Sedekah Subuh Bisa Dilakukan Saat Haid, Begini Caranya

Ingin ibadah Subuh tetapi masih haid? Jangan khawatir! Ada banyak amalan Subuh yang bisa kamu lakukan, salah satunya adalah Sedekah Subuh. Cara Sedekah Subuh saat haid sangat beragam dan bisa memberimu pahala besar, sama seperti ketika melakukan ibadah pagi lainnya dengan ikhlas. Kamu juga akan mendapat berkah dan keselamatan, termasuk bantuan ketika hendak mencapai tujuan penting atau hajat.

Apa saja cara Sedekah Subuh saat haid? Inilah beberapa contoh mudah untuk segera dicoba.

1. Beri Makan Orang Lain

Memberi makan orang yang kelaparan juga termasuk sedekah, bahkan ketika kamu “hanya” memberi pada keluarga atau tetangga. Cara memberi makan bisa beragam, mulai dari memasak porsi ekstra untuk diantar ke rumah tetangga, hingga membawakan makanan untuk tetangga atau teman yang sakit.

Kamu juga bisa menjadikan pemberian makanan sebagai kesempatan beramal. Misalnya, bagikan sarapan secara rutin ke tukang sampah, pemulung, hingga penyapu jalan. Memberi makan orang lain membuat mereka bebas dari lapar dan lebih berbahagia. Selain membawa berkah, kegiatan ini juga berpotensi membuatmu lebih murah hati.

2. Lapangkan Beban Orang Tua atau Tetangga

Cara Sedekah Subuh saat haid juga bisa melalui kegiatan membantu orang lain. Kamu bisa meringankan orang di sekitarmu dengan mencari tahu apa yang mereka butuhkan. Misalnya, kamu bisa membantu orang tua atau tetangga lansia untuk bersih-bersih, membelikan keperluan ibu hamil, hingga belanja untuk tetangga yang sedang sakit atau isolasi mandiri.

3. Sayangi Hewan

Umat Muslim yang baik memiliki kepedulian besar terhadap hewan, baik rumahan maupun jalanan. Kamu bisa menerapkan amalan Subuh sekaligus menunjukkan rasa sayang pada hewan. Contohnya, kamu bisa membeli makanan kucing murah berbentuk kering dalam kemasan besar. Masukkan ke dalam botol bekas dan keluarlah untuk memberi makan kucing jalanan.

Ketika keluar pagi, kamu bisa mendapat manfaat dobel yaitu olah tubuh dan menghirup udara pagi. Kucing yang kamu beri makan juga akan membuat hatimu lebih lembut dan lapang. 

4. Sedekahkan Senyum dan Perkataan Baik

Sekecil-kecilnya bentuk sedekah adalah senyuman yang baik dan tulus. Kamu bisa mulai menerapkan Sedekah Subuh setiap hari, misalnya mulai berkata-kata lebih ramah dan hangat pada anggota keluarga atau tetangga. Kamu juga harus mulai menahan diri untuk tidak berkata-kata kasar atau menyakiti orang lain, terutama jika adalah tetangga baru atau teman yang belum terlalu akrab.

5. Sisihkan Harta Bagi yang Membutuhkan

Sesuai namanya, Sedekah Subuh bisa kamu lakukan dengan menyisihkan harta dan mengumpulkannya untuk beramal. Misalnya, siapkan kotak amal di rumah khusus untuk uang jenis ini, Setelah banyak (misalnya sebulan), buka kotaknya dan sumbangkan uang tersebut kepada orang atau lembaga yang berhak menerima dan membagikan sedekah.

Dengan menyiapkan kotak amal, kamu tidak akan merasa terbebani saat harus menyiapkan uang untuk sedekah. Kamu juga bisa menyumbang di luar “kesepakatan” pribadi, misalnya ketika mendapat rezeki finansial dan ingin membagikannya. Akan tetapi, ke mana kamu akan membawa uang tersebut? Apakah calon penerimanya sudah diperiksa terkait reputasi mereka?

Aplikasi KitaBisa bisa menjadi jawaban untuk melalukan amalan Subuh secara aman, praktis, dan mudah. Kamu bisa melakukan Sedekah Subuh bahkan ketika periode haidmu menciptakan beberapa keluhan kecil, misalnya sakit perut.

Mengapa Memilih KitaBisa?

Aplikasi KitaBisa membuat aktivitas donasi menjadi lebih mudah sekaligus beragam. Ada berbagai kampanye donasi yang bisa kamu beri uang, dan hasil pemberiannya diinfokan kepada pengguna lewat informasi di aplikasinya. Setiap kampanye juga harus melalui proses verifikasi. Siapa pun yang namanya tercantum di daftar, orang tersebut berhak untuk mendapat sumbangan.
Melakukan amalan Subuh bisa terbatas jika kamu mengalami menstruasi. Akan tetapi, hal ini bukan berarti kamu tidak bisa melakukan amalan Subuh. Unduh Aplikasi KitaBisa ke perangkatmu dan mulailah menerapkan cara Sedekah Subuh saat haid agar hari-harimu tetap diberkahi hingga saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *