa harus menyertakan akad dan doa. Jadi, kita bisa melakukan sedekah online kapan saja tanpa perlu keluar rumah.

Baca juga:
Keistimewaan Sedekah Online Tepercaya untuk Penghafal Al Quran
Sedekah Online Tepercaya Zaman Sekarang

 

Keutamaan Melakukan Sedekah

Sedekah Online: Hukum, Keutamaan, Serta Cara Melakukannya

Ini 7 keutamaan bersedekah di  yang perlu kamu ketahui:

  1. Pahala yang berlipat ganda.
  2. Mendapatkan naungan di hari akhir.
  3. Di bulan ini Allah juga berderma dengan memberikan rahmat, ampunan, dan pembebasan dari api neraka.
  4. Pintu surga bagi orang yang bersedekah di bulan Ramadhan.
  5. Selamat dari siksa neraka.
  6. Menutupi kekurangan puasa.
  7. Memberi keberkahan pada harta.

 

Bagaimana Cara Bersedekah Online?

Sedekah Online: Hukum, Keutamaan, Serta Cara Melakukannya

Sedekah online salah satunya bisa kamu lakukan melakukan di Kitabisa. Kitabisa adalah situs penggalangan dana, donasi, serta zakat online. Seperti disebut di awal, sedekah online sangat mudah dilakukan. Meski begitu, kita tetap harus tahu langkah-langkahnya, bukan?

Harap diperhatikan, sedekah online punya ketentuan yang dipersiapkan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Seperti halnya aplikasi Kitabisa ini juga memiliki ketentuan yang menyangkut hal berikut ini:

  • Mula-mula, kita harus membuat akun pengguna sebelum melakukan sedekah online.
  • Jika akan menggunakan aplikasi Kitabisa, kita harus memahami dan menyepakati semua ketentuan yang berlaku sebagai donatur, yang bisa dibaca di aplikasi Kitabisa.
  • Cara berdonasi, nominal yang harus ditransfer, akun pengguna, kode unik, serta verifikasi donasi, status donasi, dan kendala donasi, termasuk dompet kebaikan semua diatur dengan jelas.

Ditulis Oleh: Ranu Mohamad


Selain mendapatkan pahala yang berlipat, sedekah juga membawa berbagai manfaat. Kamu dapat mulai bersedekah melalui Kitabisa. Dengan Kitabisa, kamu bisa berbagi dengan cepat dan mudah. Yuk mulai bersedekah dari sekarang!

banner_donasi_sedekah