Sedekah Subuh Diberikan kepada Siapa, Ya?

Pada saat pergantian waktu dari gelap ke terang, itulah waktu subuh yang istimewa. Umat muslim dianjurkan untuk berbuat amalan kebaikan pada waktu subuh karena keberkahan yang banyak terdapat pada saat subuh, salah satunya dengan cara bersedekah. 

Tapi apa itu sedekah subuh dan sedekah subuh diberikan kepada siapa, ya?

Pengertian Sedekah Subuh 

Sedekah yang dilakukan pada waktu subuh, yaitu sebelum matahari terbit, itulah sedekah subuh. Sedekah lebih luas daripada infak dan zakat yang hanya berkaitan dengan harta. Semua amalan kebajikan dan perbuatan menghindari keburukan bisa bernilai sedekah. Bahkan ucapan tasbih, tahmid, dan tahlil pun juga dihitung sebagai sedekah.

Keutamaan Sedekah Subuh 

Mengapa sedekah subuh ini memiliki keutamaan tersendiri? Hadis berikut bisa menjadi jawabannya: “Tidak ada satu subuh pun yang dialami hamba-hamba Allah kecuali turun kepada mereka dua malaikat. Salah satu di antara keduanya berdoa, ‘Ya Allah, berilah ganti bagi orang yang berinfak’, sedangkan yang satunya lagi berdoa ‘Ya Allah, berilah kerusakan bagi orang yang menahan hartanya.” (HR. Bukhari & Muslim).

Almarhum Syekh Ali Jaber juga pernah mengutarakan bahwa sedekah subuh bisa membantu menyelesaikan berbagai permasalahan hidup karena efeknya yang paling dahsyat dibandingkan sedekah pada waktu lainnya.

Golongan Orang yang Berhak Menerima Sedekah Subuh

Setelah tahu makna dan keutamaan sedekah subuh, pertanyaan selanjutnya,  sedekah subuh diberikan kepada siapa?

1. Keluarga Inti

“Sedekah yang terbaik adalah yang dikeluarkan selebih keperluan, dan mulailah dari orang yang kamu tanggung.” (HR. Bukhari).

Rasulullah SAW mengajarkan umatnya untuk memberikan harta untuk dirinya terlebih dahulu kemudian ke keluarga yang menjadi tanggungannya. Jadi, sedekah kamu yang paling utama adalah ke keluarga intimu, yaitu istri dan anak-anak jika kamu telah berkeluarga.

2. Sanak Saudara

Baginda Rasulullah SAW pernah bersabda, “Bersedekah kepada orang miskin adalah satu sedekah, dan kepada kerabat ada dua (kebaikan); sedekah dan silaturrahim.” (HR. Ahmad, Tirmidzi, Nasa’i, Ibnu Majah dan Hakim, Shahihul Jami’ no. 3858).

Kita bisa memberikan sedekah subuh untuk kerabat yang membutuhkan. Secara khusus, kita bisa mengarahkan sedekah kita untuk kerabat yang merupakan anak yatim atau kerabat yang memendam permusuhan pada kita.

Seperti sabda Rasulullah SAW, “Sedekah yang paling utama adalah sedekah kepada kerabat yang memendam permusuhan.” (HR. Ahmad dan Thabrani dalam al-Kabir, Shahihul Jami’ no. 1110).

3. Orang Terdekat

Rasulullah SAW pernah bersabda kepada Abu Dzar, “Wahai Abu Dzar! Jika kamu memasak sop, maka perbanyaklah kuahnya, lalu bagilah sebagiannya kepada tetanggamu.” (HR. Muslim).

Setelah keluarga maka orang terdekat adalah jawaban berikutnya dari pertanyaan sedekah subuh diberikan kepada siapa. Tetangga termasuk orang terdekat kita. Sehingga tetangga juga termasuk orang yang bisa menerima sedekah kita.

Keutamaan Bersedekah Diam-Diam

“Jika kamu menampakkan sedekah(mu), maka itu adalah baik sekali. Dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu. Dan Allah akan menghapuskan dari kamu sebagian kesalahan-kesalahanmu; dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al Baqarah: 271).

Bersedekah, baik yang tampak oleh orang lain maupun secara sembunyi-sembunyi sama-sama akan mendapat pahala dari Allah SWT. Tapi bersedekah diam-diam akan menghindarkan kamu dari sifat riya sehingga lebih utama. Cara seperti ini lebih dekat dengan rasa ikhlas.

Bersedekah diam-diam untuk orang yang kita kenal mungkin sulit, tetapi setelah orang-orang terdekatmu tercukupi semua kebutuhannya, kamu bisa menggunakan jasa lembaga penyalur sedekah seperti aplikasi Kitabisa untuk menyalurkan sedekah subuhmu secara diam-diam.

Sebab, saat menyalurkan sedekah subuh melalui aplikasi Kitabisa, kamu bisa memilih opsi anonim sehingga tidak akan ada yang tahu kamu telah bersedekah. Meskipun begitu, jika kamu memutuskan untuk memasang namamu, itu pun tidak masalah, yang penting niatnya tetap untuk menggapai rida Allah SWT.Nah, sekarang kamu sudah tahu sedekah subuh diberikan kepada siapa saja. Ayo rutinkan sedekah subuh mulai hari ini. Tidak perlu nominal besar kok, di aplikasi Kitabisa kamu bisa sedekah subuh mulai dari nominal Rp1.000,  lo!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *