Solidaritas Ribuan Donatur BisaSembuh Hadiahi Respirator untuk Tenaga Kesehatan

Jakarta, 4 Maret 2021 – Pandemi Covid-19 di Indonesia sudah berlangsung selama 1 Tahun per 2 Maret lalu. Meski angka penderitanya sudah mulai mengalami penurunan, namun para tenaga kesehatan (nakes) sebagai garda terdepan penanganan Covid-19 tetap harus siaga. Kurangnya ketersediaan Alat Pelindung Diri (APD) masih menjadi hambatan yang dirasakan nakes. Namun berkat solidaritas ribuan donatur melalui program BisaSembuh di Kitabisa, pada Selasa (29/2) para nakes di RS Pondok Gede dihadiahi sebanyak 8 paket alat respirator. Dibantu oleh Human Initiative, alat respirator ini berasal dari dana publik di kitabisa.com/bisasembuh.

dr. Fira yang saat itu bertugas menyambut baik hadiah tersebut. “(Alat respirator) Ini penting banget untuk tenaga kesehatan. Tidak banyak tenaga kesehatan yang mendapatkan fasilitas ini padahal berguna untuk pencegahan supaya tenaga kesehatan tidak terpapar saat berhadapan dengan pasien.” ujarnya.

Sebelumnya, dr. Fira menceritakan bahwa kurangnya ketersediaan APD ini masih menjadi masalah yang dihadapi para nakes. Ia menyayangkan alat respirator menjadi salah satu yang justru jarang didapatkan oleh para nakes.

“Biasanya kami perlu gunakan saat visit atau kegiatan lainnya yang memang mengharuskan nakes berhadapan dengan pasien. (Respirator) ini jadi penting karena sehari-hari para nakes biasa menggunakan atribut lengkap yang bikin sesak.”, ujar dr. Fira.

Hadiah untuk nakes ini menjadi bukti lainnya bahwa gotong royong masyarakat Indonesia tetap berlangsung meski di tengah Pandemi. Ribuan orang yang berdonasi di kitabisa.com/bisasembuh menunjukkan dukungannya untuk para nakes yang sedang berjuang melalui bantuan alat respirator yang dibagikan. Raut wajah bahagia para nakes saat menerima bantuan tidak dapat ditutupi dan ujaran terima kasih tidak berhenti diucapkan kepada donatur.

“Terima kasih kepada donatur yang sudah berdonasi. Bantuan dari kalian sangat berarti dan bisa membantu lindungi kami saat bekerja. Semoga Pandemi ini cepat berakhir dan jaga kesehatan selalu.”, tutup dr. Fira.