Gaya Hidup

Teman Sedang Sakit? Yuk, Bantu Mereka dengan Cara Ini

Apa yang akan kamu lakukan ketika temanmu sedang sakit? Perawatan yang diberikan kepada orang sakit memengaruhi masa pemulihannya. Setelah menjalani pemeriksaan dan mendapatkan obat dari dokter, biasanya pasien diminta untuk beristirahat di rumah sendiri atau rumah sakit agar cepat sembuh. Nah, sebagai seorang teman yang baik, tentunya kamu perlu menunjukkan kepedulian kepada mereka.

 

Bantu Teman yang Sedang Sakit

jenguk orang sakit

Bingung bagaimana caranya? Inilah beberapa hal yang bisa kamu lakukan ketika teman sakit.

  1. Menjenguk dan menemani teman yang sedang sakit

    Hal pertama yang bisa kamu perbuat adalah menjenguk dan menemaninya. Jika temanmu menginap di rumah sakit, pilih waktu yang tepat sebelum pergi menjenguk. Sebagian rumah sakit menerapkan jam besuk yang harus dipatuhi. Bagaimana jika temanmu beristirahat di rumah sendiri? Cobalah untuk membuat janji terlebih dahulu kepada temanmu atau keluarganya.
    Perhatikan pakaian yang akan digunakan saat menjenguk. Pastikan kamu berpakaian dengan sopan dan rapi untuk menghargai temanmu yang sedang sakit. Ketika masuk ke kamarnya, tetap tenang dan jangan sampai membuat kegaduhan. Apabila datang menjenguk bersama banyak orang, usahakan masuk secara bergantian. Sebaiknya jangan mengajak anak kecil, terutama yang mudah rewel.

  2. Mendoakan dan menyemangati teman

    Doakanlah temanmu agar lekas dihilangkan penyakitnya dan diberi kesembuhan oleh Tuhan. Selain itu, berdoalah agar dia diberi kekuatan dan kesabaran dalam menghadapi penyakitnya. Jagalah sikap tulus ikhlas saat berdoa supaya lebih cepat terkabul. Tentunya, doa dapat dipanjatkan ketika kamu sedang sendiri atau tengah beribadah.
    Kamu juga bisa menyemangati temanmu dengan memberikan kata-kata motivasi. Berikan dia dorongan untuk tetap semangat dan tidak menyerah dalam melawan penyakitnya. Hal ini lebih baik daripada mengatakan sesuatu yang kurang berguna atau malah diam saja saat menjenguk teman sakit. Hindari kata-kata yang berlebihan dan sesuaikan dengan kepribadian temanmu.

  3. Menjadi pendengar yang baik

    Ketika seseorang sedang sakit, tak jarang timbul perasaan ingin mengeluh atau sekadar menceritakan apa yang dialaminya. Dengarkan mereka baik-baik dan berikan interupsi sesedikit mungkin. Kamu juga perlu berhati-hati dalam berkata atau bertindak agar tidak menyinggung hati temanmu. Kontak mata yang baik juga diperlukan supaya teman tak merasa terusik atau malah terabaikan. Berikan saran yang sesuai dan tidak terkesan menggurui.

  4. Menghibur teman dengan hal-hal yang disukainya

    Terdapat beberapa cara yang bisa kamu perbuat untuk menghibur teman. Contohnya, membawakan makanan dan minuman favoritnya atau membuat candaan-candaan yang dapat membuatnya tertawa. Selain itu, kamu bisa mengajaknya menonton film, membaca buku, atau bermain gim yang menyenangkan. Namun, pastikan hal-hal tersebut tidak memperparah kesehatannya.

  5. Menggalang dana untuk membantu biaya pengobatan

    Apakah temanmu mengalami kesulitan untuk membayar biaya pengobatan? Sampaikan padanya bahwa dia tak perlu khawatir. Kamu bisa membantunya dengan menggalang dana melalui Kitabisa. Platform ini merupakan media berbagi dalam bentuk donasi dan galang dana untuk orang-orang yang berada dalam kesulitan atau keadaan darurat. Terlebih, pendaftarannya sangat simpel dan tidak membutuhkan waktu yang lama.

Itulah langkah-langkah yang dapat kamu lakukan ketika teman sakit. Jika temanmu menderita penyakit yang parah, tentunya harus memberikan kepedulian ekstra. Dengan begitu, jalinan pertemanan bisa menguat dan kalian jadi makin memahami satu sama lain. Semoga tips-tips di atas dapat membantu temanmu menjadi lebih baik.


Jika sahabat kamu sedang berjuang melawan penyakit dan membutuhkan biaya yang besar, kamu bisa bantu mereka dengan galang dana di Kitabisa. Untuk mulai galang dana, klik gambar di bawah ini!

Comments are closed.