Sedekah Subuh Diberikan Kepada Orang Tua atau Tetangga, Lebih Utama Mana?

Sedekah subuh jadi pilihan kegiatan yang tepat untuk memulai hari dengan kebaikan. Kamu dapat menyerahkan pemberian dalam bentuk uang atau barang kepada penerima sedekah subuh. Lewat aktivitas sedekah tersebut, kamu tidak hanya memperoleh pahala besar. Namun, kamu juga akan termotivasi untuk terus berbuat kebaikan sepanjang hari. 

Berkaitan dengan aktivitas sedekah subuh, kamu punya kesempatan untuk memberikannya kepada siapa saja. Untuk kemudahan bersedekah, banyak orang memilih untuk menyerahkannya kepada orang-orang terdekat, seperti orang tua atau tetangga. Namun, manakah yang lebih utama, sedekah diberikan kepada orang tua atau tetangga? 

Urutan Penerima Sedekah Subuh Menurut Islam

Islam merupakan agama yang lengkap. Oleh karena itu, tidak heran kalau kamu akan menjumpai adanya aturan tentang siapa saja yang berhak sebagai penerima sedekah subuh. Berdasarkan pemahaman para ulama, ada lima golongan yang seharusnya diutamakan ketika kamu melakukan sedekah, yaitu: 

1. Keluarga

Golongan pertama yang perlu kamu kedepankan sebagai penerima sedekah subuh adalah anggota keluarga. Orang-orang yang termasuk dalam anggota keluarga tidak hanya anak dan istri, tetapi juga kedua orang tua. Selain itu, saudara kandung, saudara sepupu, keponakan, paman, ataupun nenek dan kakek juga termasuk dalam kategori keluarga. 

Islam mendorong umatnya untuk mendahulukan sedekah subuh diberikan kepada orang tua. Bahkan, memberi sedekah kepada orang tua bisa saja termasuk sebagai bagian dari kewajiban. Terlebih lagi, mereka berada dalam kondisi miskin dan tidak mempunyai penghasilan tetap. 

2. Orang Terdekat

Kategori penerima sedekah subuh selanjutnya adalah orang-orang terdekat. Tetangga merupakan orang yang termasuk dalam kategori ini. Oleh karena itu, kamu dapat mempertimbangkan untuk berbagi kepada tetangga setelah mempertimbangkan bahwa kondisi kedua orang tua cukup mapan. Rasulullah pun sangat menganjurkan kepada umatnya untuk berbuat baik dan menghormati para tetangga. 

Sedekah subuh kepada tetangga memberi banyak manfaat, apalagi mereka adalah orang terdekat yang bisa menolong kamu ketika mengalami kesusahan. Ditambah lagi, kamu bisa melakukan sedekah kepada tetangga dengan mudah. Cara sederhana yang bisa kamu lakukan adalah bersedekah subuh dengan berbagi makanan kepada tetangga. 

3. Orang Miskin

Islam juga memberi perhatian kepada orang-orang yang termasuk dalam golongan miskin. Mereka yang termasuk sebagai miskin adalah orang yang tidak mempunyai harta cukup untuk memenuhi kebutuhan dasar. Mereka memiliki penghasilan, tetapi jumlahnya tidak mencukupi. Sedekah subuh yang kamu berikan dapat membantu orang miskin memenuhi sebagian kebutuhan dasarnya. 

4. Musafir

Kelompok orang yang perlu kamu utamakan sebagai penerima sedekah subuh selanjutnya adalah para musafir. Terlebih lagi, mereka termasuk sebagai musafir yang kehabisan bekal perjalanan. Sedekah ikhlas kepada musafir merupakan amalan yang memiliki pahala besar. 

Dalam sejarah Islam, kamu dapat mengetahui tindakan putri Rasulullah SAW, yakni Fatimah Az-Zahra yang menyedekahkan seuntai kalung warisan kepada musafir. Sedekah itu beliau lakukan setelah mendapati musafir tersebut tidak makan selama tiga hari dan tak punya bekal apa pun. 

Sedekah dari Fatimah tersebut kemudian dijual oleh musafir kepada Abdurrahman bin Auf. Tak disangka, Abdurrahman kemudian memberikan kalung warisan itu sebagai hadiah kepada Nabi yang kemudian sampai ke tangan Fatimah kembali. 

5. Anak Yatim

Terakhir, kamu juga perlu memperhatikan keberadaan anak yatim sebagai penerima sedekah subuh. Anak yatim merupakan golongan yang memiliki tempat istimewa dalam agama Islam. Sedekah kepada anak yatim mempunyai banyak hikmah, termasuk di antaranya adalah menjauhkan diri dari azab, jalan menuju ke surga, menjadi insan yang dicintai Allah, dan merupakan salah satu amal salih.

Dengan mencermati urutan tersebut, kamu jadi tahu kalau sedekah subuh diberikan kepada orang tua lebih utama dibandingkan sedekah kepada orang lain. Meski begitu, hal itu tidak boleh menghalangi aktivitas sedekah subuh yang ingin kamu lakukan. Terlebih lagi, saat ini ada Aplikasi Kitabisa yang membantu kamu dalam melakukan sedekah subuh dengan mudah. Sedekah subuh menggunakan Aplikasi Kitabisa bisa kamu lakukan dari mana saja, cukup dengan menggunakan smartphone. Selain itu, aplikasi ini dapat membantu kamu melakukan sedekah subuh dengan nominal berapa pun, mulai dari Rp1.000. So, tunggu apa lagi? Yuk, segera download Aplikasi Kitabisa dan mulai bersedekah subuh!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *