Sempurnakan Bulan Ramadhan 2020 dengan 5 Ibadah ini

Bulan Ramadhan 2020 yang penuh berkah banyak ditunggu kedatangannya oleh umat Islam. Setiap muslim yang memenuhi syarat puasa, wajib menjalankan puasa selama sebulan penuh. Selain berpuasa, umat Islam juga dapat melakukan ibadah lain di bulan suci yang dapat meningkatkan ketakwaan terhadap Allah maupun meningkatkan kualitas hubungan sesama manusia.

Tujuannya adalah untuk mendapatkan amalan sunah yang berlipat ganda seperti yang dijanjikan Allah SWT dalam Al Quran. Apalagi, tidak ada jaminan bagi umat Islam untuk bisa kembali mendapati bulan Ramadhan di tahun berikutnya, bukan?

 

Ibadah untuk Menyempurnakan Puasa

Bulan Ramadhan 2020 ini menjadi momentum untuk meningkatkan amal ibadah. Kamu dapat menyempurnakan ibadah puasa ini dengan amalan-amalan penting berikut ini.

  1. Memperbanyak Tilawah Quran

    Tilawah Quran bukan sekadar membaca Alquran, melainkan membaca Alquran dengan baik dan benar sesuai tartil. Akan lebih baik lagi bila dibarengi dengan mempelajari makna dan isi yang terkandung di dalam Al-Quran. Menjelang Ramadhan, kamu bisa membuat target tilawah Quran, misalnya dengan membaca dan mempelajari isi surat Al-Baqarah di pekan pertama, kemudian disusul surat berikutnya di pekan kedua, dan seterusnya.
    Jika Al-Baqarah dirasa terlalu panjang, kamu bisa memulai dengan surat-surat pendek di Juz 30. Bahkan, kalau kamu tidak sempat mempelajari makna dan pesan yang terkandung di dalam Al-Quran melalui tafsir, membaca Al-Quran baik sendiri maupun bersama-sama (tadarus) akan tetap dilipatgandakan pahalanya di bulan Ramadhan.

  1. Salat Sunah

    Bulan Ramadhan tentu menjadi momentum ideal untuk memperbanyak salat sunah, terutama salat Tarawih. Sebaiknya lakukan salat Tarawih sebaik mungkin dan tidak terburu-buru. Ini berlaku baik bagi yang memilih salat delapan rakaat maupun 20 rakaat. Akan lebih  baik jika kamu memilih masjid yang imamnya memimpin salat dengan khusuk serta jamaah yang tenang saat salat berlangsung.
    Selain salat tarawih, lengkapi juga salat sunahmu di bulan Ramadhan dengan salat duha, salat tahajud, dan salat witir (bisa dilakukan di masjid setelah salat tarawih atau dilakukan sendiri di rumah).

  1. Mengakhirkan Makan di Waktu Sahur dan Menyegerakan Berbuka

    Rasulullah bersabda “Umatku senantiasa dalam keadaan baik selama mereka menyegerakan berbuka dan menta’khirkan sahur” [H.R. Ahmad]. Maka dari itu, usahakan untuk menyegerakan berbuka sebelum salat magrib. Rasulullah juga bersabda, “Orang akan selalu baik (sehat) apabila menyegerakan berbuka.” (Muttafaq ‘Alaih).

  2. Iktikaf

    Iktikaf adalah mendekatkan diri kepada Allah dengan berdiam diri di dalam masjid. Ini terutama dilakukan pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan, seperti yang dilakukan oleh Nabi Muhammad.

  1. Memperbanyak Infak dan Sedekah

    Manfaatkanlah bulan Ramadhan untuk memperbanyak infak dan sedekah serta membantu sesama. Kamu bisa menyalurkan infak melalui masjid, misalnya, dengan membawa sejumlah uang saat hendak salat tarawih di masjid.
    Tidak harus dalam bentuk uang, sedekah bisa kamu lakukan dengan cara membagikan makanan untuk sahur atau berbuka puasa. Kamu juga bisa menyumbangkan sembako maupun barang-barang layak pakai bagi orang-orang yang membutuhkan.

    Selagi bulan Ramadhan masih berjalan, jangan lupa laksanakan zakat fitrah yang wajib, ya. Ingat, zakat fitrah harus diberikan sebelum Idul Fitri tiba. Kamu bisa menyalurkannya langsung ke penerimanya, menyalurkan lewat masjid, maupun melaluiKitabisa, Cukup ketuk layar ponselmu, sedekah dan zakatmu dijamin akan sampai pada mereka yang memang membutuhkan bantuan. 


Kamu bisa menyempurnakan ibadah di bulan Ramadhan dengan cara berbagi kebaikan melalui Kitabisa. Sedekah dan zakat di Kitabisa dengan klik gambar di bawah inibanner_donasi_sedekah