Kisah Sukses

Solidaritas #OrangBaik Bantu Korban Banjir Jabodetabek

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Sejak Selasa (31/12/2019) hingga Rabu (1/1/2020), wilayah Jakarta dan sekitarnya dilanda hujan deras. Puncak dari hujan tersebut adalah banjir yang terjadi di beberapa titik di Jabodetabek. Beberapa daerah lumpuh dan warga terpaksa mengungsi ke daerah yang lebih aman. 

Banjir Jabodetabek menyebabkan rumah warga dan fasilitas umum terendam air, ribuan kendaraan rusak, hingga beberapa orang meninggal akibat terseret arus. Ribuan warga yang terdampak banjir terpaksa mengungsi ke tempat-tempat yang lebih aman. Mereka membutuhkan bantuan, mulai dari makanan, pakaian, selimut, dan obat-obatan. 

 

Gotong Royong untuk Selamatkan Korban

View this post on Instagram

Banjir yang menerjang wilayah Jabodetabek berdampak pada banyak warga. Namun, di tengah musibah ini, solidaritas warga menguat. Mereka sigap mengerahkan tenaga untuk bantu sesama. . Peristiwa ini juga memunculkan banyak cerita-cerita humanis dari #OrangBaik berjiwa pahlawan yang rela menerjang banjir demi menyelamatkan mereka yang terjebak. Tak hanya menyelamatkan manusia, mereka juga terjun langsung untuk selamatkan satwa. . Derasnya banjir tak akan menghayutkan kemanusiaan kita. . Terima kasih #OrangBaik . Kamu masih bisa membantu warga terdampak banjir dengan donasi via kitabisa.com/tbxinfiabencana2020 (link di bio) . Yuk, kirim “❤❤❤” untuk solidaritas kita! . #JumatBerkah #banjir #banjirjakarta #banjirjabodetabek #kitabisa #orangbaik

A post shared by Kitabisa (@kitabisacom) on

Di balik musibah yang melanda Jabodetabek, para warga saling membantu satu sama lain. Mereka bergotong royong untuk bantu mereka yang membutuhkan. Muncul pahlawan-pahlawan yang rela menerjang banjir untuk bantu sesama. Mulai dari petugas pemadam kebakaran yang menyelamatkan anjing, seorang pemuda yang berikan bantuan makanan untuk temannya yang terjebak banjir, hingga relawan, warga, serta Satgas Banjir Korps Marinir yang rela menerjang banjir untuk bantu evakuasi korban. 

 

Galang Dana untuk bantu Korban Banjir

Melihat kondisi warga yang terdampak banjir, para #OrangBaik langsung tergerak untuk membantu. Selain turun langsung ke lapangan, mereka juga menggalang dana di Kitabisa untuk bantu saudara-saudara yang membutuhkan. Mulai dari musisi hingga penulis mengajak netizen untuk berdonasi bantu korban banjir. Dengan berdonasi melalui Kitabisa, para #OrangBaik bersama-sama membantu korban banjir di berbagai daerah di Jabodetabek. 

 

Adib Hidayat Sigap Buat Galang Dana

bantuan adib hidayat

Adib Hidayat menggalang dana di Kitabisa bagi para korban banjir Jakarta dan sekitarnya. Hingga kini, galang dana Adib Hidayat telah mengumpulkan donasi sebanyak lebih dari Rp 400 juta. Donasi tersebut digunakan untuk membeli makanan, obat-obatan, selimut, susu, serta makanan hewan seperti kucing dan anjing. Tak hanya menggalang dana, Adib Hidayat bersama dengan Glenn Fredly juga membuka posko bantuan di M Bloc Space Jakarta. Lewat posko bantuan tersebut, orang-orang yang ingin memberikan bantuan dapat menyalurkannya secara langsung.

 

Jenny Jusuf Galang Dana untuk Perempuan dan Anak

Galang dana Jenny Jusuf ditujukan untuk membantu kebutuhan perempuan dan anak-anak. Jenny Jusuf tahu bagaimana rasanya menjadi korban banjir. Saat ia masih tinggal di Jakarta Utara, Jenny Jusuf dan keluarga pernah terjebak di lantai 2 rumah berhari-hari tanpa persediaan yang memadai. Kondisi rumah dihuni oleh 5 orang dan empat di antaranya adalah perempuan. Berdasar pengalaman itulah Jenny Jusuf tergerak untuk bantu warga yang terdampak banjir, khususnya para perempuan dan anak-anak. Donasi yang terkumpul pada galang dana Jenny Jusuf digunakan untuk membeli kebutuhan perempuan dan anak-anak seperti pembalut, popok, pakaian dalam, kerudung, obat-obatan, dll.

 

Bantu Korban Banjir dengan Cara Kreatif

Feast memiliki cara tersendiri untuk bantu korban banjir Jakarta dan sekitarnya. Melihat banyak warga yang masih membutuhkan bantuan, Feast berinisiatif mencetak kaos Blackwater dan seluruh keuntungan penjualannya disumbangkan untuk bantu warga yang terdampak banjir. Dengan membeli kaos Blackwater, kamu telah ikut serta dalam membantu mereka yang membutuhkan. Hasil penjualan kaos ini akan disalurkan melalui Kitabisa untuk bantu korban banjir Jakarta dan sekitarnya.

Selain Feast, penyanyi Afgansyah Reza juga turut serta dalam bantu korban banjir. Afgan akan mendonasikan seluruh hasil penjualan tiket #KonserAmalAfgan dari tanggal 2-9 Januari 2020 untuk bantu korban banjir di Jakarta dan sekitarnya. Dengan membeli tiket #KonserAmalAfgan, kamu otomatis berdonasi untuk bantu warga terdampak banjir. 

 

Penyaluran Bantuan Banjir Hasil Donasi

bantuan banjir

Puluhan ribu #OrangBaik bersolidaritas untuk bantu saudara-saudara kita yang terdampak bencana dengan donasi Kitabisa. Hingga kini, donasi yang terkumpul mencapai Rp 2 Miliar dari total 43 galang dana yang ada. 

Sejak Jumat (3/1), Kitabisa bersama Sekolah Relawan dan Human Initiative telah menyalurkan bantuan ke berbagai wilayah di Jabodetabek. Hingga tanggal 6 Januari 2020, bantuan yang disalurkan diantaranya 10.500 porsi nasi bungkus, 500 paket kebutuhan ibu dan anak, serta 1.000 paket alat kebersihan. Bantuan tersebut diberikan ke beberapa wilayah diantaranya Jatiasih, Kota Bekasi; Pondok Arum, Kota Tangerang; Duri Kepa, Jakarta Barat; Pengadegan, Jakarta Selatan; serta beberapa wilayah lainnya di jabodetabek. 

banjir jabodetabek

Donasi dari galang dana Adib Hidayat telah disalurkan ke beberapa daerah diantaranya Pondok Pinang, Panunggangan Barat Tangerang dan Pangadegan. Bantuan yang diberikan dalam bentuk susu, kue kering, pampers, popok, selimut, sarung, dan tissue. Sebagian donasi juga telah disalurkan ke Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia untuk makan adik-adik batita yang terdampak banjir. 

korban banjir

Sementara donasi yang terkumpul di galang dana Jenny Jusuf disalurkan untuk korban banjir di Bukit Duri. Pada alokasi tahap pertama ini, bantuan yang diberikan berupa 60 pakaian dalam perempuan, 50 kerudung, 50 popok bayi, 50 pembalut wanita, 50 selimut, 50 alat kebersihan, 50 susu, serta 50 nasi bungkus. 

Para warga sangat antusias menerima bantuan. Mereka sangat berterima kasih atas bantuan yang telah diberikan. 

Donasi yang terkumpul dari para #OrangBaik akan terus disalurkan ke wilayah-wilayah yang membutuhkan. Secara berkala, Kitabisa akan memberikan update penyaluran bantuan banjir pada halaman galang dana.

Terima kasih sudah menjadi bagian dari #OrangBaik yang ikut gotong royong bantu meringankan keadaan saudara-saudara kita yang terdampak banjir.

 

Comments are closed.