Tak Main-main, Galang Dana Greeneration Foundation Optimis Berikan APD untuk 2.000 Petugas Persampahan Seluruh Indonesia

 

  • Greeneration Foundation dan Waste4Change ajak 82 kolaborator galang dana untuk para petugas persampahan dan pemulung tanpa menggunakan alat pelindung diri yang memadai.
  • Galang dana fase ke-1 telah salurkan donasi berupa masker, sabun cuci tangan, hand sanitizer, sarung tangan karet dan sembako ke 761 petugas persampahan di 15 wilayah penyaluran.
  • Target penggalangan dana ini dapat membantu 2.000 pemulung dan petugas persampahan di 21 Kabupaten/Kota dengan 26 wilayah penyaluran. 
  • Penggalangan dana terkumpul sebesar Rp198 juta rupiah dan masih dibuka sampai saat ini melalui kitabisa.com/agarmerekaamancorona.

 

 

Jakarta, 16 Juli 2020 – Greeneration Foundation dan Waste4Change gandeng 82 kolaborator, menggalang dana untuk bantu petugas persampahan dan pemulung yang bekerja di tempat pembuangan sampah tanpa alat pelindung diri. Dibuka sejak 26 Maret 2020, sebanyak 730 orang telah ikut membantu petugas persampahan. Kini donasi yang terkumpul sebesar Rp198 juta rupiah telah disalurkan secara bertahap.

Pada fase pertama gerakan ini telah salurkan donasi berupa masker, sabun cuci tangan, hand sanitizer, sarung tangan karet dan sembako kepada 761 penerima manfaat di 15 titik wilayah penyaluran. Target akhir fase kedua gerakan ini adalah dapat memberikan manfaat kepada 2.000 petugas persampahan dan pemulung di seluruh Indonesia.

 

Kirim Bantuan ke Penjuru Indonesia

Setelah pendataan petugas persampahan dan pemulung di seluruh titik wilayah penyaluran, kemudian Greeneration Foundation dan Waste4Change membagi 82 kolaborator menjadi 15 rekan penyalur di 2 fase pembagian manfaat. Secara gotong royong, 15 rekan penyalur bertugas untuk melakukan penyaluran door to door kepada petugas persampahan dan pemulung sesuai dengan pendataan yang bisa dilihat di sini.

Pada fase pertama, penyaluran donasi telah sampai kepada 761 penerima manfaat. Salah satunya seperti di Kota Salatiga, Jawa Tengah, Penyaluran dibantu oleh rekan rekan Ijo Lumut dengan 154 penerima manfaat, penyaluran dilakukan selama dua hari yaitu pada tanggal 1 – 2 Mei 2020 lalu.

Tak hanya berhenti sampai situ, Greeneration Foundation dan Waste4Change masih lanjutkan perjuangan mereka untuk mencapai target 2.000 penerima manfaat di 26 titik lokasi penyaluran.

Dukungan Orang Baik Mulai dari Masyarakat, Artis sampai Putri Indonesia Lingkungan 2016

Melalui diskusi virtual yang diselenggarakan oleh Greeneration Foundation pada Jumat, 8 April 2020, Arifin Putra menyampaikan keprihatinannya terhadap para petugas persampahan dan pemulung. Menurutnya, pahlawan sampah ini juga harus mendapatkan perhatian dan bantuan yang layak, khususnya di tengah pandemi Covid-19 saat ini.

“Aku siap membantu teman-teman pemulung dan pekerja persampahan yang tanpa mengenal kata lelah melakukan pekerjaan penting di tengah pandemi ini, namun masih dipandang sebelah mata,” ujar Arifin Putra.

Felice Hwang, Putri Indonesia Lingkungan 2016 juga angkat bicara untuk ajak masyarakat berdonasi, membantu para pahlawan sampah yang harus tetap berjuang ditengah pandemi.

“Ratusan orang sudah berpartisipasi, sekarang giliran kamu. Klik kitabisa.com/agarmerekaamancorona dan kamu bisa donasi sekarang. Ayo #IndonesiaLawanCorona”, jelas Felice Hwang mengkampanyekan aksi galang dana ini.

Ini Kata Penerima Manfaat

Ratusan petugas persampahan dan pemulung telah menerima manfaat dari orang baik di seluruh Indonesia. Melalui tulisan ini, rekan penyalur ingin berbagi berbagai macam respon haru dan bahagia diterima saat melakukan penyaluran donasi. 

APSI Kapuas: “Terima kasih ya Greeneration, kasih sumbangannya buat kami dan sembakonya. Terima kasih banyak.

APSI Purwakarta: “Jazakumullah khairan katsiran, terima kasih orang yang sudah memberikan rezekinya kepada saya, mudah-mudahan kebaikannya diganti dan dibalas oleh Allah SWT. Terima kasih orang baik.”

Sampai saat ini Greeneration Foundation dan Waste4Change masih melakukan pendataan terkait penyaluran donasi. Tak lupa juga gerakan ini selalu mengingatkan pada seluruh masyarakat untuk membantu meringankan tugas para petugas persampahan dan pemulung dengan memilah sampah dari rumah.