Tak Harus di Luar, Ini Contoh Sedekah Subuh di Rumah

Sedekah adalah amalan baik yang dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja. Namun, di antara semua waktu, subuh menjadi salah satu waktu yang paling dianjurkan untuk melakukan sedekah.

Waktu subuh yang cenderung sangat singkat pun mungkin masih menimbulkan kebimbangan tersendiri bagi sebagian orang. Sedekah seperti apa kepada siapa yang bisa dilakukan saat pagi-pagi buta? 

Namun, faktanya, pemberian ikhlas ini bisa dilakukan dari mana saja, termasuk dari rumah. Contoh sedekah subuh di rumah pun sangat banyak dan mudah seperti dalam ulasan berikut ini.

Mengapa Perlu Memperbanyak Sedekah Subuh? 

Ada banyak alasan mengapa umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak sedekah subuh. Hal ini pun tidak terlepas dari keistimewaan waktu subuh itu sendiri. Subuh menjadi waktu berkumpulnya malaikat sehingga perbuatan kita akan disaksikan dan bahkan didoakan.

Selengkapnya, berikut adalah beberapa alasan utama mengapa muslim perlu memperbanyak sedekah subuh.

Disaksikan dan Didoakan Malaikat

Seperti yang disampaikan sebelumnya, malaikat akan menyaksikan dan bahkan mendoakan orang yang bersedekah di kala subuh. Doa malaikat sendiri merupakan doa yang mustajab, sehingga sayang rasanya melewatkan kesempatan emas ini.

Dilipatgandakan Rezeki

Salah satu doa yang disampaikan malaikat saat seseorang melakukan sedekah subuh adalah dengan melipatgandakan rezekinya. Sebaliknya, mereka yang enggan mengeluarkan sedekah bahkan bakhil untuk membantu orang lain justru didoakan rezekinya akan terhambat.

Melindungi dari Siksa Kubur dan Api Neraka

Salah dan dosa adalah hal yang sangat manusiawi dan pasti terjadi, bahkan sekalipun tidak diniati maupun disadari. Siksa kubur dan api neraka pun menjadi ganjaran atas dosa-dosa yang dilakukan. Adapun salah satu cara untuk menggugurkan dosa adalah dengan rutin dan ikhlas bersedekah.

Contoh Sedekah Subuh di Rumah 

Umumnya, contoh sedekah subuh yang sering dianjurkan adalah mengisi kotak amal di masjid. Namun, tidak semua orang bisa melakukannya, seperti misal muslimah yang tidak pergi ke masjid. 

Kendati begitu, segala kebaikan yang dianjurkan dalam Islam tidak pernah memberatkan. Sedekah subuh dari rumah juga bisa dilakukan melalui berbagai cara seperti contoh di bawah ini.

Membantu Membersihkan Rumah

Terutama bagi anak-anak atau anggota keluarga yang tidak berpenghasilan maupun berkewajiban menafkahi, membantu membersihkan rumah usai salat subuh dengan niat bersedekah bisa jadi salah satu contoh sedekah subuh di rumah yang bisa dilakukan.

Ingat bahwa sedekah tidak harus dalam bentuk materi, terutama jika tidak memungkinkan. Selain itu, bersedekah juga dianjurkan dimulai dari lingkungan terdekat dulu seperti keluarga. Asal melakukannya dengan ikhlas, berniat sedekah, dan mengharap rida Allah, insya Allah akan memperoleh pahala dan kebaikan sedekah subuh yang diharapkan.

Menitipkan Uang ke Kotak Amal Masjid

Masjid menjadi salah satu kelompok yang diutamakan untuk menerima sedekah subuh. Caranya pun mudah, yakni cukup memasukkan sebagian harta yang dimiliki ke dalam kotak amal yang tersedia di masjid.

Jika kondisi tidak memungkinkan untuk pergi sendiri ke masjid, maka menitipkannya pada orang lain (misal suami, anak, saudara) untuk dimasukkan ke kotak amal masjid dapat dihitung sebagai sedekah subuh.

Berdonasi Lewat Aplikasi

Contoh sedekah subuh dari rumah lainnya adalah dengan berdonasi melalui aplikasi. Adanya platform semacam ini mempermudah muslim yang ingin bersedekah tanpa terhalang oleh waktu dan tempat, termasuk sedekah subuh dari rumah.

Aplikasi Kitabisa adalah salah satu platform online untuk bersedekah yang bisa kamu gunakan. Kamu dapat memilih sendiri campaign donasi yang tersedia, seperti pembangunan rumah ibadah, menolong biaya pengobatan, dana pendidikan untuk yatim piatu, dan lain-lain.

Kamu bisa berdonasi saat subuh seperti ribuan orang lainnya yang telah menggunakan aplikasi Kitabisa sebagai perantara sedekah subuh mereka. Nominal yang kamu keluarkan pun tak harus besar. Kamu bisa berdonasi mulai dari Rp1.000,00 saja.

Sedekah subuh merupakan amalan yang dianjurkan karena berbagai keutamaannya. Ibadah ini pun dapat dilakukan di mana saja sejak usai salat subuh hingga terbitnya matahari, termasuk di rumah sekalipun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *