Sedekah Subuh Adalah Perilaku Terpuji Sekaligus Ibadah

Sedekah subuh adalah salah satu tindakan terpuji yang disukai oleh Allah Swt. Meskipun pada dasarnya dapat dilakukan tanpa batasan waktu, sedekah di waktu subuh memiliki banyak keistimewaan. Sedekah yang dilakukan ketika fajar tiba ini dianjurkan agar hidup lebih berkah, hati menjadi tenteram, dan terhindar dari bahaya atau kesulitan. Kamu bisa memberikan bantuan kepada orang lain secara sukarela, baik secara langsung maupun melalui perantara, seperti masjid, lembaga sosial, panti asuhan, atau aplikasi Kitabisa

Mengapa Sedekah Subuh Adalah Perilaku Terpuji?

Barangkali kamu bertanya-tanya, mengapa sedekah subuh disebut sebagai perilaku terpuji? Sedekah subuh adalah kegiatan berbagi, mengeluarkan harta yang kamu miliki untuk kebaikan orang lain. Meskipun dianjurkan, tidak semua orang mau berbagi kepada orang lain, padahal sedekah adalah bentuk syukur terhadap pemberian Allah Swt. Inilah alasan mengapa mengeluarkan harta di jalan Allah Swt adalah tindakan terpuji. Sedekah bukan hanya diganjar pahala, melainkan juga mampu mendekatkan kamu kepada Sang Khalik. 

Keutamaan Sedekah Subuh Secara Rutin 

Sedekah subuh yang diniatkan untuk mengharapkan rida Allah Swt akan berbuah kebaikan. Adapun keutamaan sedekah yang dilakukan pada waktu subuh secara rutin, antara lain sebagai berikut.

Didoakan Malaikat

Orang yang melaksanakan sedekah subuh senantiasa didoakan oleh malaikat. Rasulullah Saw bersabda bahwa setiap pagi ketika matahari terbit, Allah Swt menurunkan dua malaikat ke bumi. Malaikat pertama akan berdoa agar orang yang bersedekah diberi karunia dan ganti. Malaikat kedua akan berdoa untuk membinasakan orang yang bakhil. Agar hidup lebih berkah, rutinkan sedekah di waktu subuh. Kamu bisa menyisihkan uang setiap hari dan masukkan ke kotak amal atau bersedekah melalui aplikasi Kitabisa mulai Rp1.000,00. 

Dijauhkan dari Bahaya

Bersedekah dapat menjauhkan kamu dari bahaya. Sebagaimana sabda Rasulullah Saw, “Asshadaqah tatfaul bala, sedekah dapat menjauhkan dan menolak musibah.” Ketika kamu bersedekah diiringi niat tulus, Allah Swt akan memudahkan kamu dari berbagai urusan di dunia dan menjagamu dari hal-hal buruk yang akan terjadi.

Untuk mendapatkan keistimewaan tersebut, mulailah membiasakan sedekah pagi setiap hari. Kamu bisa bersedekah sesuai kemampuan. Bahkan, kamu bisa berbagi rezeki melalui aplikasi Kitabisa mulai Rp1.000,00 saja. Meskipun secara nominal tampak kecil, sedekah yang kamu bagikan dapat bermanfaat dan membantu kesulitan orang lain. 

Harta Bertambah

Bersedekah tidak akan membuat kamu kekurangan harta, sedekah subuh justru menjadi satu cara untuk membuka pintu rezeki. Sesuai dengan yang Allah Swt sampaikan dalam Alquran surah Saba’ ayat 39, “Dan barang apa pun yang dinafkahkan, Allah akan menggantinya. Allah adalah sebaik-baik pemberi rezeki.” Mengingat janji Allah Swt adalah pasti, niatkan diri untuk rutin bersedekah. Setiap harta yang kamu keluarkan akan diganti oleh Allah Swt dengan kebaikan berkali lipat. 

Dapat Menghapus Dosa

Keutamaan sedekah subuh selanjutnya adalah menghapus dosa yang telah dilakukan selama hidup. Selain meminta pengampunan dengan cara bertaubat, dosa dapat terhapus dengan rutin mengamalkan sedekah subuh. Hal ini sesuai yang disampaikan hadis riwayat At-Tirmidzi, “Sedekah bisa menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.”

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa sedekah subuh merupakan amalan yang dicintai oleh Allah Swt. Sedekah yang paling disukai bukan dilihat dari besarnya nominal, melainkan niat dan dilakukan secara terus-menerus. Kamu bisa memberikan sedekah secara langsung kepada orang yang berhak, seperti keluarga inti, saudara atau kerabat, tetangga, tempat ibadah, dan lembaga sosial. Mengingat sedekah subuh adalah perilaku terpuji, Kitabisa hadir untuk menjembatani kamu dengan orang-orang yang membutuhkan pertolongan. Cara bersedekah melalui Kitabisa sangat mudah, yakni dengan mengunduh aplikasi Kitabisa di Google Play Store. Lakukan instalasi dan ikuti proses pendaftaran sesuai petunjuk, kamu sudah bisa bersedekah mulai Rp1.000,00. Berkat kehadiran aplikasi Kitabisa, sedekah subuh dapat dilakukan di mana saja!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *