Cerita #OrangBaik

Semangat Bayi 1 Tahun Melawan Penyakit Hepatoblastoma

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Penghasilan ayah Keano sebagai wirausaha tidak mampu memenuhi biaya pengobatan yang sangat besar.

Baginya, galang dana di Kitabisa sangat bermanfaat untuk membantu proses penyembuhan Keano. Melalui galang dana tersebut, Keano bisa melanjutkan pengobatan dan mendapat fasilitas yang terbaik.

Awalnya, Keano lahir dan tumbuh normal. Namun tiba-tiba perutnya mengalami pembengkakan. Setelah menjalani proses pemeriksaan, dokter menyatakan bahwa Keano menderita penyakit Hepatoblastoma atau kanker hati. Penyakit langka yang diderita Keano ini sudah mencapai stadium 3. 

 

Pengertian Penyakit Hepatoblastoma

 Semangat Keano Melawan Penyakit Hepatoblastoma

Hepatoblastoma adalah salah satu penyakit langka yang menyerang organ hati. Hati merupakan salah satu organ penting dalam tubuh yang berfungsi sebagai tempat penyaringan dan penyimpanan darah. Karena penyakit ini, fungsi hati Keano tidak dapat bekerja dengan baik.

Hepatoblastoma ditemukan pada anak usia 0-3 tahun. Meskipun terjadi pada hati, beberapa kasus ditemukan bahwa sel kanker hepatoblastoma dapat menyebar ke organ tubuh lainnya.

 

Gejala Penyakit Hepatoblastoma

 Semangat Keano Melawan Penyakit Hepatoblastoma

Seperti penyakit kanker lainnya, Hepatoblastoma tidak memiliki gejala yang pasti pada awal munculnya kanker. Namun, terdapat tanda-tanda yang dapat diperhatikan. Setiap anak yang menderita penyakit ini juga mengalami gejala yang berbeda-beda. Berikut ini adalah gejala penyakit hepatoblastoma yang umum ditemukan antara lain:

  1. Perut bengkak
  2. Kurangnya nafsu makan yang menyebabkan berat badan menurun
  3. Sakit perut
  4. Demam
  5. Gatal pada kulit
  6. Mata dan kulit menguning atau disebut penyakit kuning
Baca juga:
Kebahagiaan Khansa Usai Cangkok Hati untuk Atresia Bilier
Cerita Perjuangan Arsa untuk Sembuh dari Jantung Bocor

 

Penyakit Hepatoblastoma yang Dialami Keano

 Semangat Keano Melawan Penyakit Hepatoblastoma

Penyakit Hepatoblastoma menyebabkan kerusakan pada hati Keano. Salah satu cara untuk menyembuhkan penyakit tersebut adalah dengan melakukan operasi pengangkatan hati Keano. Sebelum menjalani operasi, Keano harus melakukan kemoterapi. 

Keano sebelumnya dirawat di rumah sakit Singapura. Ketika di Singapura, Keano telah melakukan Kemoterapi Etoposide Oral sebanyak 4 kali. Namun, karena biaya perawatan yang sangat besar orangtua Keano memutuskan untuk memindahkannya ke rumah sakit di Indonesia. 

 

Galang Dana untuk Pengobatan Keano

Semangat Keano Melawan Penyakit Hepatoblastoma

Ayah Keano, Salman, adalah seorang wirausahawan. Pendapatannya tidak cukup untuk memenuhi biaya pengobatan Keano yang sangat besar. Mendengar kabar Keano yang sakit, salah satu teman Salman yaitu Lidya berinisiatif membuat galang dana di Kitabisa untuk membantu penyembuhan Keano. Lidya yakin bahwa dengan galang dana, biaya pengobatan Keano bisa terbantu. 

Keluarga, teman, dan kerabat Salman turut berpartisipasi dalam membantu kesembuhan Keano. Mereka menyebarkan informasi galang dana Keano melalui sosial media dan juga grup-grup Whatsapp yang mereka miliki. Hingga kini, galang dana yang dibuat Lidya telah mengumpulkan donasi lebih dari Rp 500 juta.

View this post on Instagram

"Awalnya di dada Keano ada benjolan sebesar telur. Hasil CT Scan bilang Keano didiagnosa kanker hati stadium 1. . Jarak 4 hari, kanker Keano naik jadi stadium 3 dan harus kemoterapi buat ngecilin tumornya. Kadang gak tega liat anak sekecil ini harus ngejalanin banyak pengobatan, tapi di sisi lain Keano selalu nunjukin kalau dirinya kuat. . Saya gak mau Keano berjuang sendirian, makanya saya dan istri bakal ngelakuin apa aja buat kesembuhan dia. Gak peduli orang mau bilang apa soal galang dana biaya pengobatan Keano, yang pasti galang dana ini jadi perjuangan saya buat Keano," – (Salman, Ayah Keano) . +++ . Sejak usia 1 tahun 1 bulan, Keano didiagnosa kanker hati stadium 3. Sebagian hati Keano sudah digerogoti sel kanker dan harus segera diangkat. Tapi, sebelum operasi, Keano harus menjalani serangkaian kemoterapi untuk mengecilkan kankernya. . Biaya pengobatan Keano sangatlah besar. Tapi, kedua orangtuanya tak mau menyerah dan terus menyebarkan halaman galang dana yang dibuat oleh temannya untuk pengobatan Keano. Alhamdulillah, kondisi Keano semakin membaik dan tengah menunggu hasil untuk operasi hati 🙂 . Kalau kamu punya keluarga/sahabat yang butuh biaya pengobatan, kamu bisa membantunya dengan galang dana di Kitabisa. Caranya, klik: bit.ly/konsultasikitabisa (link di bio). . Yuk, kita beri semangat untuk Keano sembuh dengan cara, ketik: "Keano 🤗🤗" di kolom komentar! . #kankerhati #pejuangkanker #kankeranak #orangbaik

A post shared by Kitabisa (@kitabisacom) on

Dengan bantuan para OrangBaik yang berdonasi dan menyebarkan halaman galang dana, Keano kini bisa melanjutkan perawatan di ruang PICU. Setelah dipindahkan ke Rumah Sakit Dharmais Jakarta, Keano kembali melakukan 3 kali Kemoterapi Etoposide Oral. Efek kemoterapi membuat Keano mual dan kehilangan nafsu makan dan minum susu. Oleh karena itu, dokter menyarankan Keano harus dipasang selang NGT (Nasogastrik Tube) melalui hidung agar dapat menerima asupan makanan.

 

Kondisi Keano Saat Ini

Semangat Keano Melawan Penyakit Hepatoblastoma

Keano telah menjalani perawatan selama 4 bulan. Kini kondisinya semakin membaik dan banyak mengalami perubahan. Ia juga sudah dipindahkan ke ruang perawatan biasa. Namun, perjuangan Keano belum selesai. Ia  harus menyelesaikan proses kemoterapinya sebelum melakukan operasi pengangkatan hati yang sudah rusak.

Orangtua Keano sangat bersyukur karena galang dana yang dibuat dapat membantu kesembuhan Keano. Menurut mereka, galang dana sangat bermanfaat untuk membantu penyembuhan Keano. Keano bisa mendapatkan perawatan dan fasilitas terbaik melalui bantuan OrangBaik yang telah berdonasi. Keduanya berharap pengobatan Keano berjalan lancar dan ia bisa segera pulang ke rumah. 


Seperti teman orangtua Keano, kamu juga bisa bantu keluarga, teman, atau kerabat yang butuh bantuan biaya pengobatan dengan cara galang dana di Kitabisa. Klik gambar di bawah ini!

Comments are closed.