Sedekah

Sedekah Online untuk Pembangunan Pesantren

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Sedekah online mempermudah kita untuk membantu sesama. Membantu yatim-piatu yang ingin meneruskan sekolah, membantu fakir-miskin untuk melanjutkan hidup, juga membantu mendirikan pembangunan masjid dan pesantren.

Salah satu pesantren yang butuh uluran tangan kita adalah Pesantren Al-Quran Darussalam, yang berada di bawah Yayasan Alfa Nayra Darussalam. Pesantren ini berlokasi di atas lahan seluas 12.689 m², daerah Banyuasing, Sumatera Selatan.

Sedekah Online untuk Pembangunan Pesantren

Rencananya pesantren ini akan memiliki konsep agro pesantren dimana mengedepankan pendidikan religius, edukatif, dan rekreatif. Para santri tidak hanya diajarkan pengetahuan umum dan Islam, namun juga diberikan pembelajaran yang bersifat menghibur dan mendidik mereka untuk beradaptasi dengan lingkungan alam secara langsung.

Yayasan Alfa Nayra Darussalam membutuhkan bantuan kita agar bisa menyelesaikan pembangunannya. Salah satu hal yang bisa kita lakukan adalah dengan bersedekah secara online. Berikut adalah penjelasan mengenai sedekah online serta tata cara melakukannya.

 

Hukum dan Cara Melakukan Sedekah Online

Sedekah Online untuk Pembangunan Pesantren

Beragam alasan digunakan seseorang untuk tidak bersedekah. Salah satu yang kerap muncul adalah alasan waktu. Orang-orang ini selalu menggunakan kesibukannya sebagai tameng yang menyebabkannya tidak sempat mengeluarkan sedekah. Tapi di era modern dan serba canggih seperti saat ini, rasanya tidak ada lagi alasan untuk tidak bersedekah. Kita bisa bersedekah secara online. Selain mudah, sedekah online ini bisa dilakukan dimana dan kapan saja tanpa kita harus beranjak ke luar rumah.

 

Hukum Sedekah Online

Lalu orang-orang pun bertanya, memangnya sedekah online diperbolehkan dalam Islam? Bagaimana kalau nanti tidak tepat sasaran dan diselewengkan?

Keberadaan sedekah online memang pernah menimbulkan pro dan kontra. Salah satu yang kontra adalah yang mengkhawatirkan keabsahannya, khususnya untuk sedekah online jenis zakat. Kita tahu, akad ketika berzakat biasanya dilakukan saat kita bertemu muka dengan penerimanya. Sementara dalam zakat online, pemberi zakat tidak perlu bertemu langsung dengan para mustakhiq alias orang-orang yang berhak menerima zakat itu. Tapi ternyata, persoalan keabsahan zakat online ini bisa diatasi. Caranya, pemberi zakat harus berniat terlebih dahulu. Lalu aplikasi tempat orang itu bersedekah online akan mengirimkan pesan singkat melalui ponsel sebagai bentuk serah terima dan doa.

 

Keutamaan Sedekah Online di Bulan Ramadhan

Sedekah Online untuk Pembangunan Pesantren

Sedekah online pada dasarnya sama seperti sedekah-sedekah yang lainnya. Yang membedakannya hanya cara menyalurkannya. Sedekah konvensional biasanya si pemberi sedekah akan langsung ke objek sedekah. Sementara sedekah online disalurkan secara online, tanpa harus bertemu dengan orang atau si penerima sedekah.

Meski berbeda cara menyalurkannya, baik sedekah konvensional maupun sedekah online adalah amalan yang mulia. Lebih-lebih jika sedekah itu dilakukan di bulan Ramadhan yang penuh berkah seperti saat ini. Nah, ini tujuh keutamaan bersedekah di Bulan Ramadhan yang perlu kamu ketahui.

  1. Pahala yang berlipat ganda.
  2. Mendapatkan naungan di hari akhir.
  3. Di bulan ini Allah juga berderma dengan memberikan rahmat, ampunan, dan pembebasan dari api neraka.
  4. Pintu surga bagi orang yang bersedekah di bulan Ramadhan.
  5. Selamat dari siksa neraka.
  6. Menutupi kekurangan puasa.
  7. Memberi keberkahan pada harta.

 

Bagaimana Cara Melakukan Sedekah Online di Kitabisa?

Seperti disebut di awal, sedekah online sangat mudah dilakukan. Meski begitu, kita tetap harus tahu langkah-langkahnya, bukan?

Harap diperhatikan, sedekah online punya ketentuan yang dipersiapkan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Seperti halnya aplikasi Kitabisa ini juga memiliki ketentuan yang menyangkut hal berikut ini:

  • Mula-mula, kita harus membuat akun pengguna sebelum melakukan sedekah online.
  • Jika akan menggunakan aplikasi Kitabisa, kita harus memahami dan menyepakati semua ketentuan yang berlaku sebagai donatur, yang bisa dibaca di aplikasi KitaBisa.
  • Cara berdonasi, nominal yang harus ditransfer, akun pengguna, kode unik, serta verifikasi donasi, status donasi, dan kendala donasi, termasuk dompet kebaikan semua diatur dengan jelas.

Ditulis Oleh: Ranu Mohamad


Seperti Yayasan Alfa Nayra Darussalam, masih banyak lagi pesantren atau masjid yang butuh bantuan kamu. Kamu bisa bersedekah untuk membantu mereka melalui Kitabisa. Yuk, mulai sedekah online tepercaya sekarang dan rasakan keutamaannya!

banner_donasi_sedekah

Comments

comments

Comments are closed.

Show Buttons
Hide Buttons