Strategi yang Dapat Dimanfaatkan NGO dari Perusahaan Global seperti Coca-Cola

Melinda Gates, pendiri dari Yayasan Bill & Melinda Gates telah melakukan penelitian mengenai kunci kesuksesan dibalik perusahaan global seperti Coca-cola. Melalui diskusi yang dibentuk  di acara TedX Change, Melinda mengungkapkan bahwa terdapat tiga strategi penting yang dapat diadopsi oleh NGO agar dapat memaksimalkan misinya.

1. Menggunakan Data yang Aktual

NGO harus menggunakan data yang aktual dan update sebagai bekal untuk mengimplementasikan  proyek yang lebih spesifik dan efisien. Sebagai contoh, melakukan pengambilan survei terhadap masyarakat langsung dan tidak hanya berdasarkan data yang sudah ada. Melalui pengumpulan data juga akan membantu NGO untuk melakukan identifikasi permasalahan lebih awal.

5

2. Memanfaatkan Budaya Lokal

Sangatlah penting untuk melibatkan masyarakat lokal dalam menggerakan misi dari suatu organisasi. Sebagai contoh Coca-cola berada di Afrika sejak tahun 1928 dan tidak mudah bagi mereka untuk mengakses masyarakat hingga pedalaman karena kondisi infrastruktur yang buruk saat itu. Dengan itu Coca-cola membentuk small loans micro-distribution center dan diumumkan ke masyarakat lokal dan menjadikan mereka agen penjual Coca-cola dengan hanya gerobak dan sepeda. Hasilnya tercapai 90% penjualan dan 15.000 orang berhasil dipekerjakan.

6

3. Mengadopsi Nilai Lokal di dalam Strategi Marketing

Dengan melibatkan masyarakat lokal untuk melakukan penjualan produk, masyarakat menjadi bergantung pada Coca-cola untuk memenuhi pendapatan mereka sehari-hari. Ditambah lagi, Coca-cola membentuk slogan “open happiness” yaitu nilai yang diasosiasikan dengan kepedulian komunitas lokal dan kekeluargaan. Suatu NGO dapat mengadopsi nilai local entrepreneur yang dapat mengembangkan kemampuan masyarakat di daerah terpencil. Sehingga memotivasi mereka untuk membuat perubahan.