Panti Asuhan

Sempurnakan Niat Puasa Senin Kamis dengan Memuliakan Yatim

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Puasa merupakan salah satu hal yang sering dilakukan oleh umat Muslim. Puasa berarti menahan diri dari segala aktivitas yang membatalkan puasa seperti makan dan minum. Dalam Islam, puasa terbagi menjadi beberapa jenis. Salah satunya adalah puasa Senin dan Kamis. Puasa Senin dan Kamis merupakan puasa yang dilakukan setiap hari Senin dan juga Kamis karena keistimewaannya yang mana amalan pada kedua hari itu sedang diperiksa. Kegiatan puasa sunnah Senin dan Kamis juga sering dilakukan oleh para santri penghafal Al-Quran yang ada di Rumah Tahfizh Yatim Dhuaffa binaan Yayasan Yatim Annur.

 

Kegiatan Rutin Rumah Yatim untuk Melengkapi Ibadah Puasa Senin Kamis

Sempurnakan Niat Puasa Senin Kamis dengan Memuliakan Yatim

Selain kegiatan puasa sunnah Senin dan Kamis yang rutin dilaksanakan, para santri juga mendapat pendampingan dan pembinaan langsung dari guru mengaji yang sudah terjamin kualitas pengajarannya. Para santri yatim penghafal Al-Quran ini juga menghafal Al-Quran dengan cara menyetorkan hafalan di waktu yang sudah dijadwalkan oleh sang ustadz. Selain kegiatan mengahfal Al-Quran, para santri juga melakukan kegiatan lain seperti, sholat dhuha dan sholat malam agar lebih dekat dengan Sang Khalik supaya dipermudah dalam proses penghafalan Qurannya. Selain itu, program kegiatan puasa Senin dan Kamis juga merupakan salah satu program wajib yang harus dilaksanakan oleh para santri. Rasulullah saw bersabda, “Amal-amal manusia diperiksa pada setiap hari Senin dan hari Kamis, maka aku menyukai amal perbuatanku diperiksa sedangkan aku dalam keadaan berpuasa.” (HR. At-Tirmidzi).

Kegiatan puasa Senin dan Kamis ini cukup popular di kalangan umat Muslim. Oleh karenanya, berikut merupakan pengetahuan singkat tentang manfaat serta lafadz niat puasa Senin dan Kamis.

 

Manfaat Puasa Senin Kamis

Sempurnakan Niat Puasa Senin Kamis dengan Memuliakan Yatim

Banyak keutamaan menjalankan puasa pada Senin dan Kamis ini salah satunya ialah hari Senin merupakan hari dimana Rasulullah saw dilahirkan dan menerima wahyu-wahyu dari Allah SWT serta hari kamis juga merupakan hari dimana kebanyakan perjalan Rasulullah saw dilakukan. Namun, tak kalah banyak juga manfaat yang kamu dapatkan dari menjalankan atau mulai membiasakan puasa Senin dan Kamis ini, diantaranya:

  • Dapat menjadi perisai bagi kejiwaan seseorang

Menjalankan puasa, baik itu puasa fardhu maupun sunnah dapat memberikan pengaruh besar kepada kondisi kejiwaan seseorang. Puasa dapat membantu melatih kesabaran, melatih menguasai diri serta melatih diri dalam mereda hawa nafsu.

  • Melatih diri untuk berdisiplin

Dengan berpuasa, seseorang akan dilatih untuk harus selalu berdisiplin dalam segala hal karena ia akan merasa bahwa Allah SWT selalu menguasai setiap tindakan yang dilakukan sehingga selalu mawas diri serta menghindari segala hal yang dapat membatalkan puasanya.

  • Melembutkan hati dan meningkatkan rasa syukur

Dengan berpuasa, rasa empati terhadap orang lain akan semakin meningkat, terutama bagi mereka yang berada dalam kondisi keberuntungan yang masih jauh di bawah kita dan dengan berpuasa pula kita akan lebih tahu cara mensyukuri nikmat yang diberikan oleh Allah SWT

  • Berpengaruh besar pada kesehatan tubuh

Banyak ahli yang menyatakan bahwa puasa baik bagi kesehatan seseorang.  Karena dengan berpuasa tubuh akan terbersihkan dari segala jenis racun yang mengendap di dalam tubuh serta sebagai salah satu metode penyembuhan dari berbagai penyakit. Saat berpuasa, system pencernan dapat beristirahat sehingga system tubuh lainnya dapat bekerja dengan lebih baik.

 

Niat Puasa Senin Kamis

Sempurnakan Niat Puasa Senin Kamis dengan Memuliakan Yatim

Sebelum memulai ibadah tentunya harus memiliki niat untuk mengerjakan hal tersebut karena Allah Ta’ala, tidak terkecuali puasa Senin dan Kamis. Berikut merupakan lafadz niat yang dapat diucapkan sebelum memulai menjalankan puasa Senin Kamis.

Niat Puasa Hari Senin

نَوَيْتُ   صَوْمَ     يَوْمَ  اْلاِثْنَيْنِ   سُنَّةً   للهِ   تَعَالَى

Nawaitu shouma yaumal itsnaini sunnatan lillahi ta’aalaa.”

Artinya: “Aku berniat puasa sunnah hari Senin karena Allah Ta’ala.”

 

Niat Puasa Hari Kamis

نَوَيْتُ   صَوْمَ    يَوْمَ   الْخَمِيْسِ   سُنَّةً   للهِ    تَعَالَى

Nawaitu shouma yaumal khomisi sunnatan lillahi ta’aalaa.”

Artinya: “Aku berniat puasa sunnah hari Kamis karena Allah Ta’ala.”

Ditulis Oleh: Ray


Menjalankan ibadah puasa Senin Kamis belum lengkap rasanya jika tidak diiringi dengan bersedekah. Dengan bersedekah, kamu secara tidak langsung dapat membantu mereka yang kurang beruntung. Sekarang kamu dapat bersedekah secara online melalui website Kitabisa atau melalui aplikasi Kitabisa untuk melengkapi amalan pada hari Senin dan Kamis. Dengan Aplikasi Kitabisa, kamu dapat berbagi kebaikan dengan mudah dan cepat mulai dari Seribu Rupiah! Yuk download Aplikasi Kitabisa dan jadi bagian dari OrangBaik!

 

Comments are closed.