Kisah Sukses

Sukses Dirikan Rumah Singgah untuk Anak Yatim, Kini Bon Ali Bangun Masjid Bagi Lansia Dhuafa

  • Bon Ali seorang polisi di Yogyakarta yang mendedikasikan hidupnya untuk membantu sesama, mendirikan Rumah Singgah Bumi Damai untuk merawat anak-anak yatim dan dhuafa.
  • Tak hanya merawat dan mengasuh anak yatim, Bon Ali juga memiliki impian lain yaitu membangun masjid bagi kaum dhuafa.
  • Inisiatif Bon Ali perlu diapresiasi. Kini ia tengah membangun masjid ke-11 dari donasi yang terkumpul melalui kitabisa.com/bumidamai

Jakarta, 11 Desember 2020 – Pagi lindungi warga, sore rawat anak yatim dan lansia dhuafa. Inilah keseharian Bon Ali, seorang polisi di Yogyakarta yang mendedikasikan hidupnya untuk membantu sesama, mendirikan Rumah Singgah Bumi Damai untuk merawat anak-anak yatim dan dhuafa.

Bukan tanpa alasan Bon Ali melakukan derma kepada yang membutuhkan. Saat menjadi santri dahulu, ia sering tak punya uang hingga berhutang pada warung makan. Maka itu, ia dijuluki Bon Ali. Ia tahu rasanya berada dalam kesulitan, maka itu saat ia mampu, ia akan membantu orang-orang yang membutuhkan.

Terlebih lagi, ia mendapat pesan dari kyai dari pesantren tempatnya belajar dulu, “Harus jadi polisi yang mencintai bangsa dan bermanfaat untuk masyarakat.”

Pesan ini benar ia lakukan saat telah menjadi polisi. Ia sisihkan sebagian gajinya untuk menyantuni 7 anak yatim di sekitar rumahnya. Lama-kelamaan, anak yatim yang ia santuni semakin banyak dan diantaranya tidak memiliki tempat tinggal. Akhirnya,  Bon Ali mendirikan Rumah Singgah Bumi Damai untuk merawat anak-anak yatim dan dhuafa. Di sela-sela kesibukannya, ia pun masih menyempatkan diri untuk berbagi dengan lansia dhuafa. 

Ikhtiar Bon Ali untuk Membangun 100 Masjid

Tak hanya merawat dan mengasuh anak yatim, Bon Ali juga memiliki impian lain yaitu membangun 100 masjid. Ia berikhtiar untuk membangun masjid bagi kaum dhuafa di pedalaman agar warga dengan usia rentan tidak perlu berjalan terlalu jauh untuk shalat berjamaah. Untuk membantu mewujudkan impiannya, Yayasan Bumi Damai membuka donasi untuk membantu  Bon Ali mewujudkan niat baiknya.


Sebelumnya, ia telah membangun 10 masjid di Kulonprogo dan Gunungkidul. Kini ia tengah membangun masjid ke-11 dari donasi yang terkumpul melalui kitabisa.com/bumidamai. Donasi sebesar Rp 39.092.621 dari 1178 donatur telah digunakan untuk pembangunan awal masjid. Bon Ali berharap, pembangunan masjid bisa lancar agar memudahkan kaum dhuafa untuk beribadah.

“Sudah jadi takdir untuk bantu sesama karena (saya) dilimpahi rezeki yang berkecukupan.”

Inilah semangat Bon Ali, senang membantu, mengulurkan tangannya bagi mereka yang membutuhkan. Bahkan impiannya pun untuk membangun masjid karena semata ingin membantu sesama. Dukung terus gerakan Bon Ali melalui kitabisa.com/bumidamai

Recent Posts

<strong>Informasi Tentang Program Bingkisan Sehat Kitabisa</strong>

Informasi Tentang Program Bingkisan Sehat Kitabisa

Bingkisan Sehat adalah salah satu program dari Kitabisa yang men-support para Pejuang Sembuh melalui pemberian…

4 days ago
<strong>Merayakan Beragam Kebaikan di Festival Warga Bantu Warga</strong>

Merayakan Beragam Kebaikan di Festival Warga Bantu Warga

Merayakan Beragam Kebaikan di Festival Warga Bantu Warga Kamu tertarik datang ke Festival Warga Bantu…

1 week ago
<strong>Informasi Tentang Program Kita Danain Kampus</strong>

Informasi Tentang Program Kita Danain Kampus

Kampusmu memiliki berbagai program kegiatan sosial dan ingin berkolaborasi dengan Kitabisa? Jangan khawatir, Kitabisa siap…

1 week ago
Informasi Tentang Kado Donasi x Gopay

Informasi Tentang Kado Donasi x Gopay

Halo #OrangBaik, Kitabisa menghadirkan fitur baru untuk kamu yang ingin memberikan kado/hadiah kepada orang tersayang.…

1 week ago
Program Paket Data untuk UMKM Melek Digital

Program Paket Data untuk UMKM Melek Digital

Apa itu Program “Paket Data untuk UMKM Melek Digital”Sebuah program untuk membantu memberikan bantuan pembelian…

3 weeks ago
Voluntrip By Kitabisa

Voluntrip By Kitabisa

Apa itu Voluntrip? Voluntrip adalah program yang diadakan oleh Kitabisa untuk mewadahi masyarakat umum yang…

3 weeks ago