Sedekah

Shadaqah 2,5 Persen untuk Pembangunan Mushola di Pelosok

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Musholla Miftahul Jannah terletak di Kampung Yahim, Kelurahan Debonsolo, Kecamatan Sentani Kota, Provinsi Papua. Mushola ini merupakan mushola kebanggaan satu-satunya masyarakat kampung Yahim. Usianya sudah 12 tahunan di mana mushola ini pertama kali didirikan pada 2006 lalu.

Mushola Miftahul Jannah merupakan pemberian wakaf dari salah satu masyarakat di kampung tersebut. Keterbatasan dana menjadi salah satu penyebab mushola ini belum pernah direnovasi, padahal kondisinya sudah jauh dari kata layak. Padahal, mushola tersebut merupakan pusat pendidikan Islam bagi masyarakat kampung di sana.

Masyarakat kampung sudah melakukan berbagai swadaya untuk bisa merenovasi mushola ini secara mandiri. Tapi apa daya dana yang dibutuhkan tidak kunjung terkumpul.

Saat ini Yayasan Sedekah Masjid sedang berikhtiar menggalang dana untuk pembangunan kembali Mushola Miftahul Jannah dan mengajak seluruh dermawan untuk memanfaatkan peluang kebaikan ini.

Bantuan bisa kita berikan untuk renovasi bangunan Mushola, salah satunya dengan memberikan sedekah. Berikut adalah penjelasan mengenai shadaqah yang bisa kita berikan.

 

Ketentuan Shadaqah 2,5 Persen

Shadaqah 2,5 Persen untuk Pembangunan Mushola di Pelosok

Cara menghitung sedekah 2,5 persen sejatinya tidak begitu rumit. Misalnya, dalam sebulan kita punya penghasilan Rp2 juta, dan kita ingin mensedekahkan sebagiannya. Niat sedekah sesuai dengan anjuran agama adalah sebesar 2,5 persen dari penghasilan.

2,5% X Rp2 juta = Rp50 ribu

Harta yang bisa kita sedekahkan, dengan ketentuan sedekah 2,5 persen pastinya, adalah Rp50 ribu. Secara fisik penghasilan kamu akan berkurang Rp50 ribu menjadi Rp1.950.000, tapi secara metafisik uang kita sebenarnya Rp1.950.000 plus Rp500 ribu. Allah berjanji akan mengalikan minimal 10 setiap sedekah yang kita salurkan.

Hal ini sesuai dengan hadis Nabi Muhammad: Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda, sedekah itu tidak akan mengurangi harta. Allah SWT akan menambah kemuliaan kepada hamba-Nya yang pemaaf. Dan bagi hamba yang tawadhu’ karena Allah SWT akan mengangkat (derajatnya).

 

5 Keutamaan Shadaqah 2,5 Persen

Shadaqah 2,5 Persen untuk Pembangunan Mushola di Pelosok

  1. Sedekah 2,5 persen mendatangkan rahmat Allah
  2. Dapat memadamkan murka ilahi
  3. Sedekah 2,5 persen menghindarkan dari mati suul khatimah
  4. Dapat menyembuhkan penyakit
  5. Sedekah 2,5 persen mendatangkan keberkahan dalam hidup dan tambahan rezeki

 

Keutamaan Shadaqah 2,5 Persen di bulan Ramadhan

Shadaqah 2,5 Persen untuk Pembangunan Mushola di Pelosok

Masih dari sumber yang sama, Nabi Muhammad pernah ditanya, sedekah manakah yang paling utama? Seperti diriwayatkan oleh Anas RA, Nabi kemudian menjawab: “Sedekah di bulan Ramadhan.”

Dalam hadisnya, Nabi pernah bersabda: “Barang siapa menolong keperluan saudaranya Muslim di bulan Ramadhan, Allah ta’ala akan menolong seribu keperluan/hajatnya di hari kiamat.”

Hadis lainnya, Nabi Muhammad SAW bersabda, “Barang siapa pada bulan Ramadhan memberi makan berbuka puasa, maka itu menjadi ampunan bagi dosa-dosanya dan dia memperoleh pahala seperti yang diperoleh orang yang berpuasa tanpa dikurangi sedikit pun.”

Terkait hadis itu, para Sahabat pun berkata, ya rasulallah, kami tak punya makanan untuk diberikan. Mendengar pernyataan para Sahabat itu, Nabi kemudian bilang, “Allah memberikan pahala kepada orang yang memberi buka puasa meski hanya seteguk air, sebutir kurma atau sehirup susu.”

Ditulis Oleh: Ranu Mohamad


Seperti Rumah Yatim Dhuafa, masih banyak lagi pesantren atau masjid yang butuh bantuan kamu. Kamu bisa bersedekah untuk membantu mereka melalui Kitabisa. Yuk, mulai sedekah online tepercaya sekarang dan rasakan keutamaannya!

banner_donasi_sedekah

Comments are closed.