Tata Cara Sedekah Subuh di Rumah Bagi yang Bergaji Pas-Pasan

Selain dapat meringankan beban orang yang membutuhkan, sedekah Subuh juga dapat mendatangkan pahala bagi yang melakukannya. Namun, bagaimana jika niat baik untuk sedekah itu terganjal gaji yang pas-pasan? Untuk itu, ikuti tata cara sedekah Subuh di rumah ini, khususnya bagi yang merasa gajinya tergolong pas-pasan—tetapi tetap ingin rutin bersedekah. 

Cara Agar Tetap Bisa Melakukan Sedekah Subuh Meski Punya Gaji Pas-pasan

Keutamaan sedekah dijelaskan dalam berbagai dalil dan hadis. Salah satunya juga diterangkan pada surat Al-Talaq ayat 7 di Alquran yang berbunyi:

“Hendaklah orang yang mempunyai keluasan memberi nafkah menurut kemampuannya, dan orang yang terbatas rezekinya, hendaklah memberi nafkah dari harta yang diberikan Allah kepadanya. Allah tidak membebani kepada seseorang melainkan (sesuai) dengan apa yang diberikan Allah kepadanya. Allah kelak akan memberikan kelapangan setelah kesempitan.” 

Orang yang sering bersedekah akan mendapatkan ganjaran dari Allah berupa pahala berlipat ganda dan kemudahan dalam segala urusan. Untuk itu, meski punya gaji pas-pasan, Anda tetap bisa bersedekah Subuh. Ikuti tata cara sedekah Subuh di rumah berikut ini!

Memberi Sebungkus Nasi Kepada Orang yang Membutuhkan

Bersedekah Subuh tidak harus mahal. Anda bisa melakukannya secara rutin dengan cara memberikan sebungkus nasi kepada orang yang membutuhkan. Sebagai contoh, ketika Anda berangkat ke masjid atau musala di dekat rumah, bawa serta sebungkus nasi untuk diberikan kepada kaum fakir miskin yang Anda jumpai di perjalanan. Anda juga dapat memberikan sebungkus nasi itu kepada tetangga yang membutuhkan. Meski pemberian itu terlihat kecil, jika itu dilakukan dengan hati yang tulus dan ikhlas, Allah pasti akan memberi ganjaran pahala yang berlipat ganda kepada siapa pun yang mengerjakan amalan baik tersebut. 

Menyumbangkan Kelebihan Alquran atau Mukena di Rumah ke Musala atau Masjid

Jika tidak bisa menyumbangkan uang untuk sedekah Subuh, Anda bisa memberikan barang seperti mukena atau Alquran sebagai sumbangan. Salurkan sumbangan mukena atau Alquran itu ke masjid terdekat. Meski tampaknya sepele, bila pemberian itu semata-mata Anda lakukan untuk mengharap keridhaan dari Allah SWT, sedekah itu tentunya akan dapat mendatangkan berkah. 

Menaruh Sandal Baru di Tempat Wudu

Tata cara sedekah Subuh di rumah lainnya yang bisa Anda contoh adalah membeli sandal baru untuk tempat wudu di masjid. Sumbangan sederhana itu bisa menjadi salah satu cara Anda dalam menjalankan sedekah Subuh. Bawalah sendal itu saat hendak salat ke masjid atau musala di dekat rumah. Walau tampak sederhana, sendal itu bisa sangat berguna untuk dipakai umat muslim lain yang hendak salat di masjid. 

Memberi Sumbangan Alat Kebersihan ke Musala atau Masjid di Dekat Rumah

Alternatif lain untuk sedekah Subuh adalah dengan memberi sumbangan alat kebersihan ke musala atau masjid di dekat rumah. Anda bisa membelikan sapu lantai, ember, kemoceng, sapu lidi, atau alat kebersihan lainnya, yang tentunya akan sangat berguna untuk dipakai membersihkan masjid. 

Memasukkan Uang Receh kembalian ke Kotak Amal 

Setiap kali mendapatkan uang receh kembalian sehabis berbelanja di toko atau pasar, masukkan itu ke kotak amal. Anda juga dapat mengumpulkan uang receh kembalian itu di kaleng. Kemudian, bila merasa isinya sudah lumayan, Anda bisa membawanya ke masjid dan memasukkannya ke dalam kotak amal. 

Sedekah Mulai dari Rp1.000 Melalui Aplikasi Kitabisa

Tidak perlu ragu untuk rutin sedekah Subuh! Hal ini karena Anda bisa sedekah mulai dari Rp1.000 melalui aplikasi Kitabisa. Dengan demikian, kini tidak ada alasan untuk tak menjalankan amalan baik yang disukai Allah tersebut. Terlebih lagi, bersedekah Subuh melalui aplikasi Kitabisa sangatlah praktis. 

Pengguna bisa memilih siapa penerima sedekah dan memantau proses penyaluran bantuan. Aplikasi Kitabisa akan terus meng-update soal penyaluran sedekah tersebut kepada si penerima. Kemudian, pengguna juga dapat menuliskan doa-doa yang ingin dipanjatkannya ketika hendak menyalurkan sedekah itu di aplikasi. Setelah itu, doa-doa tersebut akan diamini oleh orang baik lain yang juga menggunakan aplikasi Kitabisa. Anda juga bisa mengatur fitur pengingat donasi yang akan terus memberikan reminder saat waktu sedekah Subuh tiba. Cukup unduh aplikasi sedekah online Kitabisa di gawai pintar Anda dan mulai bersedekah Subuh secara rutin dari rumah. Demikian tata cara sedekah Subuh di rumah yang bisa Anda ikuti. Semoga bisa menginspirasi Anda untuk terus bersedekah Subuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *