3 Strategi Untuk Meningkatkan Interaksi Dengan Donatur

Organisasi nonprofit harus selalu memperbarui strategi mereka dalam menarik perhatian masyarakat dan donatur. Agar mereka selalu tertarik untuk ikut berpatisipasi dalam misi yang organisasi Anda lakukan. Dengan bertumbuhnya penggunaan teknologi, organisasi nonprofit dapat menggunakan strategi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat saat ini.

Berikut merupakan strategi untuk meningkatkan interkasi dengan donatur yang dapat digunakan organisasi nonprofit.

1. Penggalangan Dana Online

Dengan melakukan penggalangan dana secara online akan memudahkan pembuat campaign, donor dan organisasi secara keseluruhan.

Melalui penngalangan dana online hanya membutuhkan waktu yang singkat untuk membuatnya dan dapat disebarkan ke sosial media, website dan email.  Kitabisa.com menjadi salah satu wadah penggalangan dana online yang digunakan banyak organisasi nonprofit di Indonesia.

Sebagai contoh NGO Mercy Indonesia mengumpulkan donasi kado natal untuk 500 anak panti asuhan di NTT.

Melalui online fundraising, organisasi juga dapat memantu progress dari dana yang terkumpul dan mencaritakan kisah dibalik penggalangan dana yang ingin dibentuk dan tujuan. Selain memperoleh donasi, organisasi nonprofit juga dapat membangun hubungan dengan para donatur yang terlah berpatisipasi.

2. Mengirimkan Laporan Online Secara Berkala

Para donor ingin mengetahui bagaimana dukungan yang mereka berikan telah memberikan dampak kepada organisasi Anda. Dengan itu, sediakan laporan online secara anual kepada donor yang sudah berkontribusi, sehingga organisasi menjadi transparan mengenai laporannya.

Bentuk laporan yang disampaikan bisa dalam bentuk video, e-book, artikel website dan infografis. Organisasi All Hands Volunteers telah membtuat laporan finansial dan aksi secara online yang interaktif, sehingga mudah dan menarik untuk di baca para donor.

all-hands-annual-report-1

Sumber: All Hands Volunteer 2016

3. Hadiah dan Merchandise

Donor akan senang jika organisasi melibatkan mereka untuk setiap gerakan yang dibentuk untuk kebaikan. Untuk mengapresiasi donor, organisasi dapat memberikan hadiah kepada donor dan memperoleh donasi secara bersamaan.

Hadiah apresiasi dan rasa terima kasih untuk donor dapat disampaikan dalam bentuk kaos, seperti yang dilakukan Human Rights Campaign, yang memberikan pilihan untuk donor merchandise yang dibeli akan langsung disalurkan kepada program HAM yang sedang berlangsung.

3rewf5rp4jo-evan-kirby

Menjadiadi organisasi yang transparan sehingga menumbuhkan rasa kepercayaan antara donor dan organisasi. Dengan memberikan pilihan merchandise, memberikan apresiasi dan kenang-kenangan kepada donatur dan juga menumbuhkan kesadaran di antara masyarakat sekitar mengenai misi organisasi Anda.